Analisis Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang

Cicih Widaningsih, Melissa Putri Ramadhena

Sari


ABSTRACT

 

Language is a developmental aspect that plays an important role in the lives of early childhood so that they are able to use language to be understood both passively and actively to communicate effectively. The results of a preliminary study in Kalangsurya Village, Rengasdengklok District, Karawang Regency in February 2023 in 10 children aged 4 and 5 years found that 6 of them did not develop according to their proper age. Knowing the analysis of language development in early childhood in Kalangsurya Village, Rengasdengklok District, Karawang Regency. This research is a quantitative analytic study with a cross sectional design. The sample in this study were mothers who had early childhood aged 3-6 years as many as 75 people using the accidental sampling technique. Data were analyzed using the Chi Square test. The results of the univariate study were mostly early childhood children with normal language development 81.3% and 66.7% high stimulation. The results of the bivariate study showed that there was a relationship between stimulation and language development in early childhood with a p value = 0.000. There is a relationship between stimulation and language development in early childhood. It is hoped that mothers can increase their knowledge by seeking information about how to provide good stimulation to their children under five, besides that mothers actively ask health workers about their child's development so that mothers know and correct deficiencies that mothers have in educating children so that their development can develop optimally.

 

Keywords: Stimulation, Language Development, Early Childhood

 

 

ABSTRAK

 

Bahasa adalah aspek perkembangan yang berperan penting dalam kehidupan anak usia dini agar mampu menggunakan bahasa untuk dipahami baik secara pasif maupun digunakan secara aktif untuk berkomunikasi secara efektif. Hasil studi pendahuluan di Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang pada bulan Februari 2023 pada 10 anak berusia 4 dan 5 tahun ditemukan 6 diantaranya perkembangannya tidak sesuai dengan umur yang seharusnya. Mengetahui analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini di Desa Kalangsurya Kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang mempunyai anak usia dini usia 3-6 tahun sebanyak 75 orang dengan teknik accidental sampling. Data dianalisis menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian univariat sebagian besar anak usia dini dengan perkembangan bahasa normal 81,3% dan pemberian stimulasi tinggi 66,7%. Hasil penelitian bivariat ada hubungan antara pemberian stimulasi dengan perkembangan bahasa pada anak usia dini dengan nilai p value = 0,000. Ada hubungan antara pemberian stimulasi dengan perkembangan bahasa pada anak usia dini. Diharapkan ibu dapat meningkatkan pengetahuannya dengan cara mencari informasi tentang cara memberikan stimulasi yang baik pada anak balitanya, disamping itu ibu aktif menanyakan kepada petugas kesehatan tentang perkembangan anaknya agar ibu mengetahui dan memperbaikin kekurangan yang dimiliki ibu dalam mendidik anak agar perkembangannya dapat berkembang secara optimal.

 

Kata Kunci: Stimulasi, Perkembangan Bahasa, Anak Usia Dini

 


Kata Kunci


Stimulasi; Perkembangan Bahasa; Anak Usia Dini

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adriana, & Dian. (2011). Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Salemba Medika.

Anggraini, N. (2020). Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasan Dan Sastra, 7(1).

Baliwati, Y. F. (2019). Pengantar Pangan dan Gizi. Penerbit Swadaya.

Desmita. (2019). Psikologi Perkembangan. Remaja Rosdakarya.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat Tahun 2020.

Fernando. (2021). Hubungan Stimulasi Orang Tua Terhadap Perkembangan Bicara dan Bahasa Anak Usia Batita. JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 3(2).

Hasanah. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Stimulasi Bahasa Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia 1-3 Tahun di Desa Lengkong Kecamatan Mumbulsari Kabupaten Jember. Journal of Agromedicine and Medical Sciences, 5(3).

Hati, F. C., & Lestari, P. (2019). Pengaruh Pemberian Stimulasi pada Perkembangan Anak Usia 12-36 Bulan di Kecamatan Sedayu, Bantul. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 4(1).

Hidayat, A. A. (2019). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. EGC.

Hurlock, E. B. (2019). Psikologi Perkembangan (5th ed.). Erlangga.

Indiarti, M. (2018). Kehamilan, Persalian & Perawatan bayi. Diglossia Media.

Irianti, I. (2019). Buku Ajar Psikologi untuk Mahasiswa Kebidanan. Mandar Maju.

Kartono, K. (2020). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Mandar Maju.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Pemantauan Pertumbuhan, Perkembangan, dan Gangguan Tumbuh Kembang Anak. Pub. L. No. Nomor 66 Tahun 2019, (2019).

Notoatmodjo, S. (2020). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta.

Pitaya. (2020). Hubungan Stimulasi Perkembangan dengan Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun di TK Aba Pasekan Sleman Yogyakarta. Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Setiyaningrum, E. (2019). Buku Ajar Tumbuh Kembang Anak Usia 0-12 Tahun. Indonesia Pustaka.

Sobur, A. (2020). Filsafat Komunikasi. Remaja Rosdakarya.

Soedjatmiko. (2018). Tumbuh Kembang Anak. EGC.

Soeparmanto. (2017). Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Kesehatan Dasar.

Soetjiningsih, & Ranuh. (2019). Tumbuh Kembang Anak. Laboratorium Ilmu Kesehatan Anak. Universitas Airlangga.

Sofian, D. N. (2019). Nutrisi Otak Untuk Bayi. Gudang Ilmu.

Suherman. (2019). Perkembangan Anak. EGC.

Sulistyawati, A. (2019). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Salemba Medika.

Supartini, Y. (2019). Buku Ajaran Konsep Dasar Keperawatan Anak. EGC.

Yuniarti, S. (2021). Asuhan Tumbuh Kembang Neonatus Bayi-Balita dan Anak Prasekolah. Refika Aditama.

Yusuf, S. (2019). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i3.11027

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License