Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Pencegahan Nyeri Otot Selama Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19 Melalui Penyuluhan dan Pelatihan dengan Kombinasi Daring dan Luring

Annisaa Putri Ariyani, Wita Anggraini, Joko Kusnoto, Dewi Ranggaini, Richentya Feiby Salim

Sari


ABSTRAK

 

Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di Indonesia mengharuskan masyarakat dari berbagai sektor melakukan kegiatan dari rumah, termasuk sektor pendidikan. Sektor pendidikan memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) selama pandemi COVID-19, para siswa melakukan pembelajaran secara daring menggunakan gadget. Penggunaan gadget dalam waktu lama dengan postur buruk dan postur duduk yang tidak ergonomis dapat menyebabkan gangguan pada otot terutama otot leher, bahu dan punggung. Melakukan penyuluhan dan pelatihan secara daring dan luring untuk meningkatkan pengetahuan  siswa terhadap pencegahan nyeri otot selama pembelajaran jarak jauh masa pandemi COVID-19.  Penyuluhan dan pelatihan dilakukan dengan kombinasi daring dan luring kepada 64 orang siswa SMP Islam Bahagia, Jakarta Barat. Penelitian deskriptif analitik secara cross-sectional dilakukan dengan menggunakan pre-test dan post-test untuk menilai tingkat pengetahuan.  Terdapat peningkatan nilai rata-rata pada post-test dan hasil uji-T data berpasangan terhadap pre-test dan post-test para siswa menunjukkan ada perbedaan bermakna (p: 0,000) dengan nilai korelasi r: 0,638 (korelasi kuat). Terdapat peningkatan pengetahuan siswa terhadap pencegahan nyeri otot selama pembelajaran jarak jauh masa pandemi COVID-19 melalui metode penyuluhan dan pelatihan secara daring dan luring.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Jarak Jauh, Gadget, Nyeri Otot, Postur Tubuh, Peregangan Otot

 

 

ABSTRACT

 

The Large-Scale Social Restriction Policy (PSBB) implemented in Indonesia requires people from various sectors to carry out activities from home, including the education sector. The education sector applies distance learning (PJJ) during the COVID-19 pandemic. Therefore, students learn online using gadgets. The use of gadgets for a long time with poor posture and non-ergonomic sitting postures can cause muscle disorders, especially in the neck, shoulders, and back muscles. Conduct online and offline counseling and training to improve students' knowledge of preventing muscle pain during distance learning in the COVID-19 pandemic. Counseling and training were conducted using a combination of online and offline methods for 64 students at Bahagia Islamic Junior High School, West Jakarta. A cross-sectional descriptive-analytic study was conducted using a pre-test and post-test to assess the level of knowledge. Result: There was an increase in the average score on the post-test and the paired data T-test result on the students' pre-test and post-test showed that there was a significant difference (p: 0.000) with a correlation value of r: 0.638 (strong correlation). Conclusion: There was an improvement in students' knowledge of preventing muscle pain during distance learning during the COVID-19 pandemic through online and offline counseling and training methods.

 

Keywords: Distance Learning, Gadgets, Muscle Pain, Posture, Muscle Stretching


Kata Kunci


pembelajaran jarak jauh; gadget; nyeri otot; postur tubuh; peregangan otot

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Arsyad. (2018). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan pada Murisd Kelas IV dan V SD. Media Kesehatan Gigi, 17(1), 61–72.

Bachtiar, F., Irianto2, Condrowati, Agustiyawan, Purnamadyawati, Ismiyasa, S. W., Wibisono, H., & Sirada, A. (2022). Mencegah dan mengatasi nyeri punggung bawah (npb) selama belajar dan bekerja dari rumah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 81–88.

Bolandian, P., Rajabi, R., Alizadeh, M., Sohrabi, A., Miri, H., & Bolandian, A. (2015). Efficacy of Eight Week of Exercise Therapy for Neck Pain among General Dentists. Spring, 27(2), 104–108. http://jidai.ir/article-1-1745-en.pdf

Dahniar, A. (2020). Memahami Pembentukan Sikap (Attitude) Dalam Pendidikan Dan Pelatihan. Tatar Pasundan : Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 202–206. https://doi.org/10.38075/tp.v13i2.27

Dampati, P. S., Veronica, E., & Dwi Chrismayanti, N. K. S. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Dan Laptop Terhadap Muskuloskeletal Penduduk Indonesia Pada Pandemi Covid-19. Gema Kesehatan, 12(2), 57–67. https://doi.org/10.47539/gk.v12i2.135

Darmawan, A. P., Doda, D. V. D., & Sapulete, I. M. (2020). Musculoskeletal Disorder pada Ekstremitas Atas akibat Penggunaan Telepon Cerdas secara Aktif pada Remaja Pelajar SMA. Medical Scope Journal, 1(2), 86–93. https://doi.org/10.35790/msj.1.2.2020.28005

Erna Sariana, & Ari Sudarsono. (2020). Hubungan Penggunaan Tas Sekolah dengan Keluhan Nyeri Punggung pada Siswa di SMP Negeri 106 Jakarta. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 5(2), 35–44. https://doi.org/10.22236/arkesmas.v5i2.4986

Haddad, O., Sanjari, M. A., Amirfazli, A., Narimani, R., & Parnianpour, M. (2012). Trapezius muscle activity in using ordinary and ergonomically designed dentistry chairs. The International Journal of Occupational and Environmental Medicine, 3(2), 76–83.

