Kunci Sukses Meningkatkan Kepuasan Pasien dengan Kinerja dan Komunikasi Perawat
Sari
ABSTRACT
In Indonesia, the performance of nurses is still poor and another concern for patients when receiving services is communication with the nurses themselves. In several studies, patient satisfaction was published that, in 2013 it was low in Kenya and India, in Indonesia itself in Central Maluku and West Sumatra it was also low. Nurses are always beside patients during hospital treatment, nurse performance determines the success of patient care and communication helps healing go better. Determine the relationship between nurse performance and communication with the level of patient satisfaction in the surgical inpatient room at the Pertamina Bintang Amin Hospital. The type of research used in this research is quantitative. The design in this study uses an analytical survey design with a cross sectional approach. The majority of respondents are pre-elderly, the most gender is male, the highest education level is elementary school, and the most jobs are laborers and housewives. The results of the analysis of nurse performance with patient satisfaction levels show a p-value of 0.000 (<0.05 ), The results of the analysis of nurse communication with the level of patient satisfaction showed a p-value of 0.007 (<0.05). There is a relationship between nurse performance and communication with the level of patient satisfaction in the surgical inpatient room at Pertamina Bintang Amin Hospital, Bandar Lampung.
Keywords: Nurse Performance, Nurse Communication, Patient Satisfaction Level
ABSTRAK
Di indonesia kinerja perawat masih buruk dan salah satu kekhawatiran lain pasien pada saat menerima pelayanan adalah komunikasi pada perawat itu sendiri. Dalam beberapa penelitian kepuasan pasien dipublisikan bahwa, pada tahun 2013 di Kenya dan India rendah, di Indonesia sendiri di Maluku Tengah dan Sumatera Barat juga rendah. Perawat selalu berada di samping pasien selama perawatan dirumah sakit, kinerja perawat sangat menentukan keberhasilan perawatan pasien dan komunikasi membantu penyembuhan berjalan lebih baik. Diketahui hubungan antara kinerja dan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien diruang rawat inap bedah Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Rancangan dalam penelitian ini mengggunakan desain survey analtik dengan pendekatan cross sectional. Mayoritas responden memiliki usia pra lanjut usia, jenis kelamin terbanyak adalah laki-laki, tingkat pendidikan terbanyak adalah SD, dan pekerjaan terbanyak adalah buruh dan ibu rumah tangga (DLL), Hasil analisis kinerja perawat dengan tingkat kepusana pasien menunjukan p-value 0,000 (<0,05), Hasil analisis komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien menunjukan nilai p-value 0,007 (<0,05). Terdapat hubungan antara kinerja dan komunikasi perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap bedah rumah sakit pertamina bintang amin bandar lampung.
Kata Kunci: Kinerja Perawat, Komunikasi Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aisy, R. D. (2019). Pentingnya Kinerja Perawat Dalam Melakukan Pelaksanaan Langkah-Langkah Menuju Keselamatan Pasien.
Ayu, S. A. (2016). Hubungan Kinerja Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RS Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2016. Holistik Jurnal Kesehatan, 10(4), 188-194.
Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 15(2), 73-84.
Fardhoni, F., Sedjati, R. S., & Permana, I. S. (2021). Pengaruh Pelayanan Keperawatan, dan Kinerja Perawat terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Sanur-Kuta Rumah Sakit Sumber Kasih Cirebon. Jurnal Keperawatan BSI, 9(1), 10-17.
Ikhlashiah, Azura.(2013). Skripsi Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mutu Pelayanan Keperawatan Diruang Rawat Jalan Rumah Sakit Adenin Adenan Medan. Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sumatera Utara Medan.
Hajriani. (2013). Skripsi Hubungan Komunikasi Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Yang Dirawat Diruang Perawat Bedah RSUD Hj Makassar. UIN Allaudin Makasar
Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal of Health Sciences, 8(2).
Kurniadi, A. (2013). Manajemen Keperawatan Dan Prospektifnya : Teori, Konsep Dan Aplikasi Edisi 1. Jakarta : Penerbit Badan Penerbit DKUI, Indonesia.
Likita, I.B.K. (2015). Skripsi Hubungan Kinerja Perawat Dalam Tindakan Keperawatan Demham Kepuasan Pasie Di Ruang Rawat Inap Penyakit Dalam RSUD Dr.H.Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2015. Bandar Lampung.
Muhith, A & Siyoto, S. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. Yogyakarta : penerbit ANDI (Anggota IKAPI)
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : PT Rineka Cipta
NURLINA, D. (2018). Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pasien instalasi gawat darurat Rumah Sakit TNI AD Tk Iv 02.07. 04 Bandar Lampung tahun 2017 (Doctoral dissertation, Institut Kesehatan Helvetia Medan).
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional Edisi 4. Jakarta : Penerbit Salemba Medika
Rusnoto, R., Purnomo, M., & Utomo, T. P. (2019). Hubungan Komunikasi Dan Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(2), 343-349.
Supriadi, S. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja Perawat di Rumah Sakit Islam PDHI Yogyakarta. Health Sciences and Pharmacy Journal, 1(1), 30-37.
Pohan, Imbalo S. (207). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta : Buku Kedokteran EGC
Popy, M. R. (2019). Analisis pengaruh faktor kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga tiket terhadap kepuasan penumpang ka argo muria jurusan semarang tawang–jakarta gambir. Skripsi.
Putra, A. (2016). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin, 2013. Jurnal Ilmu Keperawatan, 1(1).
Ukkas, I. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja industri kecil kota palopo. Kelola: Journal of Islamic Education Management, 2(2).
Zainaro, M. A., & Nurhidayat, M. (2020). Pengaruh kinerja petugas kesehatan pada tingkat kepuasan pasien. Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), 187-19
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i12.10812
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License