Workshop Penggunaan Android dalam Membantu Proses Penilaian Pasca Pandemi pada Guru di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung

Riswanti Rini, Hasan Hariri, Sudjarwo Sudjarwo, Ujang Efendi, Ismu Sukamto, Handoko Handoko

Sari


ABSTRAK

 

Penilaian sangat diperlukan bagi seorang pendidik untuk mengetahui tingkat keberhasilan selama proses belajar. Fungsi penilaian adalah untuk dapat mengetahui ketercapaian peserta didik dalam pembelajaran. Penlaian juga penting bagi pendidik untuk introspeksi diri, mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam pembelajaran. System penilan yang dilakukan untuk saat ini menggunakan teknologi karena mempermudah proses assesment. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan dasar Assesment  berbasis android pada guru SMA di kab. Pesawaran. Manfaat dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada guru-guru supaya menerapkan penilaian kepada siswa secara efektif, efisien serta tepat guna dengan menggunakan android. Guru mahir menyusun assesment penilaian hasil belajar siswa dan mahir menggunakan android untuk keperluan assesment siswa. Metode kegiatan yang digunakan adalah metode praktek pelatihan dan diskusi sosialisasi. Pemahaman guru terhadap penilaian meningkat, hal ini dibuktikan dengan perbedaan nilai pretest dan post-test. Penggunaan android sangat membantu proses penilaian guru di sekolah dalam hal keefektifan penilaian, pemeriksaan jawaban, mengetahui daya beda soal, dan mengetahui taraf sukar butir.

 

Kata Kunci: Penilaian, Android, Efektifitas

 

 

ABSTRACT

 

Assessment is very necessary for an educator to determine the level of success during the learning process. There are things that can determine the achievement of students in learning. Assessment is also important for educators to introspect themselves, knowing the weaknesses and strengths in learning. Even though the pandemic period is not over, it still has to be implemented for students. Assessments carried out during the pandemic can use Android to simplify the assessment process. Objective: to provide basic training on Android-based assessment for high school teachers in Pesawaran. The benefit of this activity is that the teachers who are the research subjects can apply assessments to students effectively, and are appropriate for using Android during a pandemic. Teachers are proficient in compiling assessments of student learning outcomes and proficient in using android for student assessment purposes. Research Methods: The method used in this research is the method of training and discussion of socialization. This method will later find out how the public will know how to use an Android-based assessment application that is categorized in supporting the learning process. Result: Teachers' understanding of grades increased, this was evidenced by the difference between pretest and posttest. Conclusion: The use of android really helps the teacher assessment process in schools in terms of the effectiveness of the assessment, examination, knowing differentiating power, and knowing the level of difficulty of items.

 

Keywords: Assessment, Android, Effectiveness


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Am, Zaimul. (2018). Teknik Penilaian Hasil Belajar. Rausyan Fikr, 14(2), 53-62.

Arta, Maulida. 2013. Boomingnya Android, (Online), (Http://Ilmukomputer.Org/ Wp- Content/Uploads/2013/04/Android.Doc, Diakses 14 Mei 2020

Atnantomi W, D., & Salim, A. (2016). The Use Of Assesment Application Based On Decision Support System (Dss) For Identification And Assessment Of Children With Special Needs. European Journal Of Special Education Research, 0. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.46827/Ejse.V0i0.323

Azizah, Linda, 2012, Analisis Perceraian Dalam Kompilasi Hukum Islam, Jurnal Al-„Adalah, Vol. 10, No. 4.

Fajar, Karyawan. 2011. Tutorial Step By Step Full Color: Membedahkan Kehebatan Android. Jakarta: Grasindo

Hasanah, U., Edwita, & Januar, A. (2020). Pelatihan Pengembangan Digital Assesment Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kepulauan Seribu. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 338-346. Https://Doi.Org/10.31949/Jb.V1i4.448

Khaddage, F., Et Al. 2016. Advancing Mobile Learning In Formal And Informal Settings Via Mobile App Technology: Where To From Here, And How?. Journal Of Educational Technology & Society 19(3).

Kirbani, Budiyono, Dan Sutanto. (2013). Pengembangan Model Assessment For Learning (Afl) Melalui Penilaian Teman Sejawat Untuk Pembelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(2), 123-132.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra (Edisi Revisi). Yogyakarta: Bpfe

Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Suryandari, Ervin Tri. (2013). Performance Assessment Sebagai Instrumen Penilaian Untuk Meningkatkan Ketrampulan Proses Pada Praktikum Kimia Dasar Di Tadris Kimia. Phenomenon, 3(2), 19-34.

Suwandi, Sarwiji. 2011. Model-Model Asesmen Dalam Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka

Ting, Y.-L. 2012. The Pitfalls Of Mobile Devices In Learning: A Different View And Implications For Pedagogical Design. Journal Of Educational Computing Research 46(2): 119-134.

Wahyuningsih, R., Sri W., Dan Albertus D. L., (2016). Pengembangan Instrumen Self Assessment Berbasis Web Untuk Menilai Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Di Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 338-343.

Zheng, B., Et Al. (2013). Digital Writing And Diversity: The Effects Of School Laptop Programs On Literacy Processes And Outcomes. Journal Of Educational Computing Research 48(3): 267-299.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i3.9112

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.