Penurunan Stres Akademik dengan Terapi Musik Instrumental Frekuensi 432 Hertz pada Mahasiswa Keperawatan Kota Pontianak: Studi Quasy Experimental

Dwin Seprian, Nurul Hidayah, Masmuri Masmuri

Sari


ABSTRACT

 

In Indonesia, the incidence of academic stress among students reaches a prevalence of 55% and the risk increases every year. Academic stress in nursing students is related to the demands of fulfilling their competency achievements from the lecture process and field practice. Music therapy, sound frequencies from instruments have an important role in influencing brain waves. The frequency of 432 Hertz is a frequency that is close to the natural frequency in humans and is most widely used in sound healing. Music with a frequency of 432 Hertz with slow tempo rhythms and melodies has a physical and mood relaxing effect. This study aims to determine the effectiveness of 432 Hertz frequency instrumental music therapy in reducing academic stress for Pontianak city nursing students. This research method is a quasi experiment with a pre-test post-test approach without control group with a total of 60 respondents. The sampling method uses Accidental Sampling. Marginal Homogeneity statistical test to see changes in academic stress variables before and after being given instrumental music therapy with a frequency of 432 Hertz. Based on the results of the Marginal Homogeneity test analysis, it shows a p-value: 0.000 (p>0.05), which means that there is effectiveness of 432 Hertz frequency instrumental music therapy in reducing academic stress in Pontianak city nursing students. This research shows that instrumental music therapy with a frequency of 432 Hertz is effective in reducing the academic stress of Pontianak city nursing students.

 

Keywords: Music Therapy, Frequency 432 Hertz, Academic Stress

 

 

ABSTRAK

 

Di Indonesia, angka kejadian stres akademik pada mahasiswa mencapai prevalensi 55% dan mempunyai resiko semakin bertambah setiap tahunnya. Stres akademik pada mahasiswa keperawatan berkaitan dengan tuntutan pemenuhan capaian kompetensinya dari proses perkuliahan dan praktik lapangan. Terapi musik frekuensi suara dari instrumen memiliki peranan penting dalam mempengaruhi gelombang otak. Frekuensi 432 Hertz adalah frekuensi yang mendekati frekuensi alami pada manusia dan paling banyak digunakan di dalam sound healing. Musik dengan frekuensi 432 Hertz dengan irama dan melodi tempo pelan memiliki efek relaksasi fisik dan mood. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas terapi musik instrumental frekuensi 432 Hertz terhadap penurunan stres akademik mahasiswa keperawatan kota Pontianak. Metode penelitian ini adalah quasy experiment dengan pendekatan pre-test post-test without control group dengan jumlah 60 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling. Uji statistik Marginal Homogeneity untuk melihat perubahan variabel stres akademik sebelum dan sesudah diberikan terapi musik instrumental dengan frekuensi 432 Hertz. Berdasarkan hasil analisis uji Marginal Homogeneity menunjukkan nilai p-value: 0,000 (p>0,05) yang dapat diartikan bahwa ada efektivitas terapi musik instrumental frekuensi 432 Hertz terhadap penurunan stres akademik mahasiswa keperawatan kota Pontianak. Penelitian ini menunjukkan terapi musik instrumental frekuensi 432 Hertz efektif dalam penurunan stres akademik mahasiswa keperawatan kota Pontianak.

 

Kata Kunci: Terapi Musik, Frekuensi 432 Hertz, Stres Akademik


Kata Kunci


Kesehatan Masyarakat

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stress Akademik Dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal Of Ners And Midwifery), 6(2), 241–250. Https://Doi.Org/10.26699/Jnk.V6i2.Art.P241-250

Aravena, P. C., Almonacid, C., & Mancilla, M. I. (2020). Effect Of Music At 432 Hz And 440 Hz On Dental Anxiety And Salivary Cortisol Levels In Patients Undergoing Tooth Extraction: A Randomized Clinical Trial. Journal Of Applied Oral Science,28,18.Https://Doi.Org/10.1590/1678-7757-20190601

Astarini, M. I. A., Yusuf, A., & Purwaningsih, P. (2017). Relationship Centered Care Dengan Metode Preceptorship Untuk Menurunkan Stres Dan Meningkatkan Perilaku Caring Mahasiswa Profesi Ners. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes.

