Peningkatan Keterampilan Pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) Menggunakan Media Bantu Video pada Mahasiswi Tingkat II Prodi Kebidanan Manokwari

Bahrah Bahrah, Deasy Erawati

Sari


ABSTRACT

 

Malaria is one of the institutional subjects in the D.III Midwifery Study Program Curriculum in Manokwari because it is an advantage of the study program, namely being able to provide family-based malaria midwifery care, so students are expected to have competence in providing malaria midwifery care, one of which is being able to carry out RDT examinations. The purpose of this study was to evaluate the rapid diagnostic test (RDT) examination skills using video-assisted media for female students of the Manokwari Midwifery Study Program. This study analyzes the skills of female students regarding RDT examinations after being given video media. This type of research is a quasy experimental research with a pre-test and post-test control group research design. The sample in this study was female midwifery Diploma III Manokwari semester IV as many as 20 respondents with a sampling technique using random sampling. This study analyzed the improvement of RDT examination skills before and after being given video media intervention for 14 days. The research instrument used was the RDT examination assessment checklist sheet. The data taken is primary data and data analysis using parametric and non-parametric tests. The results showed that there were differences in the scores of RDT examination skills before and after treatment in the intervention group with a p value <α value (0.05) and there were no differences in the scores of RDT examination skills before and after treatment in the control group with a p value > α (0.05). The conclusion is that video educational media about RDT examinations has an effect on improving the RDT examination skills of D.III Midwifery Manokwari female students after being given intervention.

 

Keywords : Skills, RDT Examination, Media Video.

 

 

ABSTRAK

 

Malaria merupakan salah satu mata kuliah institusional yang ada di Kurikulum Prodi D.III Kebidanan Manokwari karena merupakan keunggulan dari program studi yaitu mampu memberikan asuhan kebidanan malaria berbasis keluarga, sehingga diharapkan mahasiswa memiliki kompetensi dalam memberikan asuhan kebidanan malaria salah satunya mampu melakukan pemeriksaan RDT. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi keterampilan pemeriksaan rapid diagnostic test (RDT) menggunakan media bantu video pada mahasiswi tingkat II prodi kebidanan manokwari. Penelitian ini melakukan analisis keterampilan mahasiswi tentang pemeriksaan RDT setelah diberikan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian true experiment dengan rancangan penelitian control group pre test and post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswi kebidanan Diploma III Manokwari semester IV sebanyak 20 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Penelitian ini melakukan analisis peningkatan keterampilan pemeriksaan RDT sebelum dan setelah diberikan intervensi media video selama 14 hari. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar checklist penilaian pemeriksaan RDT. Data yang diambil merupakan data primer dan analisa data menggunakan uji parametrik dan non parametrik test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan skor keterampilan pemeriksaan RDT sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok intervensi dengan nilai p value < nilai α (0,05)  dan tidak terdapat perbedaan skor keterampilan pemeriksaan RDT sebelum dan sesudah perlakuan pada kelompok kontrol dengan nilai p value > nilai α (0,05). Kesimpulan yaitu media edukasi video tentang pemeriksaan RDT berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan pemeriksaan RDT Mahasiswi Prodi D.III Kebidanan Manokwari setelah diberikan intervensi.

 

Kata Kunci: Keterampilan, Pemeriksaan RDT, Media Video.


Kata Kunci


Keterampilan, Pemeriksaan RDT, Media Video

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162. https://doi.org/10.33366/cr.v6i2.929

Alydrus, N. L., & Marlin, M. (2020). Perbandingan Metode Mikroskopik dan Rapid Diagnostic Test Deteksi Plasmodium Penderita Malaria di Kota Ambon. J-HEST Journal of Health, Education …, 3, 38–42.

Damansyah, H., & Yunus, P. (2020). Pengaruh Edukasi Keterampilan Basic Life Support Menggunakan Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Keterampilan Mahasiswa Keperawatan Muhammadiyah Gorontalo. The Japanese Journal of Rehabilitation Medicine, 57(6), 571–573. https://doi.org/10.2490/jjrmc.57.571

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Perbandingan Kasus dan API 2019, 2020, 2021 2019. 2021.

Kurniawan, R. P. (2019a). Gambaran Pemeriksaan Malaria Menggunakan Rapid Diagnostic Test ( RDT ) Di Puskesmas Tanjung Kasuari dan Remu Kota Sorong. Jurnal Inovasi Kesehatan, 1(Oktober), 63–69.

Kurniawan, R. P. (2019b). Gambaran Pemeriksaan Malaria Menggunakan Rapid Diagnostic Test (RDT) Di Puskesmas Tanjung Kasuari dan Remu Kota Sorong Ryan. Jurnal Inovasi Kesehatan, 1.

Lisa, U. F., Hernowo, B. S., & Anwar, R. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Praktikum terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa dalam Penanganan Distosia Bahu di Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Using Video Media in Skill Laboratory f or Student ’ s Knowledge and. Journal Of Healthcare Technology and Medicine, 2(1), 46–58.

Mulat, T. C. (2016). Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Masyarakat Terhadap Penyakit Gastritis Di Wilayah Kerja Puskesmas Barombong Kota Makassar. 1(2013), 884–891.

Ritung, N., Pijoh, V. D., & Bernadus, J. B. B. (2018). Perbandingan Efektifitas Rapid Diagnostic Test (Rdt) Dengan Pemeriksaan Mikroskop Pada Penderita Malaria Klinis di Puskesmas Mubune Kecamatan Likupang Barat. Berkala Kedokteran Unlam, 6(2), 84–89.

Sustiyono, A. (2021a). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan. Faletehan Health Journal, 8(02), 71–76. https://doi.org/10.33746/fhj.v8i02.241

Sustiyono, A. (2021b). Perbedaan Efektifitas Metode Ceramah dan Media Video dalam Meningkatkan Pengetahuan Pembelajaran Praktikum Keperawatan Effectiveness Difference of Lecture Method and Video Use in Increasing Knowledge of Nursing Practice Learning. Faletehan Health Journal, 8(2), 71–76.

Waryana, W., Sitasari, A., & Febritasanti, D. W. (2019). Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energi kronik. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(1), 58. https://doi.org/10.30867/action.v4i1.154




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i10.10077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License