Young Invesment 2021: Webinar Dan Training Untuk Generation Z

Genoveva Genoveva, Fujianti Nur L. Sukarno, M. Akbar Fajrin, Zi Yuan Dong

Sari


ABSTRAK

 

Perkembangan teknologi digital dan kondisi pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia membawa berbagai dampak, salah satunya adalah peluang bagi generasi Z dalam mempelajari investasi. Berdasarkan hasil penelitian generasi Z adalah jumlah terbesar yang melakukan investasi yaitu 46,75%. Kemudahan mengakses lembaga keuangan secara digital, termasuk belajar secara mandiri melalui platform digital serta pengaruh sosial media meningkatkan jumlah investor yang berasal dari generasi Z yang sudah akrab dengan teknologi. Hasil penelitian ini didukung oleh hasil survei pelaksana PKM ke SMA dan perguruan tinggi, dimana para siswa dan mahasiswa sudah melakukan investasi dengan uang saku mereka. Namun, generasi Z sebagai generasi yang masih kurang pengalaman serta secara emosional masih labil memerlukan pendampingan dan pemahaman yang baik mengenai cara berinvestasi. Tim pelaksana PKM mengadakan webinar dan pelatihan untuk memberikan pengetahuan dalam berinvestasi dan memberikan rasa percaya diri ketika mengambil keputusan dalam berinvestasi. Hasil pelaksanaan PKM menyimpulkan bahwa para peserta mempeoleh manfaat berupa bertambahnya pengetahuan dan meningkatnya kepercayaan diri serta kemandirian dalam berinvestasi, disamping itu terdapat manfaat sosial yaitu mendapat teman baru dan relasi.

 

Kata kunci: investasi; generasi Z; Pengabdian kepada masyarakat

 

ABSTRACT

The development of digital technology and the COVID-19 pandemic has brought various impacts to Indonesian citizens, one of which was an opportunity for generation Z to study investment. Research has shown that generation Z makes up the majority of investors today, which is 46.75%. The ease of accessing financial institutions digitally, including learning independently through digital platforms, as well as the influence of social media has increased the number of investors from generation Z who are already familiar with technology. The results of this study are supported by the results of a social community team survey on high schools and colleges, where students have invested with their pocket money. However, generation Z, as a less experienced and emotionally unstable generation, requires assistance and a good understanding of how to invest. Our social community team has been holding webinars and providing training for young investors. The participants have greatly benefited from our social community as well as increased self-confidence and independence in making investment decisions.

 

Keywords: investment; generation Z; social community


Kata Kunci


investasi; generasi Z; Pengabdian kepada masyarakat

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Fajrian, H. (2020, September 28). Gen Z Mnguasai Pasar Modal, Mengais Cuan di Tengah Pandemi Corona. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/yuliawati/indepth/5f6d89232aca8/gen-z-menguasai-pasar-modal-mengais-cuan-di-tengah-pandemi-corona

Genoveva, G., Arquisola, M. J., Srianisha, C. M., & Widiputra, A. W. (2019). Entrepreneurship Education in SMK Amanah Bangsa Cikarang: Starting-Up a Business Is Not That Hard". Academics in Action Journal, 1(2), 101-108.

Genoveva, G., Cantika, P., Ludong, A. P., Octavia, S., & Iskandar, V. L. (2021). Contribute to Students through The Webinar "How To Self Development and Managing Time Effectively". Rudence, 1(1), 15-24.

Genoveva, G., Purwanti, A., Pratama, K., & Akbar, A. (2018). The Relationship Between Industrial Estate nd Rural Development (An Ecaluation of PJT'S CSR). Jurnal Bakti Masyaraat Indonesia, 1(2), 53-62.

Genoveva, G., Yustina, A. I., Jokhu, J., Adinugroho, H. W., & Tanardi, J. (2020). Pelatihan SMK Amanah Informatika Bangsa: "Menjadi Lulusan yang Berdayasaing:". Jurnal Bhakti Masyarakat Indonesia, 3(1), 277-283.

Interview. (2021, Mei). Wawancara mengenai pengalaman investasi. (F. Sukarno, Interviewer)

Maheswari, V. (2012). Action Research in Education. India: K.L.D.A.V(P.G) College, Roorkee.

Rahmawati, A. e. (2021). Membangun Minat Investasi Saham Generasi Z. Jurnal Abdimas Sosek, 1(2), 17-20.

Renaldo, N., Sudarno, S., & Hutahuruk, M. B. (2020). The Improvement of Generation Z Financia Well-Being in Pekanbaru. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(2), 142-151.

Rosdiana, R. (2020). Investment Behavior in generation Z and Millenial. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting (DIJEFA), 1(5), 766-780.

Saputra, R. (2019). Analisis Faktor Investasi Pada Mahasiswa Generasi Z di Bandung: Studi Pada Mahasiswa Teljom University dan Institut Teknologi Bandung). Jurnal Keilmua dan Perbankan, 9(1), 42-58.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i3.5437

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.