Persiapkan Kembali Ke Sekolah dengan 3M dalam Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Elisabeth Isti Daryati, Mira Fandy Sandi, Yoan Yochela

Sari


ABSTRAK

 

Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi metode belajar siswa di sekolah dasar selama masa pandemi Covid-19. Lamanya PJJ dapat berisiko anak putus sekolah sehingga pemerintah berencana menerapkan pembelajaran  tatap muka (PTM). Sebagian anak-anak yang terinfeksi Covid-19 terkadang kurang menunjukkan gejala infeksi, tetapi berisiko menularkan ke orang tua di rumah. Rasa takut terkena penyakit covid-19, lemahnya praktik cuci tangan yang benar, kecenderungan bermain bersama, dan penggunaan masker yang kurang tepat menimbulkan potensi penularan virus ketika anak kembali masuk ke sekolah. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan psikomotor anak dalam pengendalian penyebaran virus corona saat PTM dan pemenuhan kebutuhan belajar anak dengan aman dan nyaman. Metode penerapan dengan mengedukasi anak tentang virus covid-19 dan demonstrasi 3 M yaitu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Selain itu juga mengajarkan berpikir positif disertai pembiasaan pola hidup sehat seperti sarapan, mandi, berpakaian, makan makanan bergizi, istirahat dan berolahraga. Hasilnya 30 siswa kelas 6 SDN Cipinang Besar Utara 07, Jakarta Timur dapat memahami virus covid-19, prinsip 3M dan pembiasaan pola hidup sehat dan merasa senang siap kembali ke sekolah. Selain itu, siswa mampu mensimulasikan 6 langkah mencuci tangan yang benar dan menggunakan masker yang tepat. Kesadaran akan bahaya virus covid-19 dan kedisiplinan berperilaku hidup bersih dan sehat menjadi cara penyesuaian diri terhadap pola hidup baru siswa siswi di sekolah. 

 

Kata kunci : Kembali Sekolah, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Adaptasi Kebiasaan Baru, Cuci  Tangan, Pakai Masker

ABSTRACT

 Distance learning activities (PJJ) have become a learning method for elementary school students during the Covid-19 pandemic. The length of PJJ can risk children dropping out of school so the government plans to implement face-to-face learning (PTM). Some children who are infected with Covid-19 often do not show symptoms of infection but are at risk of transmitting it to their parents at home. The fear of being exposed to the COVID-19 disease, the lack of proper handwashing practices, the tendency to play together, and the inappropriate use of masks create the potential for virus transmission when children return to school. This activity is carried out as an effort to control the spread of the coronavirus and fulfill children's learning needs. The strategy was implemented by educating children about the covid-19 and the 3M demonstration namely hand washing, mask-wearing, and physical distancing. In addition, it also teaches positive thinking accompanied by habituation of healthy lifestyles such as breakfast, bathing, and dressing, eating nutritious food, rest, and exercise. As a result, 30 students in grade 6 at SDN Cipinang Besar Utara 07, East Jakarta were able to understand the covid-19, the 3M principles, and the habituation of a healthy lifestyle. In addition, students were able to simulate the 6 steps of handwashing properly and using the right masks. Awareness of the dangers of the Covid-19 and disciplined behavior for a clean and healthy life are ways of adjusting to the new lifestyle of students at school.

 

Keywords: Back to School, Clean and Healthy Living Behavior, Adaptation of New Habits, Washing Hands, Wearing Masks


Kata Kunci


embali Sekolah, Cuci Tangan, Pakai Masker,

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anggraeni, L., & Daryati, E. (2020). Optimalisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 3(2), 495–500.

Bbc.com. (2020). Sekolah dan Pandemi COVID-19:Pemda Diizinkan Buka Sekolah Pada Januari. BBC. https://www.google.com/amp/s/www.bbc.com/indonesia/indonesia-55011510.amp

Emilda, & Hidayah, M. (2020). Penyuluhan Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) Di SDN 01 Cimanggis Bojonggede Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 74–83.

Fatmawati, F. A., & Lilawati, R. A. (2021). Kesiapan Anak Kembali Ke Sekolah Di Era New Normal. Abdi Populka, 2(2), 119–125.

Jayani, D. H. (2021). Siswa Putus Sekolah Tahun Ajaran 2019/2020. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/01/11/terdapat-157-ribu-siswa-putus-sekolah-pada-tahun-ajaran-20192020

Labudasari, E., & Sriastria, W. (2018). Perkembangan Emosi Pada Anak Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5–6.

Maryunani, A. (2013). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) (Trans Info).

Merdeka.com. (2020). Mendikbud Harap Kegiatan Belajar di 2021 Kombinasi Antara PJJ dan Tatap Muka. Merdeka.Com. https://m.merdeka.com/peristiwa/mendikbud-harap-kegiatan-belajar-di-2021-kombinasi-antara-pjj-dan-tatap-muka.html

Notoadmodjo, S. (2016). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Permadani, S. P., & Jatiningsih, O. (2022). Kesiapan Orang Tua Melepas Anaknya Kembali Ke Sekolah Ditinjau Dari Kepatuhan Protokol Kesehatan (Studi Pada Orang Tua Siswa Smp Dusun Jatirejo Desa Payaman Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 10(2), 602–616.

Putra, Y. I. W., & Manalu, N. V. (2020). Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Warga Dalam Menjalankan Protokol Kesehatan di Masa New Normal Pandemi Corona. Community of Publishing In Nursing (COPING), 8(4), 366–373.

Qamariyah, Q. (2021). Pembelajaran Online (Daring) Di Tengah Pandemi-Covid19-2021 Tantangan Yang Mendewasakan Anak. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1). https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.293

Sabarudin, S., Mahmuddah, R., Ruslin, R., Aba, L., Hindaryatiningsih, N., Nggawu, L. O., Syahbudin, S., G., F. N., Kapota, S. S., & Abdillah, H. (2021). Edukasi Pencegahan Penyebaran Covid-19 Secara Online Pada Masyarakat Kota Baubau. Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 9–16.

Sahiu, S., & Wijaya, H. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Ekstrinsik Terhadap Hasil Belajar Psikomotorik Pada Mata Pelajaran Agama Kristen Kelas V Di SD Zion Makassar. Jurnal Jaffray, 15(2), 231–248. https://doi.org/10.25278/jj71.v15i2.262

Sambo, M., Beda, N. S., Odilaricha, Y. C., & Marampa, L. (2021). Pengaruh Edukasi Tentang Protokol Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Pencegahan Penularan Covid-19 pada Anak Usia 10-12 Tahun. Nursing Care and Health Technology Journal (NCHAT), 1(2), 72–80.

Sandoval, J. (2013). Crisis Counseling, Intervention and Prevention in the Schools (Jonathan Sandoval (ed.)). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203145852

Statistik. (2016). Statistik Pendidikan. http://statistik.data.kemdikbud.go.id/

Sutriyanto, K., Raksanagara, A. S., & Wijaya, M. (2017). Pengaruh Permainan Kartu Kasugi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa. Jurnal Sistem Kesehatan, 1(4). https://doi.org/10.24198/jsk.v1i4.12828

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan COVID-19. JEA (Jurnal Eduka AUD), 6(1), 58–73.

Utami, R. A., Mose, R. E., Martini, ., & Rahmaningsih, A. (2020). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Pencegahan Covid-19 Pada Anak Usia Sekolah Di Kota Jakarta Selatan. Kosala : Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(2), 71. https://doi.org/10.37831/kjik.v8i2.191

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.5972

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.