Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Manajemen Konflik Akomodasi, Negosiasi dan Kolaborasi Perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK.II Moh. Ridwan Meuraksa
Sari
ABSTRACT
The hospital is a health service that was formed to meet the demands of increasingly diverse patient needs because people are starting to realize the importance of health. This attitude requires the hospital to provide maximum service to its patients. Multi-disciplinary professions within the hospital environment that work together to achieve these goals. In this scope there will be interaction between one profession and another health profession. As in a high-quality collaborative team (Doris, 2019). To determine the Relationship between Emotional Intelligence and Conflict Management Accommodation, Negotiation and Collaboration of Inpatient Nurses at Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa in 2023. Method used by researchers to carry out a study that gives purpose to the course of research. The research design is determined according to the objectives and research hypotheses (Dharma, 2017). The results of bivariate analysis of emotional intelligence with accommodation conflict management obtained a p-value = 0.013 (<0.05). The results of the study can be concluded that the hypothesis Ha (Ho is rejected) or it can be interpreted that there is a significant (significant) relationship between emotional intelligence and accommodation conflict management. There is a relationship between emotional intelligence and accommodation conflict management, negotiation and nurse collaboration in sakura, carnation and nicu inpatient rooms at TK.II Moh. Ridwan Meuraksa in 2023 with a p-value = 0.002.
Keywords: Accommodation Conflict Management, Negotiation and Collaboration, Emotional Intelligence
ABSTRAK
Rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan yang dibentuk untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pasien yang semakin beragam karena masyarakat mulai menyadari arti pentingnya kesehatan. Sikap tersebut menuntuk rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasiennya. Multidisiplin ilmu profesi didalam lingkungan rumah sakit yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan tersebut. Suatu ruang lingkup tersebut akan terjadi interaksi antar satu profesi dengan profesi kesehatan yang lain. Seperti dalam tim kolaborasi yang berkualitas tinggi (Doris, 2019). Tujuan iiPenelitian iuntuk mengetahui Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Manajemen Konflik Akomodasi, Negosiasi dan Kolaborasi Perawat Ruang Rawat Inap di RS Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa tahun 2023. Metode Penelitian adalah metode yang digunakan peneliti untuk melaksanakan suatu penelitian yang memberikan tujuan terhadap jalannya penelitian. Desain penelitian ditetapkan menurut tujuan dan hipotesis penelitian (Dharma, 2017). Hasil analisa bivariat kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi diperoleh nilai p-value = 0,013 (< 0,05). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha ( Ho ditolak ) atau dapat diartikan terdapat hubungan yang bermakna (significant) antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi. Ada hubungan kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi, negosiasi dan kolaborasi perawat di ruang rawat inap sakura, anyelir dan nicu Rumah Sakit TK.II Moh. Ridwan Meuraksa Tahun 2023 dengan nilai p-value = 0,002.
Kata Kunci: Manajemen Konflik Akomodasi, Negosiasi dan Kolaborasi, Kecerdasan Emosional
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ardiana, A. (2010). Universitas Indonesia Hubungan Kecerdasan Emosional Perawat Dengan Perilaku. 1–177.
Ardiana, A. (2010). Universitas IndonesiaHubunganKecerdasan Emosional Perawat Dengan Perilaku. 1–177.
Azhar, Bayu, Dewi Elizadiani Suza, YesiAriani,FakultasKeperawatan, And Universitas Sumatra Utara.(2019).“HubunganKecerdasanEmosionalDengan Gaya.” JurnalPerawatIndonesia3(2):159–66.
Başoğul, C., & Özgür, G. (2016). Role Of Emotional Intelligence In ConflictManagementStrategies OfNurses.AsianNursingResearch,10(3),228233. Https://Doi.Org/10.1016/J.Anr.2016.07.002
Devipriya; Sripirabaa; Benazir. (2017). Investigating The Competency Mapping Among The Operators In An Auto Component Organisation. July.
Fikriansyah, M., Mulyatini, N., & Faruk,M.(2022).PengaruhEmotionalIntelligenceDanManajemen Konflik Terhadap Prestasi Kerja Pegawai (Suatu Studi Pada Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis).
Goleman,D.(2004).EmotionalIntelligence.MengapaEq Lebih Penting Daripada Iq. Cetakan-14. Ahli Bahasa:Hermaya.Jakarta:Gramedai Pustakautama.
Gulo, A. R. B. (2019). Pengaruh PelaksanaanManajemenKonflik OlehKepalaRuanganPadaMotivasi Kerja Perawat Pelaksana Di Rumah Sakit Martha Friska Medan. IndonesianTrustHealth Journal, 2(1), 113-120.
George, & Ealias. (2012). Emotional IntelligenceAndJobSatisfaction. Asia Pacific Business Review, 5(2),109115. Https://Doi.Org/10.1177/097324700900500209
Iglesias, M. E. L., & Vallejo, R. B. D. B. (2012). Confl Ict Resolution StylesInThe Nursing Profession. Contemporary Nurse, 43(1), 7380. Https://Doi.Org/10.5172/Conu.2012.43.1.73
Kartikasari, R. (2022). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Manajemen Konflik Pada Mahasiswa Universitas X Di Kota Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Kumala, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Pada KinerjaKaryawanYangDimediasi Oleh Gaya Manejemen Konflik KolaborasiDanKompromi (Studi PadaKaryawanPerumPerhutani DivisiRegionalJawaTengah).SkripsiTidakDipubikasikan.
Marlina, Iin, And Agustinus Riyanto. (2022). “Hubungan Kecerdasan Emosi Terhadap Kemampuan Manajemen Konflik Para Perawat.” Jurnal Keperawatan Sriwijaya 9(1):1–6. Doi: 10.32539/Jks.V9i1.147.
Masitah, S. I. (2022). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Gaya Manajemen Konflik Pada PasanganYangMelakukanPernikahanDini (DoctoralDissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).
Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan (Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan) (5th Ed). Salemba Medika.
Pedhu, Yoseph. (2020). “Gaya ManajemenKonflik Seminaris.” Jurnal Konseling Dan Pendidikan 8(1):38–47. Doi: 10.29210/141000.
sitanggang, King Deston, Arlina Nurbaity Lubis, And Sri Eka Wahyuni. (2022). “Kecerdasan EmosionalBerhubungan Dengan Manajemen Konflik Perawat.” Jurnal Keperawatan 14(1):61–70.Doi:10.32583/Keperawatan.V14i1.18.
Suganda, T., Huda, K. K., Suwahyu, R., & Septiani, N. (2022). Gaya Manajemen Konflik Perawat ManajerDiRumahSakit:ImplikasiManajemenKeperawatan Di Masa Pandemi Covid-19. Asjn (Aisyiyah Surakarta Journal Of Nursing), 3(1), 1-11.
Suganda, T., Huda, K. K., Suwahyu, R., & Septiani, N. (2022). Gaya Manajemen Konflik Perawat Manajer Di Rumah Sakit: ImplikasiManajemenKeperawatan Di Masa Pandemi Covid-19. Asjn(AisyiyahSurakartaJournal Of Nursing), 3(1), 1-11.
Setiawan, L. (2019). Manajemen Dengan Kecerdasan Emosional Di Rumah Sakit.
Sari, T. D., & Widyastuti, A. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan EmosiDenganKemampuanManajemenKonflikPada Istri. Jurnal Psikologi, 11(1), 49-54.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i1.10622
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License