Peran Mahasiswa Siaga Bencana Indonesia dalam Upaya Penanganan Bencana Area Komunitas melalui Zoominar

Ida Rahmawati, Fernalia Fernalia, Dwi Putri Sulistiyaningsih, Effendi Effendi, Sanisahhuri Sanisahhuri, Dahlia Putri Pratama, Ahmad Guntur Alfianto, Feri Eka Prasetya

Sari


ABSTRAK 

Bencana alam tidak hanya menimbulkan korban fisik, akan tetapi berdampak juga pada gangguan pisikologis dan trauma yang mendalam. Hilangnya harta benda dan nyawa dari orang-orang yang dicintainya, membuat membuat sebagian korban mengalami stress dan gangguan kejiwaan. Mitigasi dan kesiapsigaan merupakan salah satu tahapan yang sangat vital dalam manajemen Bencana. Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana mengamanatkan untuk melakukan upaya penanggulangan bencana secara tepat, cepat, berdasarkan prioritas, koordinasi, keterpaduan, berdaya guna, berhasil guna, transparansi, akuntabilitas, kemitraan dan pemberdayaan. Tujuan kegiatan ini adalah  meningkatkan peran mahasiswa siaga bencana dalam upaya penanggulangan bencana di Indonesia. Metode kegiatan zoominar dilakukan oleh mahasiswa PERWAGANA STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu secara daring menggunakan aplikasi zoom pada tanggal 15 April 2022. Terdapat 3 sesi dalam kegiatan yaitu Sesi pertama pembukaan acara yang dibuka oleh pembawa acara, dilanjutkan sesi  kedua dengan pemaparan materi, dan sesi ketiga yaitu kesimpulan secara umum oleh moderator dan penutup oleh pihak penyelenggara. Hasil kegiatan menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar. Kesimpulan, setelah dilakukan pendidikan kesehatan secara daring menggunakan aplikasi zoominar kepada mahasiswa, maka peingkatan kesiapsiagaan dan kewaspadaan tentang bencana dapat di serap dengan baik sehingga mahasiswa akan mampu menjadi dan siap menjadi generasi yang siap tanggap dalam kegawatdaruratan dan bencana.

        Kata Kunci: Bencana, Kesiapsiagaan, Mahasiswa Perawat    ABSTRACT 

Natural disasters do not only cause physical casualties, but also have an impact on psychological disorders and deep trauma. The loss of property and lives of loved ones has made some victims experience stress and mental disorders. Mitigation and preparedness are one of the most vital stages in disaster management. Law No. 24 of 2007 concerning disaster management mandates to carry out disaster management efforts appropriately, quickly, based on priorities, coordination, integration, efficiency, effectiveness, transparency, accountability, partnership and empowerment. The puprpose of this activity is to increase the role of disaster preparedness students in disaster management efforts in Indonesia. The zoominar activity was carried out by PERWAGANA STIKES Tri Mandiri Sakti Bengkulu students online using the zoom application on April 15, 2022. There were 3 sessions in the activity, namely the first session opening the event which was opened by the presenter, followed by the second session with material presentation, and the third session is a general conclusion by the moderator and closing by the organizers. After conducting online health education using the Zoominar application to students, the increased preparedness and vigilance about disasters can be well absorbed so that students will be able to become and be ready to become a generation that is ready to respond in emergencies and disasters.

 

Keywords: Disaster, Preparedness, Nursing Students 

Kata Kunci


Kesiapsiagaan, Bencana, Mahasiswa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Al-nashr, M. S. (2018). Integrasi Pendidikan Siaga Bencana Dalam Kurikulum Madrasah Obtidayah. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 6(2), 82-101.

Bengkulu express. (10 Mei 2017). Bengkulu rawan bencana potensi bencana banyak dipemukiman penduduk. Diambil pada tanggal 28 Desember 2018 dari https://bengkuluekspress.com/bengkulu-rawan-bencana-potensi-bencana-banyak-di-pemukiman-penduduk/.

BNPB. (2016). Risiko Bencana Indonesia. Raditiya Jati; Mohd. Robi Amri (ed). Jakarta. BNPB.

BNPB. (2018). Panduan Kesiapsiagaan Bencana untuk Keluarga. Jakarta. BNPB.

Effendi, l., Taqiuddin, M., & Evendi, A. (2022). Konstruksi Sosial Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Masyarakat Di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Resiprokal: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 4(1), 73-93.

Gustiani, R. U., Husin, H., Afriyanto, A., et al. (2021). Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Banjir Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Miracle, 1(1), 39-46.

Hardy, F. R., Pulungan, R. M., & Permatasari, P. (2021). Pembentukan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Puskesmas Cukulur. Ikra-Ith Abdimas, 4(3), 123-144.

LIPI-UNESCO/ISDR, (2006). Kajian Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Mengatasi Bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta.

Paripurno, E,T., Munadi, K., Koesuma, S.,et al (2019). Panduan Pembelajaran Kebencanaan untuk Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Purwarni, A., Fridani, L., & Fahrurrozi, F. (2019). Pengembangan Media Grafis Untuk Meningkatkan Siaga Bencana Banjir. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 55-67.

Rahmat, H, K., & Alawiyah, D. (2020). Konseling Traumatik: Sebuah Strategi Guna Mereduksi Dampak Psikologis Korban Bencana Alam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 6(1), 34-44.

Rahmawati, l., Pawiliyah, P., Alfianto, A. G., et al. (2022). Edukasi Respon Kegawatdaruratan Fisik Dan Psikiatri Pada Area Pre Hospital Pada Mahasiswa Kesehatan Di Indonesia. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm), 5(4), 1116-1125.

Rofifah, R., Rochana, N., Setyawan, D., et al. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan Dengan Kesiapsiagaan Bencana Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Diponegoro. (Doctoral Dissertation, Faculty Of Medicine).

Rosyidie, Arief. (2013). Banjir: Fakta dan Dampaknya, Serta Pengaruh dari Perubahan Guna Lahan. Jurnal PerencanaanWilayah dan Kota,Vol. 24 No. 3, Desember 2013, 241– 249.

Sari, D. P., & Suciana, F. (2019). Pengaruh Edukasi Audio Visual dan Role Play Terhadap Perilaku Siaga Bencana pada Anak Sekolah Dasar. Journal of Holistic Nursing Science, 6(2), 44-51.

Suharni, E., Liesnoor, D., & Kurniawan, E. 2015. Pembelajaran Kebencenaan Bagi Masyarakat Di Daerah Rawan Bencana Banjir DAS Beringin Kota Semarang. In Forumilmu Sosial (Vol.42, No.2, pp. 184-195).

UU RI Nomor 24 Tahun 2007. Undang-Undang Tentang Penanggulangan Bencana.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v5i12.7882

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.