Pelatihan Empati untuk Meningkatkan Kerjasama pada Siswa Sma di Bandar Lampung

Asri Mutiara Putri, Octa Reni Setiawati, Dewi Lutfianawati, Diah Ayu Nurjanah, Intan Rahmawati, Mia Rosalina, Nailul Laila Az Zahra

Sari


ABSTRAK

 

Siswa SMA membutuhkan keterampilan kerjasama untuk memaksimalkan proses belajar maupun berorganisasi di luar sekolah. Salah satu aspek penting yang perlu dikembangkan dalam kerjasama adalah empati. Berdasarkan tinjauan literatur dan penggalian data di lapangan, kemampuan kerjasama siswa SMA yang dirasa masih kurang terkait dengan empati. Oleh karena itu dalam program pengabdian masyarakat kali ini akan dilaksanakan kegiatan pelatihan untuk membangun kemampuan kerjasama dengan fokus pada pengembangan empati. Pelatihan yang dilakukan akan memberikan pengalaman dan kesempatan bagi siswa untuk memperoleh wawasan serta mempraktekan langsung keterampilan yang dapat membangun empati dan kerjasama. Peserta kegiatan ini adalah 20 siswa SMA di Bandar Lampung. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan pelatihan yang diberikan efektif dalam meningkatkan empati dalam diri siswa sebagai salah satu aspek penting dalam keterampilan kerjasama. Hal ini terlihat dari adanya perubahan perilaku peserta sesuai dengan target yang ditetapkan di setiap sesi pelatihan. Kegiatan pengabdian seperti ini dapat di lakukan secara rutin pada cakupan peserta yang lebih luas. Materi pelatihan juga dapat dimaksimalkan pada keterampilan lain yang juga dibutuhkan peserta untuk mengembangkan kerjasama, mengingat pentingnya keterampilan kerjasama untuk dimililiki siswa SMA.

 

Kata kunci: Empati, Kerjasama, Pelatihan, Siswa SMA

 

 

ABSTRACT

 

High school students need teamwork skills to maximize the learning process and to organize outside of school. One important aspect that needs to be developed in teamwork is empathy. Based on the literature review and data collection in the field, the teamwork ability that still lact in high school is empathy. Therefore, in thin community service program, training activities will be carried out to build empathy in teamwork skills. The training will provide experience and opportunities for students to gain insight and practice skills that can build empathy and teamwork. The participants of this activity were 20 high school students in Bandar Lampung. Based on the implementation of the training program, it can be concluded that the training is effective in improving empathy in students as an important aspect of teamwork skills. This can be seen from the changes in participant behavior in accordance with the target set in each training session. Activities like this can be carried out routinely for a wider range of participants to develop teamwork skills, given the importance of teamwork skills for high school students.

 

Keywords: Empathy, Teamwork, High School Students, Training


Kata Kunci


Empati, Kerjasama, SIswa SMA, Pelatihan

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Annisa, R., & Anggia, K. (2016). Empathy Care Training Untuk Meningkatkan Perilaku Memaafkan Pada Remaja Akhir. Jurnal Intervensi Psikologi (Jip), 8.

Dewi, I. A. D. P., Dra. Ni Nengah Madri Antari, M. E. ., & Dantes, P. D. N. (2014). Penerapan Konseling Kognitif Sosial Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengembangkan Sikap Empati Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).

Diana, S. (2016). Implementasi Strategi Peer Assisted Learning (Pal) Untuk Meningkatkan Literasi Anatomi Mahasiswa Calon Guru Biologi Peer Assisted Learning (Pal) Strategy Implementation To Improve Anatomic Literacy Of Prospective Student’s Biology Teachers. Jurnal.Uns.Ac.Id, 13(1), 554–563.

Eisenberg, N. (2002). Prosocial Development In Early Adulthood: Longitudinal Study. Journal Of Personality And Social Psychology, 6.

Fathimatuzzahrah, A. (2020). Keefektifan Format Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V2i1.72

Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 190–195. Https://Doi.Org/10.24176/Jkg.V2i2.718

Julia, J. (2017). Pendidikan Musik: Permasalahan Dan Pembelajarannya. Upi Sumedang Press.

Kolb, D. A. (2014). Experiential Learning: Experience As The Source Of Learning And Development. Ft Press.

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa Dengan Metode Jigsaw. Konselor, 7(1), 26–30. Https://Doi.Org/10.24036/02018718458-0-00

Lawrence, E. J., Shaw, P., Baker, D., Baron-Cohen, S., & David, A. S. (2004). Measuring Empathy: Reliability And Validity Of The Empathy Quotient. Psychological Medicine, 34(5), 911–919. Https://Doi.Org/10.1017/S0033291703001624

Mahanal, S. (2017). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Seminar Nasional Pendidikan Hmps Pendidikan Biologi Fkip Universitas Halu Oleo, 1(September 2014), 1–16.

Nancy Frey, Douglas Fisher, S. E. (2009). Productive Groupwork: How To Engage Students, Build Teamwrok, And Promote Understanding. Ascd.

Ningrum, M. F. C. P., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerjasama Siswa Pada Bidang Studi Ipa Melalui Penerapan Model Group Investigation Bagi Siswa Kelas 5 Sdn Kumpulrejo 2. Wahana Kreatifitas Pendidik, I(3), 7–13.

Nurnawati, E., Yulianto, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan Kerjasama Siswa Smp Melalui Pembelajaran Kooperatif Pendekatan Think Pair Share. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–7.

Paramita, D. (2003). Kemampuan Kerjasama Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Orang Lain Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Indonesia. Universitas Islam Indonesia.

Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (Audhi), 1(2), 96. Https://Doi.Org/10.36722/Jaudhi.V1i2.572

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). Https://Doi.Org/10.24176/Re.V8i2.2357

Sukma, R., Puspita, D., & Gumelar, G. (2014). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Dalam Sosial Di Jejaring Sosial Twitter. 3(1), 1–7.

Tiyas, N. E. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Kepedulian Sosial Pada Remaja. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, 8 Dan 9.

Wulandari, B., Arifin, F., & Irmawati, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Dalam Tim Melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Elinvo (Electronics, Informatics, And Vocational Education), 1(1), 9–16. Https://Doi.Org/10.21831/Elinvo.V1i1.12816




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.6862

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.