Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Sekolah Tentang Pencegahan Covid-19 Dengan Menerapkan 5M

Lina Dewi Anggraeni, Alfiana Rahmat, Conidya Erika

Sari


 

ABSTRAK

 

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Penularan virus ini terjadi melalui droplet atau cairan tubuh yang terpercik pada seseorang atau benda-benda di sekitarnya yang berjarak 1-2meter. Data secara global menunjukkan 1 dari 9 di bawah usia 20 tahun justru terinfeksi virus corona Covid-19 dengan kondisi serius. Pemberian edukasi pencegahan Covid-19 dengan menerapkan 5M merupakan salah satu cara membantu pemerintah meminimalkan angka kesakitan khususnya pada anak. Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan anak usia sekolah tentang cara pencegahan covid-19 melalui penerapan 5M. Pendidikan kesehatan dilakukan dengan metode ceramah dan simulasi dengan media audio-visual. Peserta mengalami peningkatan pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan pengetahuan mengenai covid-19. Anak diharapkan menerapkan 5M dalam kesehariannya. Kesiapan anak dalam mencegah Covid-19 ini tidak lepas dari peran orangtua dan sekolah, sehingga keduanya berkewajiban untuk tetap mengingatkan anak untuk disiplin menerapkan 5M.

 

Kata Kunci: Covid-19 Pada Anak, Penerapan 5M, Pencegahan Penularan

 

 

ABSTRACT

 

Coronavirus are a large family of virus that cause illness ranging from mild to severe symptoms. Transmission of this virus occurs through droplets or body fluids that are splashed on a person or object in the vicinity within 1-2 meters. Global data shows that 1 in 9 children under the age of 20 is actually infected with the Covid-19 corona virus with a serious condition. Providing education to prevent Covid-19 by implementing 5M is one way to help the government minimize morbidity, especially for children. To increase the knowledge of school-age children about how to prevent covid-19 through the implementation of 5M. Health education was conducted using lecture and simulation methods using audio-visual media. Participants experienced an increase in knowledge before and after being given knowledge about covid-19. Conclusion: Children are expected to be able to apply 5M in their daily life. The readiness of children to prevent Covid-19 cannot be separated from the role of parents and schools, so both must continue to remind children to be disciplined in implementing 5M.

 

Keywords: Covid-19 In Children, Application Of 5M, Prevention Of Transmission


Kata Kunci


Covid-19 pada anak; penerapan 5M; pencegahan penularan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Erlin, F. (2020). PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA DALAM PENCEGAHAN. Jurnal Masyarakat Mandiri.

Hutagalung, R. U., Tuti, T., & Kristina. (2021). Upaya Peningkatan Pengetahuan Anak Sekolah Minggu Tentang Virus Corona Di Masa Pandemi COVID-19. JBP, 03(01).

Karo, M. B. (2020). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) strategi pencegahan penyebaran covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1(1).

Kemenkes RI. (2021). Protokol layanan dukungan kesehatan jiwa dan psikososial (DKJPS) anak dan remaja pada masa adaptasi kebiasaan baru pandemi covid-19. https://www.kemkes.go.id/resources/download/info-terkini/COVID-19/Buku-Protokol-Dukungan-Kesehatan-Jiwa-Dan-Psikologi-DKJPS-AR-2020.pdf

Kementrian Kesehatan. (2020). Panduan Pelayanan Kesehatan Balita Pada Masa Tanggap Darurat COVID-19. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/Panduan-Yankes-Balita-COVID19_1574.pdf

Kemenkes. (2020). REV-04_Pedoman_P2_COVID-19__27_Maret2020_TTD1. https://www.kemkes.go.id

PHEOC Kemkes RI. (2021, January). Infeksi Emerging Media Informasi Resmi Terkini Penyakit Infeksi Emerging.

Sari, M. K. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abadi, 4(1).

Shoaib, M. H., Ahmed, F. R., Sikandar, M., Yousuf, R. I., & Saleem, M. T. (2021). A Journey From SARS-CoV-2 to COVID-19 and Beyond: A Comprehensive Insight of Epidemiology, Diagnosis, Pathogenesis, and Overview of the Progress into Its Therapeutic Management. In Frontiers in Pharmacology (Vol. 12). Frontiers Media S.A. https://doi.org/10.3389/fphar.2021.576448

Suprapto, R., Hayati, M., Nurbaity, S., Anggraeni, F., Haritsatama, S., Sadida, T. Q., Firoh, A., & Pratama, F. A. (2020). Pembiasaan Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Siswa Taman Kanak-Kanak (TK) di Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(2), 139. https://doi.org/10.26714/jsm.2.2.2020.139-145

United Nations. (2021). Department of Economic and Social Affairs Sustainable Development.

WHO. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks COVID-19.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5966

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.