Hubungan Waktu Tanggap Kegawatdaruratan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Bekasi
Sari
ABSTRACT
The development of health services reflects efforts to adapt to the global world, marked by intense competition between public and commercial hospitals. Customers have access to sufficient information and can choose from a variety of alternative services in a highly competitive environment. Basuki (2015) stated that in order for hospitals to be able to outperform their competitors to get new clients, they must be able to offer superior health services so as to satisfy patients and families. Emergency response time on the level of patient satisfaction in the Emergency Room of the Bekasi District Hospital in 2023. The research design used in this research is correlational by using the cross sectional study method or research conducted where the collection of all variables is carried out at one and the same time.From the results of bivariate analysis, a p value = 0.004 (p<0.05) was obtained, so that it can be said that there is a significant relationship between response time and patient satisfaction at the Emergency Room at Bekasi Regency Hospital in 2023. From the results of the bivariate analysis, it was obtained a p value = 0.004 (p <0.05), it can be concluded that there is a significant relationship between response time and the level of patient satisfaction at the Emergency Room at the Bekasi Regency Hospital in 2023.
Keywords: Emergencies, Satisfaction Level
ABSTRAK
Perkembangan layanan kesehatan mencerminkan usaha untuk beradaptasi dengan dunia global, ditandai dengan persaingan ketat antara rumah sakit publik maupun komersial. Pelanggan memiliki akses ke informasi yang cukup dan dapa memilih dari berbagai layanan alternatif di lingkungan persaingan yang ketat. Basuki (2015) menyatakan bahwa agar rumah sakit mampu mengungguli pesaing mereka untuk mendapatkan klien baru, harus mampu menawarkan layanan kesehatan unggul sehingga memuaskan pasien serta keluarga. Waktu tanggap kegawatdaruratan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD RSUD Kabupaten Bekasi Tahun 2023. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional dengan menggunakan metode penelitian cross sectional study atau penelitian yang dilakukan dimana pengambilan dari semua variabel dilakukan pada satu waktu yang bersamaan. Dari hasil analisa bivariat diperoleh nilai p value = 0,004 (p<0,05), sehingga dikatakan terdapat hubungan yang signifikan pada waktu tanggap dan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Bekasi pada tahun 2023. Dari hasil analisa bivariat diperoleh nilai p value = 0,004 (p<0,05), dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara waktu tanggap dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD Kabupaten Bekasi pada tahun 2023.
Kata Kunci: Kegawatdaruratan, Tingkat Kepuasan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Akhirul, T., & Fitriani, N. F. (2020). Hubungan Rensponse Time Pelayanan Instalasi Gawat Darurat (Igd) Dengan Tingkat KepuasanPasien.263271.Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.30651/Jkm.V0i0.5332
Anatolia, K. D., Maria, S., Sisilia, L. C., & Theresia, A. K. (2019). Response Time Nurses In Providing Services With Patient Satisfaction Installed Emergency Department. Jurnal Kesehatan Primer, 4(2), 76–83. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.5281/Jkp.V4i2.345
Andini, N. A., Plasay, M., & Malik, Muh. Z. (2020). Hubungan Waktu Tanggap Pelayanan Kegawatdaruratan Dengan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien Di Igd Rsup Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.
Astar, F., Tamsah, H., & Kadir, I. (2018). Pengaruh Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Takalala Kabupaten Soppeng. In Journal Of Management (Vol. 1, Issue 2). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37531/Yum.V1i2.231
De Steenwinkel, M., Haagsma, J. A., Van Berkel, E. C. M., Rozema, L., Rood, P. P. M., & Bouwhuis, M. G. (2022). Patient Satisfaction, Needs, And Preferences Concerning Information Dispensation At The Emergency Department: A Cross-Sectional Observational Study. International Journal Of Emergency Medicine, 15(1), 5. Https://Doi.Org/10.1186/S12245-022-00407-7
Deji-Dada, O. O., Dada, S. A., Ogunlusi, J. D., & Solomon, O. A. (2021). Patients’ Satisfaction With Emergency Care Services In A University Teaching Hospital In South-West, Nigeria. African Journal Of Emergency Medicine, 11(2), 321324.Https://Doi.Org/10.1016/J.Afjem.2021.03.015
Firmansyah, M. A., & Mahardhika, B. W. (2018). Pengantar Manajemen (1st Ed., Vol. 1). Deepublish Publisher.
