Pelatihan Penggunaan Fungsi Hitung Dasar dan Logika Matematika Statistika untuk Penyelesaian TIU

Ika Purnamasari, Meiliyani Siringoringo, Sri Wahyuningsih, Memi Nor Hayati, Suyitno Suyitno, Rito Goejantoro, Surya Prangga

Sari


ABSTRAK

 

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yaitu warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai Pegawai ASN secara tetap oleh pejabat pembina kepegawaian untuk menduduki jabatan pemerintahan. Pada proses perimaaan CPNS, terdapat dua tahapan Seleksi yaitu SKD dan SKB. Pada SKD, pemerintah memberlakukan passing grade yang menjadi penentu kelulusan ke tahap SKB. Salah satu jenis tes pada tahap SKD yaitu TIU yang merupakan tes untuk mengukur tingkat intelegensi dalam analisa numerik, verbal, figural, serta kemampuan untuk berpikir logis dan analitis. Tujuan kegiatan pelatihan yaitu memberikan informasi kepada masyarakat umum, khusunya masyarakat yang akan mengikuti tes seleksi SKD CPNS 2021 tentang penggunaan fungsi hitung dasar dan logika dalam mengerjakan soal TIU dengan lebih mudah, cepat dan tepat. Berdasarkan hasil penilaian pada saat pelatihan, peserta dapat menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dalam menyelesaikan soal TIU dengan mudah, cepat dan tepat.  Hal ini terlihat dari peningkatan nilai skor posttes yang jauh lebih tinggi dibandingkan saat pretes. Kedepannya diharapkan adanya kegiatan lanjutan dengan intensif agar peserta kegiatan dapat terbiasa dalam pemecahan soal dengan cepat.

 

Kata Kunci: ASN; PNS; SKB; SKD; TIU

 

 

ABSTRACT

 

Civil Servants (PNS) is an Indonesian citizen who meets certain conditions, appointed as an ASN employee regularly by the office of staffing to occupy government positions. In the CPNS acceptance process, there are two stages of selection, namely SKD and SKB. In SKD, the government imposes a passing grade that determines graduation to the SKB stage. One type of test at the SKD stage is TIU which is a test to measure the level of intelligence in numerical analysis, verbal ability, figural ability, and the ability to think logically and analytically. The purpose of the training is to provide information to the general public, especially the public who will take the 2021 SKD CPNS selection test on the use of fundamental calculation functions and logic in working on TIU problems more simply, quickly, and precisely. Based on the yield of the assessment at the time of training, participants can show an increased understanding of solving TIU problems simply, quickly, and precisely. The posttest score is much higher than during pretests. In the future, expected that this training can continue intensive so that participants can get used to solving problems more quickly.

 

Keywords: ASN; PNS; SKB; SKD; TIU


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, Dan Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Mipa, 7(3). Https://Doi.Org/10.30998/Formatif.V7i3.2234

Astuti, I. A. K. (2013). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik. 3, 10.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Bkn. (2020). Buku Statistik Pegawai Negeri Sipil Desember 2020. Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Bkn.

Gunur, B., Hendrice Ramda, A., & Parinters Makur, A. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. Mapan, 6(2), 148–160. Https://Doi.Org/10.24252/Mapan.2018v6n2a2

Gunur, B., Lanur, D. A., & Raga, P. (2019). Hubungan Kemampuan Numerik Dan Kemampuan Spasial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 224–232. Https://Doi.Org/10.21831/Pg.V14i2.27250

Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik Dan Verbal Dalam Berpikir Kritis Matematika Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Admathedu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(2). Https://Doi.Org/10.12928/Admathedu.V6i2.5443

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Aksioma Journal Of Mathematics Education, 5(2), 110. Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V5i2.669

Jelatu, S., Emenensia Mon, M., & San, S. (2019). Relasi Antara Kemampuan Numerik Dengan Prestasi Belajar Matematika. Lectura : Jurnal Pendidikan, 10(1), 1–18. Https://Doi.Org/10.31849/Lectura.V10i1.2390

Oktaviana, D., & Nurmaningsih. (2019). Kemampuan Numerik Mahasiswa Pendidikan Matematika Ikip Pgri Pontianak. 341–349.

Republik Indonesia. (2018). Peraturan Menteri Panrb No. 37/2018 Tentang Nilai Ambang Batas Skd Pengadaan Cpns 2018. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Panrb No. 24/2019 Tentang Nilai Ambang Batas Skd Pengadaan Cpns 2019. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Panrb No. 27/2021 Tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Republik Indonesia. (2021). Peraturan Menteri Panrb No. 1023/2021 Tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar (Skd) Pengadaan Pns Tahun Anggaran 2021. Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Sari, T. K. (2015). Hubungan Kemampuan Numerik Dan Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smpn 2 Jogonalan Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. 3(1), 6.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i1.8423

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.