Sosialisasi dan Advokasi Pemenuhan Hak-Hak Anak melalui Sekolah Ramah Anak di SDN Setiajaya 02 Cabang Bungin Bekasi

Apriyanti Widiansyah, Rahmat Saputra, Fifit Fitriansyah

Sari


ABSTRAK

 

Dalam upaya menciptakan lingkungan sekolah ramah anak sebagai tempat belajar siswa di mana sekolah dapat memberikan rasa aman dan nyaman, menyenangkan dan sehat, tentu akan membuat anak kerasan di sekolah belajar dengan tenang. Mengingat beberapa waktu belakangan ini, banyak kasus kekerasan baik verbal maupun fisik terjadi pada anak di lingkungan sekolah, hal ini tentu saja menjadi kekhawatiran serius yang perlu segera diselesaikan dengan baik. Tujuan dari kegiatan ini adalah guna memberikan edukasi kepada guru dan masyarakat terkait bagaimana pelaksanaan sekolah ramah anak melalui kegiatan sosialisasi dan advokasi pemenuhan hak-hak anak melalui sekolah ramah anak. Metode dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan   simulasi kepada guru dan orang tua di SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi. Hasil dari kegiatan  pengabdian masyarakat ini adalah dapat memberikan gambaran konseptual terkait Pemenuhan Hak-Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak di SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi; memberikan gambaran teknis memahami permasalahan Pemenuhan Hak-Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak di SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi; serta sebagai upaya solusi permasalahan para guru dalam mengatasi Pemenuhan Hak-Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak di SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi.

 

Kata Kunci: Sosialisasi, Advokasi, Sekolah Ramah Anak.

 

 

ABSTRACT

 

In an effort to create a child-friendly school environment as a place for student learning where schools can provide a sense of security and comfort, fun and health, it will certainly make children feel at home in school to study quietly. Given that recently, many cases of verbal and physical violence have occurred in the school environment, this is of course a serious matter that needs to be resolved immediately. The purpose of this activity is to provide education to teachers and the community regarding how to implement child-friendly schools through socialization and fulfillment of children's rights through child-friendly schools. The method is carried out by providing counseling and simulations to teachers and parents at SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi. The results of this community service activity are able to provide a conceptual picture related to the Fulfillment of Children's Rights through Child Friendly Schools at SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi; Technical description of understanding the problem of Fulfilling Children's Rights Through Child Friendly Schools at SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi, as well as an effort to solve the problems of teachers in overcoming the Fulfillment of Children's Rights through Child Friendly Schools at SDN SETIAJAYA 02 Cabang Bungin Bekasi.

 

Keywords: Socialization, Advocacy, Child Friendly Schools.


Kata Kunci


Sosialisasi; Advokasi; Sekolah Ramah Anak

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustina, P. R., Nurhaemah, N., & Nurkholis, M. S. M. (2022). Pentingnya Sosialisasi Pengembangan Sdm Dalam Mewujudkan Kemandirian Usaha Di Shaza Food. Abdi Laksana, 3(1), 11–20.

Ariefa, E. (2009). Mengurai Akar Kekerasan (Bullying) Di Sekolah. Jurnal Dinamika. Uny. Yogyakarta.

Artadianti, Kiki, R, A. S. (2017). Implementasi Sekolah Ramah Anak (Sra) Pada Sekolah Percontohan Di Sd Pekunden 01 Kota Semarang Sebagai Upaya Untuk Mendukung Program Kota Layak Anak (Kla). Journal Of Public Policy And Management Review, 6(3).

Danial,Ar.,Endang Dan Wasriah, N. (2009). Metoda Penulisan Karya Ilmiah. Laboratorium Pkn Upi.

Fakriah, N. (2019). Pendekatan Arsitektur Perilaku Dalam Pengembangan Konsep Model Sekolah Ramah Anak. Gender Equality: International Journal Of Child And Gender Studies, 5(2).

Fitriansyah, F. (2020). Using Announcing Learning Videos In Improving Student Learning Outcomes. Jurnal Dikdas, 8, 87–93.

