Peningkatan Edukasi Kesehatan Phbs Melalui Story Telling Pada Pengungsi Erupsi Gunung Semeru

Ayu Dewi Nastiti, Erik Kusuma, R.A. Helda Puspitasari, Dwining Handayani

Sari


Pada Sabtu (14/12/2021) pukul 15.20 WIB, Gunung Semeru memuntahkan endapan magma dari dalam perut bumi. Larutan silika bersuhu tinggi terbang bersama kepulan asap tebal hingga meluas ke berbagai penjuru Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Dengan kondisi seperti itu mengharuskan masyarakat sekitar untuk mengungsi di tempat yang lebih aman. Berada dalam satu lokasi dengan ratusan orang tentunya akan sangat memungkinkan untuk munculnya masalah kesehatan baru, salah satunya adalah alergi dan gatal-gatal. Hal tersebut mengingat minimnya penyediaan air bersih di lokasi pengungsian. Selain masalah kesehatan yang mengintai para pengungsi, tentunya masalah psikis juga bisa muncul dalam kondisi tersebut, tidak terkecuali bisa terjadi juga pada anak-anak. Bentuk kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa kegiatan pendidikan kesehatan tentang Peningkatan Edukasi Kesehatan PHBS Melalui Story Telling. Sasaran pelaksanaan kegiatan ini seluruh anak-anak di tempat pengungsian mulai dari usia 3-12 tahun. Topik kegiatan yang dilakukan adalah tentang PHBS. PHBS  atau personal hygiene merupakan bagian yang penting sebagai upaya dalam menjaga kesehatan tubuh. Melihat sasaran kegiatan yang merupakan kategori anak, oleh sebab itu diperlukan media yang tepat dalam pelaksaannya. Metode penyampaian edukasi yang dipilih dalam kegiatan ini adalah story telling. Story telling merupakan salah satu bentuk metode penyampaian informasi dengan cara mendongeng ataupun bercerita, bisa dilakukan secara berkelompok ataupun perseorangan (Listuayu, 2016). Metode story telling dianggap paling tepat untuk penyampaian edukasi hal itu mengingat dunia anak adalah dunia bermain, sehingga diharapkan dengan memberikan edukasi melalui story telling upaya untuk menyampaikan informasi bisa lebih mengena dan anak menjadi lebih antusias. Kesimpulan dari kegiatan ini Upaya peningkatan pengetahuan  masyarakat terutama anak-anak tentang pentingnya menerapkan PHBS dalam menjaga kebersihan diri dapat lebih maksimal setelah diadakan kegiatan ini.


Kata Kunci


PHBS; Pengungsi; Story telling

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abiyoga. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Storytelling (Bercerita) Dalam Personal Hygiene Terhadap Hygienitas Tangan Anak di SDN Tungkaran Pangeran 2 desa tungkaran pangeran kabupaten tanah bumbu. Jurnal Darul Azhar Vol 4, No.1.

Afrida. (2016). Pengaruh Storytelling dalam Pendidikan Personal Hygiene Terhadap Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Anak Usia Prasekolah di TK Tunas IGTKI-PGRI Pontianak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Edisi 5 No 2.

Anggraini, Nourmayansa Vidya, (2022). Peningkatan Kesadaran PHBS Cuci Tangan dengan Benar pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 5 No 4 April 2022. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/5399/pdf

Azizah. (2016). Konsep Dasar Personal hygiene. Jakarta: EGC

Hidayat. (2016). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Listyowati. (2015). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 5 Di SDN Pengasinan IV Kota Bekasi. Media Keperawatan.

Listuayu. (2016). Pengaruh Pemberian Storytelling Terhadap Motivasi Untuk Melakukan Personal Hygiene Pada Anak Usia Prasekolah di TK. Mandala Kumara Denpasar. Jurnal Fakultas Kedokteran Jurusan Keperawatan Universitas Udayana.

Nurmahmudah, E., Puspitasari, T., & Agustin, I. T. (2018). Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada anak sekolah.ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat,1(2), 46-52.

Rahmawati. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pembelajaran Gerak Dan Lagu Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia 7-12 Tahundi SDN Pace 2 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Keperawatan Indonesia Edisi I no 3

Shalahudin,iwan.dkk (2019). Pendidikan Kesehatan Pada Siswa Kelas 04 SDN Paminggir 1 Garut Tentang Pentingnya Mencuci Tangan Sebelum Makan. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 2 Nomor 2 Oktober 2019. http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kreativitas/article/view/1563. DOI : 10.33024/jkpm.v2i2.1563




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i10.7479

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.