Peningkatan Kreativitas Siswa SMA Negeri 3 Palembang Melalui Pengenalan Mikrokontroler Arduino

Irma Salamah, Michelle Valerie, M. Redho Ali Said, Shohibulloh Bayu Anistiawan

Sari


ABSTRAK

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat, sebagai agen perubahan mahasiswa dituntut untuk merespon perkembangan teknologi masyarakat. Pelatihan mikrokontroler arduino adalah solusi yang tepat sehingga dengan pelatihan ini dapat memperbarui keterampilan seseorang sebanding dengan transformasi teknologi. Target dari pelatihan ini adalah mengenalkan mikrokontroler Arduino kepada para siswa SMA Negeri 3 Palembang. Tujuan khusus yang ingin dicapai, yaitu meningkatnya kreativitas para siswa dalam pembuatan proyek-proyek berbasis Arduino. Pada pelatihan ini, digunakan 3 metode yaitu beregu, perancangan, dan demonstrasi. Dengan menggunakan ketiga metode tersebut, para siswa sangat antusias mengikuti pelatihan dan ingin mempelajari lebih lanjut. Diharapkan adanya keberlanjutan program pelatihan Arduino guna meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam bidang elektronika.

 

Kata Kunci: Arduino, Internet of Things, Mikrokontroler

 

ABSTRACT

 

The development of science and technology is growing rapidly, and as agents of change, students are required to respond to the technological developments of society. Training in Arduino microcontrollers is the ideal solution for keeping one's skills current with technological advancements. This training's objective is to introduce the Arduino microcontroller to the SMA Negeri 3 Palembang pupils. Boosting inventiveness of students when creating Arduino-based projects is the specific objective to be met. Teams, design, and demonstration were the three techniques employed in this training. The students are very excited to participate in the session and want to learn more due to these three techniques. It is intended that the arduino training will help inventiveness of students in the electronics industry to grow.

 

Keywords: Arduino, Internet of Things, Microcontroller


Kata Kunci


Arduino, Internet of Things, Mikrokontroler

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida J., 4(1), 35. doi: 10.22373/lj.v4i1.1866.

Alfiansyah, M., Jamal, M.A., dan An’nur, S. (2014). Meningkatkan Hard Skills Dan Soft Skills Siswa Melalui Model Pembelajaran Koooperatif Tipe STAD. Berk. Ilm. Pendidik. Fis., 2(2),151. doi: 10.20527/bipf.v2i2.848.

Fezari, M. dan Zaytoona, A.A.D. (2018). Integrated Development Environment ‘IDE’ For Arduino Integrated Development Environment ‘IDE’ For Arduino Introduction to Arduino IDE. Diakses dari https://www.researchgate.net/publication/328615543.

Herlambang, Y. (2015). Peran Kreativitas Generasi Muda Dalam Industri Kreatif Terhadap Kemajuan Bangsa. Tematik, 2(1), 61–71. doi: 10.38204/tematik.v2i1.66.

Iksal, Suherman, dan Sumiati. (2018). Perancangan Sistem Kendali Otomatisasi On-Off Lampu Berbasis Arduino dan Borland Delphi. Prosiding Seminar Nasional Rekayasa Teknologi Informasi, 1, 117–123.

Khoeri, L.M. (2021). Mengenal Jenis-jenis Sensor dan Pemanfaatannya di Dunia Industri, 1, 1–29.

Kusuma, F.I., Firdaus, M.I., dan Afifah, N. (2021). Pembelajaran dan Pelatihan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dasar bagi Siswa Sekolah Dasar. J. Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidik., 1(11), 927–932. doi: 10.17977/um065v1i112021p927-932.

Mulyani, F. dan Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. J. Pendidik. dan Konseling, 3(1), 101–109. doi: 10.31004/jpdk.v3i1.1432.

Pratama, R.A. dan Permana, I. (2021). Simulasi Permodelan Menggunakan Sensor Suhu Berbasis Arduino. Edu Elektronika Journal, 10(1), 7–12. doi: 10.15294/eej.v10i1.47112.

Rachman, F.Z., Suhaedi, S., Hadiyanto, H., dan Ihsan, I. (2020). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Bidang Sistem Kendali Menggunakan Modul Arduino Di SMK Pangeran Antasari Balikpapan. Loyal. J. Pengabdi. Kpd. Masy., 3(2), 136. doi: 10.30739/loyal.v3i2.366.

Ramschie, A.A.S. (2018). Modul Praktek Mikrokontroler. Available from Politeknik Negeri Manado.

Saragih, R.R. (2016). Pemrograman dan Bahasa Pemrograman. Medan: STMIK-STIE MIKROSKIL.

Sari, E.F. (2021). Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 14–22, Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/43427.

Sitorus, M.B., Mangapul, J., Aziz, H., Pramono, P. dan Gifson, A. (2019) Pemrograman Mikrokontroler Guna Memperkenalkan Industri 4.0 di SMA Negeri 7 Tangerang Selatan. Terang, 2(1), 34–42. doi: 10.33322/terang.v2i1.533.

Sokop, S.J., Mamahit, D.J., dan Sompie, S. (2016). Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. J. Tek. Elektro dan Komput., 5(3), 13–23. doi: 10.35793/jtek.5.3.2016.11999.

Suprianto, D., Firdaus, V.A.H., Agustina, R., dan Wibowo, D.W. (2021). MICROCONTROLLER ARDUINO UNTUK PEMULA (Disertai Contoh-Contoh Projek Yang Menginspirasi). Malang: Jasakom.

Tantowi, D. dan Yusuf, K. Simulasi Sistem Keamanan Kendaraan Roda Dua Dengan Smartphone dan GPS Menggunakan Arduino. (2020). Algor, 1(2), 9–15.

Wulandari, A.I. et al. (2021). Pengairan Tanaman Sistem Tetes Dengan Menggunakan Sensor Kelembaban Tanah Berbasis Arduino. Diakses dari https://lppm.itk.ac.id/detail-hasil-pengabdian/pengairan-tanaman-sistem-tetes-dengan-menggunakan-sensor-kelembaban-tanah-berbasis-arduino.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i9.7301

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.