Hadiwiardjo, Y. H., Citrawati, M., Pembangunan, U., Veteran, N., Fisiologi, D., Kedokteran, F., Pembangunan, U., & Veteran, N. (2021). Peningkatan pengetahuan ergonomi dan keterampilan peregangan otot leher untuk mencegah nyeri leher. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1007–1015. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.822

Hikmah, N., & Puspitasari, N. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Nyeri Leher Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 4(1), 22–27. https://doi.org/10.35451/jkf.v4i1.794

Hutasuhut, R. O., Lintong, F., & Rumampuk, J. F. (2021). Hubungan Lama Duduk Terhadap Keluhan Nyeri Punggung Bawah. Jurnal E-Biomedik, 9(2), 160–165. https://doi.org/10.35790/ebm.v9i2.31808

Janati, Y. N., Hamudya, T. P., Millio, M., Alam, R., & Patrianti, T. (2021). Penyuluhan Promosi Tentang Kesehatan Mata Melalui Platform Daring (Zoom) di SMPIT Darul Abidin pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 42–46.

Kemendikbud Republik Indonesia, (2020). https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/

Lestari, P. W., Purba, Y. S., & Tribuwono, A. C. (2020). Comparison of Musculoskeletal Disorder Risk based on Gender in High School Students. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 16(1), 53–60.

Nugroho, B. Y. S., Widianawati, E., & Wulan, W. R. (2020). Gambaran Keluhan Otot Antara School From Home Dan Work From Home Dalam Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 19(2), 514–521.

Palupi Restuputri, D., Badiiliana I, R., Zahra Y, F., Aisyah P, N., Amalia, F., Rizky K, Y., & Ayu Y, N. (2021). Analisis Postur Tubuh Pada Pemakaian Laptop Saat Online Class (Studi Kasus Guru PAUD Wanita). Jurnal Perempuan Dan Anak, 4(2), 58–68. https://doi.org/10.22219/jpa.v4i2.18594

Patterson, E., Brown, E. K., Ruminski, C., & Miller, T. B. (2021). Electronics: The Enemy of Posture and How to Protect Yourself. Frontiers for Young Minds, 9. https://doi.org/10.3389/frym.2021.553496

Purba, Y. S., & Lestari, P. W. (2021). Berat beban tas dengan keluhan musculoskeletal pada siswa SMA. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(4), 606–614. https://doi.org/10.33024/hjk.v14i4.3061

Rahayu, S. F., & Anggeriyane, E. (2022). Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Anak Tersedak (Choking) Di Madrasah Ibtidaiyah Al Furqan Muhammadiyah Cabang 3 Banjarmasin. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 49–54.

Riadi, M. (2020). Penyuluhan (Pengertian, Tujuan, Program, Metode dan Media). In KajianPustaka.com. https://www.kajianpustaka.com/2020/01/penyuluhan-pengertian-tujuan-program.html

Singla, R., Gupta, H., Kaur, I., Singla, K., Singh, J., & Aggarwal, S. (2015). Muskuloskletal Disorders In Dentistry. Dental Journal of Advance Studies, 3(II), 66–70. https://doi.org/10.1055/s-0038-1672017

Stack, T. (2016). The Basic of Ergonomics. In OCCUPATIONAL ERGONOMICS, A Practical Approach (pp. 5–19). John Wiley & Sons, Inc.

Vaghela, N., & Parekh, S. (2018). Prevalence of the musculoskeletal disorder among school teachers. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 8(2), 1. https://doi.org/10.5455/njppp.2018.8.0830218082017

Wulandari, M., Setyawan, D., & Zubaidi, A. (2017). Faktor Risiko Low Back Pain Pada Mahasiswa Jurusan Ortotik Prostetik Politeknik Kesehatan Surakarta. Jurnal Keterapian Fisik, 2(1), 8–14. https://doi.org/10.37341/jkf.v2i1.65

Yadav, N., Gupta, H. L., Kumar, P., Sethi, S., & Chandra, A. (2015). Ergonomics : The X- factor for wellness in dentistry. 1(4), 128–132. https://www.oraljournal.com/pdf/2015/vol1issue4/PartC/1-4-6.pdf

Yaseen, Q. B., & Salah, H. (2021). The impact of e-learning during COVID-19 pandemic on students’ body aches in Palestine. Scientific Reports, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.1038/s41598-021-01967-z

Zaitun, Winata, W., & Yudhistira, R. (2020). Problematika serta Strategi Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 183–190.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i6.6027

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.