Pemberdayaan Peer Group Remaja Putri untuk Deteksi Dini Kanker Payudara melalui Pemeriksaan Sadari di Smak St.Petrus Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende

Martina Bedho, Khrispina Owa, Try Ayu Patmawati

Sari


ABSTRAK

 

Pemeriksaan payudara secara mandiri merupakan upaya mendeteksi dini kanker payudara. Data Profil Dinas Kesehatan  Propinsi NTT  tahun 2017 tercatat cakupan deteksi dini kanker leher rahim dan kanker payudara oleh Puskesmas di wilayah  Kerja Propinsi NTT sangat rendah Permasalahan yang terjadi saat ini adalah pengetahuan masyarakat mengenai SADARI masih kurang begitupun pada remaja putri, pelatihan dan sosialisasi tentang kesehatan reproduksi terutama kepada kalangan remaja,terkait SADARI masih kurang dari puskesmas, Sehingga membutuhkan pendekatan edukasi yang lebih efektif salah satunya melalui pendidikan teman sebaya (peer group) yakni salah satu bentuk kegiatan dari program PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja). dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemberdayaan remaja putri melalui peer grup dalam mendetteksi dini kanker payudara melalui pemeriksaan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) di SMAK St. Petrus Kecamatan Ende Timur Kabupaten Ende. Yang digunakan dalam kegiatan ini adalah penyuluhan, pelatihan SADARI dan dilanjutkan dengan diskusi. Penyuluhan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang pencegahan penyakit kanker payudara. Materi penyuluhan yang diberikan mencakup materi tentang pengertian penyakit kanker payudara, faktor risiko dan penyebab penyakit kanker payudara, akibat penyakit kanker payudara dan pencegahan penyakit kanker payudara serta prosedur pemeriksaan SADARI. Diskusi dilakukan setelah pemberian materi selesai dilaksanakan. Peserta bertanya tentang materi yang belum dipahami tentang penyakit kanker payudara dan pemeriksaan SADARI. Hasil pengukuran pre dan post tes didapatkan bahwa rata- rata pemahaman sebelum diberikan materi dan pelatihan sebesar 48,18 sedangkan rata-rata pemahaman sesudah diberikan materi dan pelatihan sebesar 71,82. Penyuluhan terbukti efektif meningkatkan pemahaman tentang pencegahan penyakit kanker payudara pada siswa. Siswa juga sangat antusias terhadap materi karena mendapatkan ilmu yang baru. Oleh karena itu perlu ditingkatkan kegiatan sosialisasi dan pelatihan kepada kepala remaja khususnya siswa tentang pencegahan dini kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan SADARI sehingga dapat meningkatkan pemberdayaan dan peran remaja putri dalam  mencegah kanker payudara.

 

Kata Kunci: Pemberdayaan, Remaja Putri, Kanker Payudara, SADARI

 

 

ABSTRACT

 

Breast self-examination is an effort to detect breast cancer early. Data from the Profile of the NTT Provincial Health Office in 2017 noted that the coverage of early detection of cervical cancer and breast cancer by the Puskesmas in the NTT Province Work area is very low. especially for teenagers, related to BSE is still lacking from puskesmas, so it requires a more effective educational approach, one of which is through peer group education, which is one form of activity from the PKPR (Adolescent Care Health Service) program. The purpose of this activity is to increase the knowledge and empowerment of young women through peer groups in early detection of breast cancer through the BSE examination (Breast Self-Examination) at SMAK St. Petrus, East Ende District, Ende Regency. In this meeting we used counseling, BSE training and continued with discussion. Counseling is expected to increase students' knowledge about breast cancer prevention. The counseling material provided includes material on the definition of breast cancer, risk factors and causes of breast cancer, the effects of breast cancer and prevention of breast cancer as well as BSE examination procedures. Discussions are carried out after the presentation of the material has been completed. Participants asked about materials that were not understood about breast cancer and BSE examinations. The results of the pre and post test measurements showed that the average understanding before being given the material and training was 48.18 while the average understanding after being given the material and training was 71.82. Counseling is proven to be effective in increasing students' understanding of breast cancer prevention. Students are also very enthusiastic about the material because they get new knowledge. Therefore, it is necessary to increase socialization and training activities for adolescent heads, especially students about early prevention of breast cancer by conducting BSE examinations so that they can increase the empowerment and role of young women in preventing breast cancer.

