Pengelolaan Referensi Mendeley bagi Mahasiswa Tingkat Akhir
Sari
ABSTRAK
Menulis karya tulis ilmiah adalah suatu keharusan yang dilakukan oleh mahasiswa khususnya tingkat akhir baik yang berbentuk skripsi maupun artikel. Penggunaan Mendeley dalam penulisan referensi akan mempermudah mahasiswa di dalam pengelolaan daftar referensi yang secara otomatis dapat tersusun dengan baik. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam pengelolaan daftar referensi dengan menggunakan Mendeley. Pengabdian ini dilakukan dengan dua metode yaitu penyampaian atau pengenalan Mendeley secara teori dan praktik penggunaan Mendeley.Terdapat peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam pengoperasian software Mendeley. Mahasiswa memahami dan mengerti bagaimana cara penggunaan software Mendeley dalam penulisan daftar referensi.
Kata kunci: Mendeley, Karya Tulis, Pengetahuan
ABSTRACT
Writing scientific papers is a must that is done by students, especially at the final level, both in the form of thesis and articles. The use of Mendeley in writing references will make it easier for students to manage a list of references that can automatically be well organized. This service aims to increase students' knowledge and understanding in managing reference lists using Mendeley. This service is carried out using two methods, namely the delivery or introduction of Mendeley in theory and the practice of using Mendeley. there is an increase in student knowledge in the operation of the Mendeley software. students understand and understand how to use Mendeley software in writing reference lists.
Keywords: Mendeley, Writing, Knowledge
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Anwar, R. N., Sabrina, S. And Cahyani, A. N. (2021) ‘Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa’, An-Nas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Pp. 1–6. Available At: Https://Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/An-Nas/Article/View/8763.
Astuty, E., Asmin, E. And Sukmawaty, E. (2021) ‘Diskusi Online : Manajemen Referensi (Aplikasi Mendeley) Dalam Penulisan Karya Ilmiah’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, 4(1), Pp. 31–35. Doi: 10.31932/Jpmk.V4i1.866.
Ika Mustika, Latifah, Dan R. B. P. (2020) ‘Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Kesantunan Berbahasa Di Media Sosial’, Abdimas Siliwangi, 03(01), Pp. 49–59.
Ismail, H. Et Al. (2021) ‘Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Mendeley Dalam Penulisan Karya Ilmiah’, Jces (Journal Of Character Education Society), 4(4), Pp. 1–8. Available At: Http://Journal.Ummat.Ac.Id/Index.Php/Jces/Article/View/6510.
Kartinawati, E. (2021) ‘Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna Pelatihan Mendeley Sebagai Alat Bantu Sitasi Dan Daftar Pustaka Bagi Mahasiswa Kata Kunci : Mendeley , Pelatihan , Sitasi , Daftar Pustaka , Penulisan , Referensi Abstract : Writing Scientific Papers Is A Must For St’, Jurnal Pengabdian Teknologi Tepat Guna, 2(1), Pp. 14–20.
Nasution, Ade Saputra Et Al. (2021) ‘Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Ciwaringin Tanah Sewa Tentang Pentingnya Protokol Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19’, [Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 4(5), Pp. 1043–1049.
Prayitno, L. L., Astutik, E. P. And Purwasih, S. M. (2022) ‘Pelatihan Manajemen Referensi Untuk Penulisan Sitasi Dan Referensi Bagi Guru Smk Negeri 1 Jetis’, Jurnal Abdimas Patikala, 1(3), Pp. 107–112.
Ramadhani, K. L. And Rohmah, U. (2016) ‘Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley Guna Menunjang Luaran Kpm Mahasiswa Iain Ponorogo’, Prodimas, 4(1), Pp. 1–23.
Wulandari, A. Et Al. (2019) ‘Hubungan Tingkat Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Universitas Ibn Khaldun Bogor The Relationship Between The Level Of Nutritional Knowledge And Nutritional Status Of Students At Ibn Khaldun University Bogor’, Trophico: Tropical Public Health Journal, Pp. 18–21.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i8.6352
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.