Pelatihan Pengelolaan Kasus Berdasarkan Berpikir Kritis dengan Pendekatan Proses Keperawatan di Santosa Hospital Bandung Central (SHBC)

Hemi Fitriani, Asep Badrujamaludin, Fauziah Rudhiati

Sari


ABSTRAK

 

Pelatihan praktek langsung merupakan upaya yang sangat strategis dalam meningkatkan kompetensi perawat untuk berpikir kritis dalam pengelolaan kasus menggunakan proses keperawatan. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah mengidentifikasi proses pengelolaan kasus yang didasarkan pada berpikir kritis dengan pendekatan proses keperawatan di SHBC  Bandung dengan cara observasi dan pemberian pelatihan berfikir kritis dan terlibat langsung di lapangan SHBC. Maka diadakan pelatihan berfikir kritis terkait dengan kasus dengan pendekatan 3S (Standar Diagnosa keperawatan Indonesia (SDKI), Standar Luaran keperawatan Indonesia (SLKI) dan Standar Intervensi keperawatan Indonesia (SIKI). Pelatihan hybrid learning yaitu dengan Online dn Offline. Pelatihan pengabdian ini di fasilitasi oleh Fakultas Ilmu dan Tekhnologi Kesehatan, UNJANI, Departemen keperawatan SHBC dan Diklat SHBC. Pelatihan ini melibatkan 34 orang, terdiri dari KaUnit, CI Unit, Penanggung Jawab Shift dan Perawat pelaksana di lingkungan SHBC dengan melibatkan mereka didapatkan hasil yang signifikan dalam proses berfikir kritis dalam mengelola asuhan keperawatan berdasarkan 3S. Langkah praktis dalam pelatihan ini dengan pemberian materi terkait berfikir kritis, kemudian Pre test dan post test  terkait pengetahuan dan pemaparan 3 Kasus yang di Kelola oleh perawat di ruangan masing masing. Dari hasil pengabdian masyarakat ini terkait  pelatihan ini didapatkan hasil yang baik terkait pengetahaun berfikir kritis dari 50 % menjadi 80 %, 3S dan aplikasi penggunaan 3S dalam pengelolaan asuhan keperawatan, juga peningkatan terkait pengetahuan berfikir Kritis.

 

Kata Kunci : Berfikir kritis, Standar 3S, Pengabdian Masyarakat

 

 

ABSTRACT

 

Direct practical training is a very strategic effort in improving the competence of nurses to think critically in case management using the nursing process. The purpose of this community service is to identify the case management process based on critical thinking with the nursing process approach at SHBC Bandung by observing and providing critical thinking training and being directly involved in the SHBC field. Then a critical thinking training was held related to cases with a 3S approach (Indonesian Nursing Diagnosis Standards (SDKI), Indonesian Nursing Outcomes Standards (SLKI), and Indonesian Nursing Intervention Standards (SIKI). Hybrid learning training, namely Online and Offline. This service training was facilitated by the Faculty of Health Science and Technology, The University of Jenderal Achmad Yani Cimahi, SHBC Nursing Department, and SHBC Training and Education. This training involved 34 people, consisting of Heads of Units, CI Units, Shift Managers, and Nurse Practitioners in the SHBC environment. By involving them, significant results were obtained in the critical thinking process in managing nursing care based on 3S. Practical steps in this training are by providing material related to critical thinking, then pre-test and post-test related to knowledge and exposure of 3 cases managed by nurses in their respective rooms. From the results of this community service related to this training, the results obtained well for pe knowledge of critical thinking from 50% to 80%, 3S and the application of using 3S in the management of nursing care, as well as improvements related to critical thinking knowledge.

 

Keywords: critical thinking, 3S Standard, community service


Kata Kunci


Berfikir kritis, Proses keperawatan, Pengabdian Masyarakat

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alfaro-LeFevre R. (2013). Critical Thinking, Clinical Reasoning, and Clinical Judgment. 5th edition. Saunders: Elsevier Inc.

Badrujamaludin, A., Rudhiati, F., Fitriani, H., Yesayas, O., Wahyuna, S., Budiman, B., & Supriadi, D. (2021). Pelatihan Komunikasi Sisbar Untuk Handover Antara Perawat Dan Dokter Di Santosa Hospital Bandung Central (SHBC). JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(5), 1089-1096.

Badrujamaludin, A., Supriadi, D., Yesayas, O., Rudhiati, F., Fitriani, H., Kumala, T. F., & Wahyuna, S. (2021). Application of “SISBAR” for effective communication between nurses and doctors at private hospital in Indonesia. Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 7(Special Edition).

Deniati, K., Anugrahwati, R., & Suminarti, T. (2018). Pengaruh Berfikir Kritis Terhadap Kemampuan Perawat Pelaksana Dalam Melakukan Asuhan Keperawatan Di Rumah Sakit Hermina Bekasi Tahun 2016. Holistik Jurnal Kesehatan, 12(1), 21-25.

Hanhara, R. (2019). Konsep Berfikir Kritis dan Karakteristik Berfikir Kritis dalam Keperawatan.

Effendi, M.,S. (2021). Panduan Magang Dosen ke Industri 2021. Jakarta: Direktur Sumber daya, Dirjen Dikti

Nursalam. (2001). Proses & Dokumentasi Keperawatan : Konsep & Praktik . Jakarta : Salemba Medika.

Parahita, V G & Sumiyarini, R. (2019). Gambaran Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Keperawatan Jenderal Achmad Yanu Yogyakarta. http://repository.unjaya.ac.id/id/eprint/3317

Potter, P.A. & Perry, A.G. (2010). Fundamental Keperawatan (3-vot set). Edisi Bahasa Indonesia7. Elsevier (Singapore) Pte.Ltd.

Smeltzer, Suzanne C (2012). Buku ajar Keperawatan medikal-bedah Brunner & Suddarth; Alih bahasa, Agung Waluyo et al. Jakarta: EGC

Widayanti, A., & Yuniar, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Asuhan Keperawatan Rsud Soreang. JURNAL KREATIVITAS PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM), 4(1), 56-65.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i4.5535

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.