Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan Ibu Hamil tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan

Endah Mulyaningsih, Sukarni Setya Ningsih

Sari


ABSTRACT

 

The First 1000 Days of Life period is a period that determines the quality of life in the future, where the consequences for babies at this time are permanent and cannot be corrected, therefore this period is often referred to as the "golden period". The movement for the first 1000 days of life is directed at reducing the proportion of stunted children under five (40%), reducing the proportion of children under five suffering from wasting to less than 5%, reducing the proportion of babies born with low birth weight by 30%, there is no increase in the proportion of children born with low birth weight. experience more nutrition, reduce the proportion of women of childbearing age who suffer from anemia (50%), and increase the percentage of mothers who give exclusive breastfeeding for 6 months. Knowing the effect of health education on knowledge of pregnant women about the first 1000 days of life Quasi-experimental with a one group pretest-posttest design. The sample in this study were all pregnant women who underwent pregnancy checks at Tugu Koja Hospital Jakarta from 01 to 07 June 2023 as many as 35 people. The sampling technique used the total sampling technique. The majority of pregnant women before receiving health education had less knowledge (60.0%) and after receiving health education the majority had good knowledge (57.1%). There is an effect of health education on knowledge of pregnant women about the first 1000 days of life with a p.value of 0.000. There is an influence of health education on knowledge of pregnant women about the first 1000 days of life. It is expected that pregnant women can improve nutrition in the first 1000 days of life to fulfill the nutritional needs of mothers and their babies. Keywords: Health Education, Knowledge, The first 1000 Days of Life

 

 

ABSTRAK

 

Periode 1000 Hari Pertama Kehidupan merupakan periode yang menentukan kualitas hidup dimasa yang akan datang, dimana akibat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi, oleh karena itu periode ini sering disebut sebagai “periode emas”. Gerakan 1000 hari pertama kehidupan diarahkan untuk menurunkan proporsi anak balita stunting (40%), menurunkan proporsi anak balita yang menderita kurus (wasting) kurang dari 5%, menurunkan proporsi bayi lahir dengan berat badan rendah sebesar 30%, tidak ada kenaikan proporsi anak yang mengalami gizi lebih, menurunkan proporsi wanita usia subur yang menderita anemia (50%), dan meningkatkan prosentase ibu yang memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil tentang 1000 hari pertama kehidupan. Quasi eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest desig.. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan di RSUD Tugu Koja Jakarta dari tanggal 01 s/d 07 Juni 2023 sebanyak 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Mayoritas ibu hamil sebelum mendapatkan pendidikan kesehatan berpengetahuan kurang (60,0%) dan sesudah mendapatkan pendidikan kesehatan mayoritas berpengetahuan baik (57,1%). Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil tentang 1000 hari pertama kehidupan dengan nilai p.value 0,000. Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu hamil tentang 1000 hari pertama kehidupan. Diharapkan Ibu hamil dapat meningkatkan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan untuk terpenuhinya kebutuhan gizi ibu dan bayinya.

 

Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, 1000 HPK


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anugrahini, C., Fouk, M. F. W., Asa, S. M. S., & Naiboho, J. A. (2024). 1000 Hari Pertama Kehidupan (Hpk) Pada Ibu Hamil Dan Keluarga Beresiko Stunting Di Desa Kabuna Haliwen Atambua Nusa Tenggara Timur. Budimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1).

Ariati, L. I. P. (2019). Faktor-Faktor Resiko Penyebab Terjadinya Stunting Pada

Balita Usia 23-59 Bulan. Oksitosin: Jurnal Ilmiah Kebidanan, 6(1), 28–37.

Arikunto, S. (2018). Manajemen Penelitian. Rineka Cipta.

Dewi, R., Evrianasari, N., & Yuviska, I. A.(2020). Kadar Hb, Lila Dan Berat Badan Ibu Saat Hamil Berisiko Terhadapkejadian Stunting Pada Anak Usia 1-3 Tahun. Jurnal Kebidanan Malahayati, 6(1), 57–64

Emelia, N., Sangkai, M. A., & Frisilia, M. (2023). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Di Puskesmas Kereng Bangkirai Kota Palangka Raya: The Relationship Of Mother's Knowledge About The First 1000 Days Of Life With Stunting Events In Toddlers At The Community Health Center Kereng Bangkirai Palangka Raya City. Jurnal Surya Medika (Jsm), 9(1), 165-174.

Hanindita, M. (2018).Mommyclopedia Tanya-Jawabtentang Nutrisi Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hartini, L., Widiyanti, D., Maigoda, T. C., Yanniarti, S., & Yulyana, N. (2023). Kehamilan Sehat Untuk Cegah Stunting Pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (Hpk). Penerbit Nem.

Hidayati Ulfa, (2022). Pengaruh Edukasi 1000 Hari Pertama Kehidupan (Hpk) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Wanita Usia Subur (Wus). Journal Of Holistic Nursing And Health Science Volume 5, No. 2, November 2022 (Hal. 169-177)

Kemenkes Ri. (2019). Laporan Nasional Riskesdas 2018. In Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan (P. 674). Http://Labdata.Litbang. Kemkes.Go.Id/Images/Download/Laporan/Rkd/2018/Laporan_Nasional_Rkd2018_Final.Pdf

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2017). Kualitas Manusia Ditentukan Pada 1000 Hari Pertama Kehidupannya. Artikel Publikasi, 2017. Www.Kemenkes.Go.Id

Lesmana, H. A. (2023). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Pijat Bayi Di Puskesmas Kabanjahe Kabupaten Karo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Arta, 3(1), 40-Sd.

Lilis Susanti, (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Booklet Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan. Jurnal Delima Harapan. Volume 8 Nomor 2 September 2021

Massiani, M., Lestari, R. M., & Prasida, D. W. (2023). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Diet Pada Penderita Diabetes Mellitus Di Puskesmas Kereng Bangkirai: The Corellation Of Knowledge Level With Diet Compliance In Diabetes Mellitus Patiients At Keeng Bangkirai Puskesmas. Jurnal Surya Medika (Jsm), 9(1), 154-164.

Muawanah, N., Sartika, A. N., Vida, C., Sari, N. K., Yusnita, E. N. E., Sutrisna, M. A., ... & Taher, V. A. (2023, December). Peningkatan Pengetahuan Asi Eksklusif Dan Mpasi Gizi Seimbang Pada Ibu Hamil Dan Ibu Balita Dalam Rangka Optimalisasi 1000 Hpk Di Wilayah Duren Jaya, Kota Bekasi. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Snpm) (Pp. 52-57).

Notoatmodjo, S. (2018). Pendidikan Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan Edisi 2018. Jakarta: Rineka Cipta

Notoatmodjo, S. (2018). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Rostanti, A. I., & Murniati, M. (2024). Penyuluhan Kesehatan Tentang 1000 Hari Pertama Kehidupan Bagi Ibu Hamil Di Puskesmas Jeruklegi 1. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(2).

Sunarsih, T. (2020). Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Program 1000 Hari Pertama Kehidupan Dengan Stimulasi Anak Dalam Kandungan. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia 19(1), 2020

Vriarindani, A. (2023). Faktor-Faktor Pencegahan Stunting Dengan Mempersiapkan 1000 Hpk (Hari Pertama Kehidupan): Systematic Review. Healthy Tadulako Journal (Jurnal Kesehatan Tadulako), 9(3), 313-321.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i6.11036

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License