Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di Era New Normal
Sari
ABSTRAK
Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat dengan Judul Pendampingan UMKM Menuju Digitalisasi Marketing Upaya Kebangkitan di era new normal (Masyarakat Terdampak Tsunami Anak Gunung Krakatau) di desa Kunjir, Lampung Selatan mempunyai tujuan untuk meningkatkan kompetensi para pelaku UMKM di desa Kunjir Kabupaten Lampung Selatan dalam memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan usaha yang mereka miliki agar operasi bisnis relevan dengan perkembangan zaman. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan ialah dengan tahapan identifikasi awal (Fase Pra Pendampingan), kemudian dilanjutkan Fase pendampingan (pelatihan dan Pembimbingan) dan yang terakhir ialah Pasca Pendampingan. Berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa terdapat peningkatan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM tentang digitalisasi marketing. Kemudian diperoleh data akhir bahwa sebesar 87 % pelaku UMKM di Desa Kunjir Kabupaten Lampung Selatan dapat membuat media pemasaran secara online melalui aplikasi Marketplace di Facebook, Shopee, Bukalapak, dan WhatsApp, namun terdapat 13 % pelaku UMKM belum dapat membuat media pemasaran secara online.
Kata Kunci: UMKM; Digitalisasi; Marketing; Lampung Selatan
ABSTRACT
Implementation of Community Service with the title MSME Assistance Towards Marketing Digitalization Awakening Efforts in the New Normal (Communities Affected by the Tsunami of the Children of Mount Krakatau) in Kunjir village, South Lampung has the aim of increasing the competence of MSME actors in Kunjir village, South Lampung regency in utilizing technology to develop the business they have so that business operations are relevant to the times. The community service method used is the initial identification stage (Pre Mentoring Phase), followed by the Mentoring Phase (training and Guidance), and the last is Post Mentoring. Based on the implementation of community service activities that have been carried out, the results show an increase in the knowledge and skills of MSME actors regarding the digitalization of marketing. Then the final data obtained that 87% of MSME actors in Kunjir Village, South Lampung Regency can create online marketing media through the Marketplace application on Facebook, Shopee, Bukalapak, and WhatsApp, but there are 13% of MSME actors who have not been able to create online marketing media.
Keywords: MSM; Digitalization; Marketing; South Lampung
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arif, A. (2018). Catatan Pemikiran dari Titik Nol Tsunami Aceh: Membangun Negeri Sadar Bencana. Syiah Kuala University Press.
Darma, K. A., Yoda, I. K., & Sudarmada, I. N. (2017). Pengaruh Pelatihan Slalom Dribblingterhadap Kelincahan dan Vo2maks Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepak Bola. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 5(1), 1-11.
Keller, K. L., & Kotler, P. (2012). Dirección de marketing.
Mardia, M., Hutabarat, M. L. P., Simanjuntak, M., Sipayung, R., Saragih, L., Simarmata, H. M. P., Sulasih, S., Tanjung, R., Irdawati, I., & Tjahjana, D. (2021). Strategi Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Marjana, W., Sudiana, I. K., & Budiawan, M. (2014). Pengaruh Pelatihan Shuttle Run Terhadap Kecepatan dan Kelincahan. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 2(1).
Nasir, M., & Kusuma, A. H. P. (2019). Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewiraushaan Dini Bagi Pelajar. Celebes Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 01-08.
Pradiani, T. (2017). Pengaruh sistem pemasaran digital marketing terhadap peningkatan volume penjualan hasil industri rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46-53.
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 1(1), 1-17.
Qonitat, I. (2020). Strategi Penggunaan Media Digital dalam Promosi Kerajinan Parang Sumbawa (Studi Kasus Komunitas Pandai Besi Desa Leseng, Kecamatan Moyo Hulu). Jurnal Tambora, 4(3), 51-57.
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis.
Susantiningsih, T., Yuliyanti, R., Simanjuntak, K., & Arfiyanti, A. (2018). PKM Pelatihan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Masyarakat Rt 007/Rw 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2).
Taiminen, H. M., & Karjaluoto, H. (2015). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business Enterprise Development.
Tayibnapis, A. Z. (2021). Studi Kasus Kebangkitan UMKM Di Indonesia.
Vernia, D. M. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(2), 105-118.
Wijoyo, H. (2021). Strategi Pemasaran UMKM di masa pandemi. Insan Cendekia Mandiri.
Yasmin, A., Tasneem, S., & Fatema, K. (2015). Effectiveness of digital marketing in the challenging age: An empirical study. International Journal of Management Science Business Administration, 1(5), 69-80.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v4i6.5293
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.