Pendampingan UMKM dan Manajemen Usaha pada UMKM LK Buah Desa Pawidean Jatibarang Kabupaten Indramayu

Agus Yudianto, Meddy Nurpratam

Sari


ABSTRAK

 

Mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki oleh UMKM dan kelemahan yang dimiliki oleh UMKM sebaiknya mulai diperbaiki. UMKM juga harus memanfaatkan peluang yang ada untuk merebut pangsa pasar dan diharapkan mampu mencapai tujuan UMKM. Selain itu ancaman yang ada tidak boleh dihiraukan, UMKM harus memiliki tindakan preventif dalam menghadapi segala acaman yang muncul. Meningkatkan pelayanan prima serta layanan purna jual dapat dilakukan melalui penanganan cepat pada keluhan konsumen dan melayani dengan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, Santun).Memperbaiki lokasi Toko supaya lebih banyak pelanggan yang datang.

 

Kata Kunci:  Pendampingan UMKM dan Pengelolaan Usaha

 

 

ABSTRACT

 

Based on the results of internal factor analysis, it can be identified that its main strength is the use of quality raw materials and its weakness is that the mango raw material cannot be continuously available every month. Meanwhile, from the analysis of external factors, it can be identified that the main opportunity is a well-known Brand Image and the threat of the establishment of a similar business. Based on the results of the SWOT analysis, the appropriate alternative strategy to increase the marketing of processed LK Buah mango products in Pawidean Village, Jatibarang District, Indramayu Regency is to use an aggressive strategy, namely by maximizing internal strengths to take advantage of and seize external opportunities through marketing activities to gain profits in order to achieve growth Processed Mango Products LK Fruit in a sustainable manner.

 

Keywords:  MSME Assistance and Business Management


Kata Kunci


manajemen

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abdul Majid (2013).Strategi Pembelajaran Remaja Rosdakarya:Bandung

Ahmad Hisyam, 2013, Peran Ukm Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Http://Ariejayuz.Blogspot.Com

Candraningrat, Adrianto, Yosef Richo Dan Wibowo, Januar(2018), Science And Technology For Communities: Marketing Strategic Development And Packaging Design For Kelompok Tani Elok Mekarsari Surabaya. International Conference On Information Technology Applications And Systems (Icitas). 42-46.

Candraningrat, C., Wibowo, J., & Santoso, R. (2020). Pembuatan Digital Marketing Dan Marketing Channel Untuk Ukm Pj Collection. Jpm17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(01), 82-91.

Crismawa, A. B. (2020). Pengaruh Covid 19 Terhadap Umkm Di Indonesia. Gnial. Http://Genial.Id/ReadNews/Pengaruh-Covid19-TerhadapUmkm-Di-Indonesia

Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia.

Fatoni, M. (2020). Sebaran Covid-19 Di Indonesia Hingga Selasa 30 Juni 2020 Pagi Ini, Data Rincian Kasus Di 34 Provinsi. In Tribune News. Tribunnews.Com.

Kartika,Yuliar, Mujanah, Siti. 2020. Peningkatan Kualitas Produk Ukm Kerajinan Kulit Kerang Di Kenjeran Kota Surabaya, Share (Journal Of Service Learning), 6(01), 38-44.

Mujanah Dkk. (2016). Ibm Kelompok Usaha Kecil Krupuk Di Kenjeran Kota Surabaya. Jurnal Pengabdian Lppm Untag Surabaya, Vol. 02, No. 01, Hal 103 - 116

Niko Ramadhani, 2020. Pengertian Manajemen Bisnis Dan Contoh Penerapannya Yang Baik. Https://Www.Akseleran.Co.Id/Blog/Manajemen-Bisnis/

Reynaldi , Susanto, 2016. 13 Mei 2016 Peran Ukm Dalam Perekonomian Indonesia, Reynaldisusanto.Blogspot.Com

Steve Troy, Jademountain Inc. What Is Appropriate Technology? Www.Gdrc.Org/Techtran/ApproTech.Html. Di Download Pada Tanggal 12 Agustus 2016, Jam 06.02 Jurnal Abdi Mas Tpb (Www.Abdimastpb.Unram.Ac.Id) P-Issn 2655-7533 Volume 3 Nomor 1 Januari 2021 (Hal 23-33) E-Issn 2656-3592 33

Yulia, 2014, Mengelola Keuangan Bagi Wirausaha Pemula, Jurnal Khatulistiwa, Vol. 4 No. 1 Maret

Kartika,Yuliar, Mujanah, Siti. 2020. Peningkatan Kualitas Produk Ukm Kerajinan Kulit Kerang Di Kenjeran Kota Surabaya, Share (Journal Of Service Learning), 6(01), 38-44.

........2006. Oxford English Dictionary. 2006. Little Oxford English Dictionary. California: Oxford University Press

Yy 2014, Pengertian Teknologi Tepat Guna Dan Contohnya, By Teknologitepatguna On October 5, 2014 102239 Views Www.Teknologitepatguna

Sensus Ekonomi 2006).

, Manfaat Pemasaran Online Bagi Keberhasilan Bisnis, Redaksi Ukm, 11 Maret 2020. Https://Bisnisukm.Com/Manfaat Pemasaran-Online-Bagi Keberhasilan-Bisnis.Html

........ 2015. Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm), Sme's Business Profile, Bank Indonesia .......

, Pengertian Teknologi Tepat Guna. Di Dowload Pada Tanggal 19 November 2020 Jam 15.54 Wib. Https://Bulelengkab.Go.Id/Bankdata/Pengertian-Teknologi-Tepat-Guna-13 .......

.2019. Pengertian, Jenis Dan Manfaat Pemasaran Online. Jurnal Entrepreneurhttps://Www.Jurnal.Id/Id/Blog/Pengertian-Jenis-Dan-Manfaat Pemasaran-Online/




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i3.8434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.