Hariyanto, S., Mataputun, D. R., & Yunding, J. (2021). Asuhan Keperawatan Gawat Darurat. Yayasan Kita Menulis.
Hidayat, A. A. A. (2014). Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. Salemba Medika.
Hidayat, N., Ahsan, A., Rahayu, M., & Lestari, R. (2020). Response Time, Waiting Time And Service Quality In Emergency Department.InternationalJournal Of Public Health Science (Ijphs),9(3),199.Https://Doi.Org/10.11591/Ijphs.V9i3.20435
Karaca, A., & Durna, Z. (2019). Patient Satisfaction With The Quality Of Nursing Care. Nursing Open, 6(2), 535–545. Https://Doi.Org/10.1002/Nop2.237
Kemenkes, (2009). Standar Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit.
Kurniati, A., Trisyani, Y., & Theresia, Iwi I. M. (2018). Keperawatan Gawat Darurat Dan Bencana. Elsevier.
Malara, R., Muliady, & Naser, R. W. A. M. (2015). Hubungan Faktor-Faktor Eksternal Dengan Response Time Perawat Dalam Penanganan Pasien Gawat Darurat Di Igd Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. 3, 1–8.
Mamik.(2015). Buku Ajar Manajemen Keperawatan (A. Priyanto, Ed.). Zifatama Publisher.
Messina, G., Vencia, F., Mecheroni, S., Dionisi, S., Baragatti, L., & Nante, N. (2014). Factors Affecting Patient Satisfaction With Emergency Department Care: An Italian Rural Hospital. Global Journal Of Health Science,7(4).Https://Doi.Org/10.5539/Gjhs.V7n4p30
Mulugeta, H., Wagnew, F., Dessie, G., Biresaw, H., & Habtewold, T.D.(2019).PatientSatisfaction With Nursing Care In Ethiopia: A Systematic Review And Meta-Analysis. Bmc Nursing, 18(1), 27.Https://Doi.Org/10.1186/S12912-019-0348-9
Munawir, I. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 17(3), 15–22. Https://Doi.Org/10.33221/Jikes.V17i3.155
Nursalam.(2013).MetodologiPenelitianIlmuKeperawatan:Pendekatan Praktis (: Peni Puji Lestari, Ed.; 5th Ed.). Salemba Medik.
Nursalam. (2017). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam PraktikKeperawatanProfesional (A. Suslia, Ed.; 4th Ed.). Salemba Medika.
Oini, O., Komalasari, R., & Hasibuan, S. Y. (2019). Level Of Patient Satisfaction With Service Nursing In The Institution Unit [Tingkat Kepuasan Pasien TerhadapPelayananKeperawatan Di Unit Rawat Inap]. Nursing Current: Jurnal Keperawatan, 5(2),50.Https://Doi.Org/10.19166/Nc.V5i2.1707
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Nomor 47 Tahun 2018 Tentang Kewajiban Rumah Sakit Dan Kewajiban Pasien.
Pollak, Aehlert, & Elling. (2018). Nancy Caroline’s Emergency Care In The Stree. Jones & BartlettLearning International.
Prahmawati, P., Rahmawati, A., & Kholina, K. (2021). Hubungan ResponseTime Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di Instalasi Gawat Darurat Rsud DemangSepulau Raya Lampung Tengah.JurnalWacanaKesehatan,6(2),69.Https://Doi.Org/10.52822/Jwk.V6i2.281
Resa Saputri Kuryadinata, Rohmah, M., & Zahra Maulida Septimar. (2022).HubunganWaktuTanggap Pelayanan Kegawatdaruratan DenganTingkatKepuasanKeluargaPasienDiUnit Gawat Darurat. Jurnal Kesehatan Panrita Husada,7(1),1627.Https://Doi.Org/10.37362/Jkph.V7i1.708
Sherman, Scott C., Weber, J. M., Schindlbeck, M. A., & Patwari, R.G.(2014).Clinical Emergency Medicine.McGrawHillEducatio
Soleimanpour, H., Gholipouri, C., Salarilak, S., Raoufi, P., Vahidi, G. R., Rouhi, A. J., Ghafouri,R.R.,&Soleimanpour, M.(2011).EmergencyDepartment Patient Satisfaction Survey In Imam Reza Hospital, Tabriz, Iran. International Journal Of Emergency Medicine, 4(1), 1–7.Https://Doi.Org/10.1186/1865-1380-4-2
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i2.10673
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License