 

Keywords: Empowerment, Young Women, Breast Cancer, BSE


Kata Kunci


Pemberdayaan, Remaja Putri, Kanker Payudara, SADARI

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Amelia, C. R. (2014). Pendidikan Sebaya Meningkatkan Pengetahuan Sindrom pramenstruasi pada Remaja. Medical Journal of Brawijaya.

Aprianti, N., Tahlil, T., & Mudatsir, M. (2017). Analisis Implementasi Program Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR). Jurnal Ilmu Keperawatan.

Ariyati, A., Mediastuty, M., & Kusmiatun, K. (2012). Efektifitas Pendidikan Kesehatan SADARI Terhadap Sikap SADARI pada Remaja Putri Kelas XI di SMA Negeri 1 Pajangan Bantul. Jurnal Kebidanan ARIMBI.

Bray, F., Ferlay, J., & Soerjomataram, I. (2018). Global Cancer Statistics 2018 : GLOBOCAN Estimates of Incidence and Mortality Worldwide for 36 Cancers in 185 Countries. CA Cancer Journal Clinic, 68(6), 394–424. https://doi.org/10.3322/caac.21492

Cahyani, R. (2000). Pemeriksaan Dini Menyelamatkan Payudara. Jakarta: Femina.

Damayanti, A., Wulandari, Y., & Mustikarani, I. K. (2018). Pengaruh peer Education tentang deteksi dini kanker payudara terhadap keterampilan praktik SADARI remaja utrid di MAN 1 Surakarta. Stikes Kusuma Husada.

Erbil, N., & Bolukbas. (2012). Beliefs,attitudes, and behavior of Turkish women about breast cancer and breast selfexamination according toa Turkish version of the Champion Health Belief Model Scale. Asian Pacific Journal Cancer Prevention.

Fondjo, L. A., Afriyie, O. O., Sakyi, S. A., Wiafe, A. A., Amankwaa, B., Acheampong, E., … Owiredu, W. K. B. A. (2018). Comparative Assesment of Knowladge, Attitudes and Practice of Breast Self Examination among Female Secondary and Tertiary School Student in Ghana. Hindawi International Journal of Breast Cancer.

Ghoncheh, M., Pournamdar, Z., & Salehiniya, H. (2016). Incidence and Mortality and Epidemiology of Breast Cancer in the World. Asian Pasific Journal of Cancer Prevention, 17. https://doi.org/10.7314/apjcp.2016.17.s3.43

Imron, A. (2012). Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja : Peer Educator & Efektivitas Program PIK-KRR di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Karayurt, O., Dicle, A., & Malak, A. T. (2009). Effects of Peer and Group Education on Knowledge , Beliefs and Breast Self-Examination Practice among University Students in Turkey. Turkey Journal Medical Science, 39(1), 59–66. https://doi.org/10.3906/sag-0712-17

Notoatmodjo, S. (2005). Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Owa, K., Sekunda, M. S., & Budiana, I. (2021). Efektifitas Pendidikan Kesehatan Metode Peer Group terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku SADARI Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Primer, 6(1), 12–21. https://doi.org/https://doi.org/10.31965/jkp

Pamungkas. (2011). Deteksi Dini Kanker Payudara, Kenali Sebab-Sebab dan Cara Antisipasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Jakarta: Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Setiawan, D. (2004). Deteksi Dini Kanker dan Simpisia Anti Kanker. Jakarta: Penebar Swadaya.

Soetjiningsih. (2014). Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya, Jakarta, Sagung Seto. Jakarta: Sagung Seto.

Syafitri, N. (2017). Perbedaan Metode Demontrasi terhadap pemeriksaan SADARI pada Siswi Kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Metro. Jurnal Kesehatan “Akbid Wira Buana, 1(1).

Tuyen, D. Q., Dung, T. V., Dong, H. Van, Kien, T. T., & Huong, T. T. (2019). Breast Self-Examination : Knowledge and Practice Among Female Textile Workers in Vietnam. Cancer Control Journal, 26, 1–7. https://doi.org/10.1177/1073274819862788

Utami D, A. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Peer Group Terhadap Perilaku SADARI Pada Remaja Putri Di Dusun Celungan Sumberangung Moyudan Sleman. Universitas Aisyiyah Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8129

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.