Himawati, Ika Pasca, Nopianti, Heni, W., & Diyas. (2021). Sosialisasi Program Sekolah Ramah Anak Guna Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (Snppm-2021) (Pp. 298–302).

Http://Kbbi.Web.Id/Sosialisasi Di Unduh Pada Tanggal 10 April 2021 Pukul : 13.00 Wib)

Istiningsih, S., Indraswati, D., Rahmatih, A. N., Fauzi, A., & Sobri, M. (2021). Sosialisasi Kebijakan Dan Strategi Sekolah Ramah Anak Bagi Mahasiswa Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Warta Desa, 3(3), 176–185. Https://Doi.Org/10.29303/Jwd.V3i3.154

Kristanto. (2011). Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (Sra) Jenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini Se-Kecamatan Semarang Selatan. Jurnal Penelitian Paudia, 1(1).

Kurniawan, Ansar, & Arwildayanto. (2020). Implementasi Program Sekolah Ramah Anak Pada Sekolah Menengah Atas. Jurnal Administrasi Pendidikan, 27(1), 170–183.

Lindriati, S., Suntoro, I., & Pitoewas, B. (2017). Pengaruh Sosialisasi Dan Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Minat Pembuatan Akta Kematian Di Desa Purworejo. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(6).

Mami Hajroh. (2017). Kebijakan Sekolah Ramah Anak. Cv Andi Offset. Mestika Zed. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia. Nurlaila. (2015). Ilmu Pendidikan. Noerfikri.

Mckee N, Bertrand Tj, Benton Ba. 2004. Strategic Communication In The Hiv/A Ids Epidemic. Sage Publications Sage Publications New Delhi L Thousand Oaks L London.

Notoatmodjo S. 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Edisi Revisi Jakarta (Id): Rineka Cipta.

Panduan Umum Program Kesejahteraan Sosial Anak, 11 (2010).

Rahman, Assegaf, A. (2004). Pendidikan Tanpa Kekerasan Tipologi Kondisi Kasus Dan Konsep. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Ratnasari. (2017). Implementasi Penerapan Sekolah Ramah Anak Pada Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Dasar. In The 5th Urecol Proceeding. Yogyakarta: Uad.

Rosalin Ln. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Peberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak.

Sawitri, O. E., Imran, & Ramadhan, I. (2021). Jurnal Sosialisasi Sosialisasi Keluarga Dalam Membentuk Kepribadian Anak (Studi Pada Keluarga Rumah Tangga Guru Ma Islamiyah). Jurnal Sosialisasi, 8(2), 10–21.

Setiani. (2016). Pendidikan Anti Kekerasan Untuk Usia Dini: Konsepsi Dan Implementasinya. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 1(2).

Sudarsono, Agus Dan Tri Wijayanti, Agustiana. (2016). Pengantar Sosiologi, (Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta)

Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitaif. Alfabeta.

Suyanto, Joko. (2010). Gender Dan Sosialisasi, Jakarta: Nobel Edumedia.

Tusriyanto. (2020). Pengembangan Sekolah Ramah Anak Di Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini. Ri’ayah, 5(1).

Unicef. (2005). Manual Child-Friendly School. New York: Unicef.

Worsley, Peter. (1991). Pengantar Sosiologi (Yogyakarta: Pt Tiara Wacana Yogya).

Wuri Wuryandani, Fathurrohman, A. S., & Haryani. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 86–94.

Wuryandani, W., & Senen, A. (2018). Implementasi Pemenuhan Hak Anak Melalui Sekolah Ramah Anak. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1).

Yosada, K. R., & Kurniati, A. (2019). Menciptakan Sekolah Ramah Anak. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 5(September), 145–154.

Zainal, S. M. (2018). Dalam Program Pembanguan Bidang Kesehatan Advocacy Implementation , Communication , Social Mobilization In The Health Development Program [ A Theoretical Review ]. Jurnal Perspektif Komunikasi, 1(3).

Zainal, S. Muh. (2018). Implementasi Advokasi, Komunikasi, Mobilisasi Sosial Dalam Program Pembanguan Bidang Kesehatan [Sebuah Tinjauan Teoritis]. Jurnal Perspektif Komunikasi, Vol 1. No. 3 Juni 2018.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i10.7241

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.