Upaya Penurunan Stres Guru Dengan Meningkatkan Kompetensi Digitalisasi dan Modul Ajar Di Sekolah Penggerak

Melda Rumia Rosmery Simorangkir, Hendrikus Male, Adisti Ratna Puri, Jitu Halomoan Lumbantoruan, Edison Siregar

Sari


ABSTRAK

 

Guru sebagai tenaga pendidik disekolah diharapkan memiliki kompetensi sesuai dengan Undang-undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen Pasal 10 pasal 1 mengungkapkan guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Pengabdian  kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan disalah satu sekolah penggerak angkatan pertama di kabupaten Karawang yaitu SMAN 6, PKM dalam bentuk pelatihan tersebut dilakukan dalam bentuk pelatihan yang dilakukan selama 2 hari pada tanggal 13-15 Juli 2022. Pelaksanaan pelatihan guru dimulai dari kebutuhan kepala sekolah SMAN 6 Karawang yang menceritakan terdapat kebingungan tenaga pendidik disekolah tersebut terhadap pengoptimalan tehnologi digital dalam kegiatan pembelajaran disekolah secara khusus terhadap penerapan kurikulum merdeka yang telah diadopsi sekolah sejak 2021. Kegiatan PKM yang dilakukan di SMAN 6 Karawang sangat membantu guru memasuki tahun ajaran baru, pengembangan kemampuan guru merupakan salah satu upaya yang dilakukan sekolah terhadap kebutuhan tenaga pendidik disekolah tersebut.

 

Kata Kunci: Stres, Kompetensi Guru, Sekolah Penggerak

 

ABSTRACT

 

Teachers as educators in schools are expected to have competence in accordance with Law no. 14 of 2005 Tebtang Teachers and Lecturers Article 10 article 1 states that teachers must have pedagogic competence, personality competence, social competence, and professional competence. This community service (PKM) was carried out at one of the first generation of schools in Karawang district, namely SMAN 6, PKM in the form of training was carried out in the form of training carried out for 2 days on July 13-15 2022. The implementation of teacher training started from the needs of the principal. the school of SMAN 6 Karawang which told that there was confusion among the educators at the school regarding optimizing digital technology in learning activities at school in particular to the application of the independent curriculum that the school had adopted since 2021. PKM activities carried out at SMAN 6 Karawang greatly helped teachers enter the new school year, development The ability of teachers is one of the efforts made by schools to meet the needs of educators in the school.

 

Keywords: Stress; Teacher Competence; Driving School


Kata Kunci


Stres; Kompetensi Guru; Digitalisasi; Modul Ajar; Sekolah Penggerak

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Akbar, Z., & Pratasiwi, R. (2017). Resiliensi diri dan stres kerja pada guru sekolah dasar. JPPP-Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 6(2), 106-112.

Amir, A., & Hashim, Z. B. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru SMA Negeri Pariaman. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, 2(2).

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science (Vol. 1, No. 2, pp. 308-318).

Gaol, N. T. L. (2021). Faktor-Faktor Penyebab Guru Mengalami Stres di Sekolah. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 4(1), 17-28.

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(1), 44-63.

Kholid, K. (2020). Pentingnya Literasi Digital bagi Guru pada Lembaga Pendidikan Tingkat Dasar dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Horizon Pedagogia, 1(1).

Mangkunegara, A. A. P., & Puspitasari, M. (2015). Kecerdasan emosi guru, stres kerja, dan kinerja guru SMA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(2).

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Pianda, D. (2018). Kinerja guru: kompetensi guru, motivasi kerja dan kepemimpinan kepala sekolah. CV Jejak (Jejak Publisher).

Riady, A. (2021). Pendidikan Berkualitas di Era Digital:(Fokus: Aplikasi Sebagai Media Pembelajaran). Jurnal Literasi Digital, 1(2), 70-80.

https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/02/Paparan-Program-Sekolah-Penggerak.pdf

http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i2.7652

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.