Peningkatan Kemampuan Literasi Keuangan pada siswa SMP dan SMA melalui pembelajaran Business Model Canvas dengan Metode Mentoring.
Sari
ABSTRAK
Literasi dan Inklusi keuangan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, kendati begitu terdapat perbedaan yang cukup tinggi antara tingkat inklusi dan literasi masyarakat di Indonesia. Data tingkat literasi keuangan untuk tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mencapai 52,88% dan 46,61%, sementara inklusi keuangan mencapai 90,46% dan 80,61%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki akses keuangan namun belum paham mengenai fungsi dan resikonya. Menghadapi fenomena ini, muncul pemahaman akan pentingnya literasi keuangan sejak dini. Universitas Ciputra Surabaya bekerja sama dengan SMA Kristen Gloria 2 Surabaya dan SMP Happy Family School Surabaya mendukung adanya pembelajaran literasi keuangan di lingkungan sekolah. Metode pembelajaran yang digunakan pada pelatihan literasi keuangan ini adalah pendampingan yang menitikberatkan pada proses mentoring yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Adapun materi yang digunakan untuk mengajarkan literasi keuangan adalah Business Model Canvas dengan luaran tugas berupa worksheet hasil ideasinya. Metode penelitian dilakukan melalui uji coba terbatas dengan mengadaptasi model penelitian tindakan kelas. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Pengambilan data peningkatan kemampuan siswa diukur melalui pre-test, mid-test, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pada siswa SMA sebesar 68%, dan pada siswa SMP sebesar 33%. Peningkatan hasil ini memberikan kesimpulan bahwa materi Business Model Canvas dapat digunakan untuk mengajarkan literasi keuangan pada siswa SMP dan SMA, dan metode mentoring terbukti efektif meningkatkan kemampuan pembelajaran siswa mengenai literasi keuangan.
Kata Kunci: Keuangan, Business, Model, Canvas, Mentoring
ABSTRACT
Financial literacy and inclusion index in Indonesia is increasing every year. However, there was a gap between the inclusion and literacy levels, data on financial literacy levels for senior high school (SMA) and junior high school (SMP) levels reached 52.88% and 46.61%, while financial inclusion reached 90.46% and 80.61%. These data showed that the students had financial access, but did not understand its functions and risks. Facing this phenomenon, it is important to educate students about financial literacy from an early age. Ciputra University Surabaya in collaboration with SMA Kristen Gloria 2 Surabaya and SMP Happy Family School Surabaya, supported financial literacy learning in the school environment. The learning method used in this financial literacy training was mentoring, which focuses on the mentoring process carried out by college students. The material used to teach financial literacy was the Business Model Canvas with the output of the task in a form of Business Model Canvas worksheet based on the student’s ideations.mThe research method was carried out through limited trials by adapting the classroom action research model. The data collected was quantitative data. Data collection on students' ability improvement was measured through pre-test, mid-test, and post-test. The results showed that there was an increase in the ability of high school students by 68%, and in junior high school students by 33%. This increase concluded that the Business Model Canvas material can be used to teach financial literacy to junior and senior high school students, and the mentoring method has proven effective in increasing students' learning abilities regarding financial literacy.
Keywords: Business, Canvas, Financial, Mentoring, Model
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Andriyani, P., & Sulistyowati, A. (2021). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Tingkat Pendidikan Terhadap Perilaku Keuangan Pelaku Umkm Kedai/Warung Makanan Di Desa Bahagia Kabupaten Bekasi. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 61–70.
Andriyani, S. S., Budidharmanto, L. P., & Junianto, Y. (2022). Effects Of Financial Literacy And Financial Management Teaching On Financial Behavior (Student Study Of Hotel & Tourism Business Study Program). Primanomics: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 20(2), 139-148.
Anisyah, E. N., Pinem, D., & Hidayati, S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan Dan Financial Technology Terhadap Perilaku Keuangan Pelaku Umkm Di Kecamatan Sekupang. Mbr (Management And Business Review), 5(2), 310–324.
Budidharmanto, L. P., Soelistyo, E. E., & Andriyani, S. S. (2022). Modul Buku Ajar Business Plan For Hospitality. Penerbit Universitas Ciputra.
Desiyanti, R. (2017). Literasi Dan Inklusi Keuangan Serta Indeks Utilitas Umkm Di Padang. Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen, 2(02), 122-134.
Faridah, R., & Mubarak, Z. (2014). Hubungan Mentoring Dengan Keberhasilan Mahasiswa Ekonomi Syariah Pada Mata Kuliah Akuntansi. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 5(1).
Hariohoedojo, A., Budidharmanto, L. P., & Andriyani, S. S. (2022). Efektivitas Proses Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Keuangan Untuk Kepariwisataan.
Hilmawati, M. R. N., & Kusumaningtias, R. (2021). Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 10(1), 135–152.
Indrawati, M. (2016). Modul Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing Berbasis E-Learning. Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan Kompetensi Pegawai Asn Lembaga Administrasi Negara Ri. Https://Www. Slideshare. Net/Illangila/Pelatihan-Widyaiswara-Penyesuaianinpassing-Berbasis-Elearning.
Keuangan, O. J. (2022). Siaran Pers Survei Nasional Literasi Dan Inklusi Keuangan Tahun 2022. Sp 82/Dhms/Ojk/Xi.
Kurniawan, F. B., Hongdiyanto, C., Gunawan, L., Ongkowijoyo, G., & Pendidikan, P. (2022). Business Model Canvas Bagi Siswa-Siswi Sekolah Merlion. In Surabaya / Leecom (Vol. 4, Issue 1).
Manajemen, P. P. M. (2012). Business Model Canvas: Penerapan Di Indonesia. Penerbit Ppm, Indonesia.
Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Designing Business Models And Similar Strategic Objects: The Contribution Of Is. Journal Of The Association For Information Systems, 14(5), 3.
Ping, L. (2014). Apec Guidebook On Financial And Economic Literacy In Basic Education. Singapore: Asia-Pacific Economic Cooperation Secretariat.
Riwayati, H. E. (2017). Financial Inclusion Of Business Players In Mediating The Success Of Small And Medium Enterprises In Indonesia. International Journal Of Economics And Financial Issues, 7(4), 623–627.
Sari, B. P., Rimbano, D., Marselino, B., Sandy, C. A., & Hairum, R. R. (2022). Determinasi Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Usaha Umkm. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 6(3), 2840–2849.
Septiani, R. N., & Wuryani, E. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Sidoarjo. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(8), 3214.
Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, Dan Model Pembelajaran. Online) (Http://Smacepiring. Wordpress. Com).
(Us), F. I. F. On A.-R. S. (2008). Older Americans 2008: Key Indicators Of Well-Being.
Wardhana, A. (2014). Business Model Canvas Penerapannya Pada Industri Jasa Pertambangan Batubara Di Indonesia. Bandung: Pt. Karya Manunggal Lithomas.
Yanti, W. I. P. (2019). Pengaruh Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Umkm Di Kecamatan Moyo Utara. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1).
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i7.9989
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.