Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional Bagi Guru SMP Surabaya
Sari
ABSTRAK
Penulisan artikel jurnal nasional yang dilakukan oleh Guru maih terbilang kecil. Berbagai upaya pemangku kebijakan dari pengaturan regulasi peraturan pemerintah hingga mengadakan berbagai kegiatan dan sosialisasi jurnal. Secara langsung maupun tidak langsung penulisan artikel ilmiah memberikan dampak yang cukup besar bagi seorang profesionalisme terutama guru. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Nasional Bagi Guru SMP Surabaya. Pelaksanaan pelatihan dilakukan ecara Daring. Media yang digunakan adalah power point dan praktik membuat akun dan submite secara langsung pada jurnal nasional. Hasil yang didapatkan dari penelitain ini sebanyak 15 artikel guru terpublikasi pada jurnal nasional dalam kegiatan ini, selain itu terdapat pula peningkatan pemahaman guru SMP tentang publikasi di jurnal nasional.
Kata Kunci: Pelatihan, Penulisan Artikel Jurnal, Guru SMP
ABTRACT
Teacher's writing of national journal articles is still relatively small. Various policy efforts from setting government regulations to various activities and journal socialization. Directly or indirectly, the writing of scientific articles has a considerable impact on a professional, especially a teacher. This community service aims to provide Training on Writing National Journal Articles for Surabaya Middle School Teachers. The training is carried out online. The media used are power points and the practice of creating accounts and submitting directly to national journals. The results obtained from this research were 15 articles published by teachers in national journals in this activity, besides that there was also an increase in the understanding of junior high school teachers about publication in national journals.
KeyWords: Training, Journal Article Writing, Middle School Teacher
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ariyani, R. (2020). Proceeding Seminar Nasional Budaya Literasi.
Arsyad, S., Ramadhan, S., & Maisarah, I. (2020). The rhetorical problems experienced by Indonesian lecturers in social sciences and humanities in writing research articles for international journals. The Asian Journal of Applied Linguistics, 7(1), 116–129.
Arta, K. S., Purnawati, D. M. O., Yasa, I. W. P., Ahmad, R., & Purnawibawa, G. (2021). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi Di Jurnal Ilmiah Terindeks Sinta Untuk Meningkatkan Profesionalisme Bagi Guru-Guru Di Smp Satap N 3 Sukasada. Proceeding Senadimas Undiksha, 1357.
Ghufron, S., & Kasiyun, S. (2020). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru SD di SDN Margorejo VI Surabaya. Prosiding SEMADIF, 1.
Jalaludin, J. (2017). Kutu Buku: Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Kalangan Mahasiswa.
Katamwatiningsih, S. S. (2020). Penataan Kurikulum Sebagai Pedoman Pendampingan Diklat Diklat Publikasi Ilmiah Orientasi Best Practice. Journal Of Industrial Engineering & Management Research, 1(4), 67–75.
Noorjannah, L. (2014). Pengembangan profesionalisme guru melalui penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung. Jurnal Humanity, 10(1).
Torres-Samuel, M., Vásquez, C., Luna, M., Bucci, N., Viloria, A., & Vargas, J. (2020). Characterization of Latin American Universities in the TOP10 of the Rankings. Proceedings of 6th International Conference on Big Data and Cloud Computing Challenges, 105–118.
Wardhana, D. E. C., Basuki, R., & Noermanzah, N. (n.d.). Webinar Dan Pendampingan Daring Penulisan Artikel Hasil Penelitian Pada Jurnal Nasional Terakreditasi Bagi Guru Bahasa Indonesia Tingkat Sma Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(4), 228–235.
Wijaya, I. (2018). Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. CV Jejak (Jejak Publisher).
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i3.5500
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.