Hubungan Peer Group Support dengan Perilaku Memilih Jajanan Sehat Pada Anak Sekolah (Kelas VI) di Sdn Jatikramat VI Kota Bekasi

Rana Sandrina, Yulia Agustina

Sari


ABSTRACT

 

The behavior of school-age children tends not to be able to sort and choose which snacks are healthy and which are unhealthy. When children are at school, friends play an important role in choosing snacks and parents play an important role in educating children to choose healthy snacks and try to bring provisions. Analyzing and identifying the relationship between peer group support and the behavior of choosing healthy snacks in school-age children (class VI) at SDN Jatikramat VI Bekasi City. Researchers used a cross sectional analytic survey method. The total population of 44 with 40 respondents obtained the results of the Chi Square test showing that there was a relationship between peer group support and the behavior of choosing snacks in grade VI school children at SDN Jatikramat VI Bekasi City in 2023 with a P value of 0.06 (p <0.05).There is a significant relationship between peer group support and the behavior of choosing snacks in class VI students at SDN Jatikramat VI, Bekasi City.

 

Keywords: School Children, Peer Group Support, Behavior of Choosing Snacks

 

 

ABSTRAK

 

Perilaku anak usia sekolah cenderung belum bisa memilah dan memilih mana jajanan sehat dan tidak sehat.  Saat anak disekolah, teman berperan penting dalam pemilihan jajanan dan orang tua berperan penting dalam mendidik anak untuk memilih jajanan sehat serta mengupayakan untuk membawa bekal. Menganalisis dan mengidentifikasi hubungan peer group support dengan perilaku memilih jajanan sehat pada anak usia sekolah (kelas VI) di SDN Jatikramat VI Kota Bekasi. Peneliti menggunakan metode survei analitik cross sectional Jumlah populasi keseluruhan 44 dengan 40 responden mendapatkan hasil uji Chi Square menunjukan adanya hubungan peer group support dengan perilaku memilih jajanan pada anak sekolah kelas VI di SDN Jatikramat VI Kota Bekasi pada tahun 2023 dengan P value 0.06 (p<0.05). Ada hubungan yang signifikan antara peer group support dengan perilaku memilih jajanan pada siswa-siswi kelas VI di SDN Jatikramat VI Kota Bekasi.

 

Kata Kunci: Anak Sekolah, Peer Group Support, Perilaku Memilih Jajanan


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Afifah, B. E. A. (2022). Pengaruh Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Perilaku Menyimpang Siswa Kelas VII dan VIII SMP Negri 5 Ngawi. In Braz Dent J. (Vol. 33, Issue 1).

Amira, K. A., & Stefania, W. S. (2021). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Sekolah Dasar Dalam Pemilihan Jajanan Sehat: Literature Review. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 16(2), 130–138. https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130-138

Anjani, D., Rahayu Noviati, P., & Rohimat, M. (2021). Hubungan Pemilihan Jajanan Sehat dalam Mengembangkan Perilaku Hidup Sehat Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar.

Fahira, D. (2021). Hubungan peer support dengan penyesuaian diri pada individu yang menikah muda di kecamatan ulee kareng kota banda aceh. 1–124.

Kiki, F., Candrawati, E., & Putri, R. M. (2018). Pengaruh Pendidikan KesehatanTerhadapPeningkatan Pengetahuan Dalam Pemilihan Jajan Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Journal Nursing News, XI(1), 31–37.

Lindawati. (2019). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Jajan Sehat.Medikes(Media Informasi Kesehatan), 6(1), 61–68.

Manalu, H. S. P., & Suudi, A. (2017). KajianImplementasi Pembinaan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) untuk Meningkatkan Keamanan Pangan: Peran Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan Kota. Media Penelitian Dan PengembanganKesehatan,26(4),249256.https://doi.org/10.22435/mpk.v26i4.5734.249-256

Marliani. (2016). Psikologi perkembangan anak dan remaja (1st ed.). Pustaka Setia. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1146642

Nashiha, L., Taufiq, S., & Iqbal, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Anak Tentang Jajanan Sehat Dengan Kebiasaan Jajan. http://jurnal.sdl.ac.id/index.php/dij/

NISA, C. (2022). Hubungan Perilaku Jajan Dengan Status Gizi Anak Sekolah Dasar Di SDN Kedondong2KecamatanTulangan Kabupaten Sidoarjo. 1, 1–27.

Pratiwi, N. P. I. M. (2021). Gambaran Perilaku Mengatasi Nyeri Reumatik pada Lanjut Usia di Desa Mengwitani Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Tahun 2021. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Rahmiati, B. F. (2021). Hubungan Peran Teman dengan Pemilihan Jajanan pada Siswa Sekolah Dasar. Nutriology : Jurnal Pangan,Gizi,Kesehatan, 2(1), 8794.https://doi.org/10.30812/nutriology.v2i1.1240

Ratnaningtyas, L. A., Tukiyo, I. W., & Agustin, H. (2021). Hubungan tingkat pengetahuan tentang gizi, peer group dan uang saku dengan pemilihan jajanan pada siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Promkes, 3(2), 77–86. https://doi.org/10.12928/promkes.v3i2.4857

Rina, O. (2020). (2020). Intervensi Pendidikan Gizi Terhadap Body Mass Index (BMI) Pada Anak Usia SekolahDenganObesitas.File:///C:/Users/VERA/Downloads/ASKEP_AGREGAT_ANAK_and_REMAJA_PRINT.Docx, 21(1), 1–9.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak - Anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 - 7 Tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Safitri, ifa nita. (2018). Peer Group Support dengan Perilaku Memilih Jajanan pada Anak Usia Sekolah. 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Sari, M. (2019). Peran Teman Sebaya dalam Membentuk Kepribadian Siswa MI MA’ARIF Singosaren Ponorogo. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Sari, M. H. (2017). Pengetahuan Dan Sikap Keamanan Pangan Dengan Perilaku Penjaja Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Journal of Health Education, 2(2), 163–170.

Seprina, Z., Fitria, E., & Rulen, B. N. (2022). Peningkatan Pengetahuan Anak Tentang Jajanan Sehat Pada Siswa Sd Negeri 018 Mayang Pongkai. Jurnal Menara Pengabdian, 1(2),97100.https://doi.org/10.31869/jmp.v1i2.3096

Tiara, S. K., & Sari, E. Y. (2019). Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum2013DiSdn1Watulimo.EduHumaniora|JurnalPendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1), 21.https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.11905

Wijayanti, M. (2021). Deteksi Dini Dan Stimulasi Perkembangan Usia Sekolah. EJournal, 4–11.

Yuliana Br Purba, A., & Derang, I. (2022). Gambaran Perilaku Anak Usia Sekolah Dalam Jajan Sembarangan Di Desa Kuta Gugung Kec. Naman Teran Kab. Karo Sumatera Utara. Jurnal Sahabat Keperawatan, 4(2), 80–86.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i3.11051

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License