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal For Health Sciences,4(2),59.Https://Doi.Org/10.24269/Ijhs.V4i2.2641

Calamassi, D., & Pomponi, G. P. (2019). Music Tuned To 440 Hz Versus 432 Hz And The Health Effects: A Double-Blind Cross-OverPilotStudy.Explore,15(4)283290.Https://Doi.Org/10.1016/J.Explore.2019.04.001

De Witte, M., Pinho, A. Da S., Stams, G. J., Moonen, X., Bos, A. E. R., & Van Hooren, S. (2022). Music Therapy For Stress Reduction:ASystematic Review And Meta-Analysis. Health PsychologyReview,16(1),134159.Https://Doi.Org/10.1080/17437199.2020.1846580

Di Nasso, L., Nizzardo, A., Pace, R., Pierleoni, F., Pagavino, G., & Giuliani, V. (2016). Influences Of 432 Hz Music On The Perception Of Anxiety During EndodonticTreatment:ARandomizedControlled Clinical Trial. JournalOfEndodontics,42(9),13381343.Https://Doi.Org/10.1016/J.Joen.2016.05.015

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi,M.N.F.(2021).Penyesuaian Diri Dan Stres Akademik MahasiswaTahunPertama.Motiva:JurnalPsikologi,4(1), 11–17.

Flynn,K.(2017).PerfectPitch.Preservation,69(4),6364.Https://Doi.Org/10.1525/Jpms.2021.33.1.137

Fradinta, A., Pramana, Y., & Fradianto, I. (2022). Gambaran TingkatStresAkademikMahasiswaProgramStudiKeperawatanFakultasKedokteran Universitas Tanjungpura Dalam Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 13(2), 51–66.

Gayatri, P. R., Pratiwi, W. N., & Pujiastutik,Y.E.(2022).PengaruhTerapiMusikMozart Terhadap Penurunan. 6.

Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. H. (2017). Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa ProgramStudiIlmuKeperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas TribhuwanaTunggadewiMalang. Nursing News, 2(3), 220–229.

Hatmanti, N. M., & Septianingrum, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik MahasiswaKeperawatan.Jurnal Ilmiah Keperawatan (Scientific JournalOfNursing),5(1),4046.Https://Doi.Org/10.33023/Jikep.V5i1.217

Labrague, L. J., Mcenroe-Petitte, D. M., De Los Santos, J. A. A., & Edet, O. B. (2018). Examining Stress Perceptions And Coping Strategies Among Saudi Nursing Students: A Systematic Review. Nurse Education Today, 65(October 2017), 192–200.Https://Doi.Org/10.1016/J.Nedt.2018.03.012

Lal, K. (2014). Academic Stress Among Adolescent In Relation ToIntelligenceAndDemographicFactors.AmericanInternational Journal Of Research In Humanities, Arts And Social Sciences, 5(1), 123–129.

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres Akademik MahasiswaDalam Melaksanakan Kuliah Daring Selama Masa Pandemi Covid 19. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 10(1), 31.

Menziletoglu, D., Guler, A. Y., Cayir, T., & Isik, B. K. (2021). Binaural Beats Or 432 Hz Music? Which Method Is More Effective For Reducing Preoperative Dental Anxiety? Medicina Oral Patologia Oral Y Cirugia Bucal, 26(1),E97E101.Https://Doi.Org/10.4317/Medoral.24051

Mutakamilah, M., Wijoyo, E. B., Yoyoh, I., & ... (2021). PengaruhTerapiMusikTerhadap Penurunan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Selama Proses Penyusunan Tugas Akhir: Literature Review. Jurnal BeritaIlmu…,14(2),120132.Https://Journals.Ums.Ac.Id/Index.Php/Bik/Article/View/13670

Russo, C., Russo, A., Gulino, R., Pellitteri, R., & Stanzani, S. (2017). Effects Of Different Musical Frequencies On Npy And Ghrelin Secretion In The RatHypothalamus.BrainResearch Bulletin, 132, 204–212.

Sagita, D. D., & Rhamadona, W. (2021). Perbedaan Stres Akademik Antara Mahasiswa Tahun Awal Dan Mahasiswa Tahun Akhir. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 4(1), 47–54.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). HubunganSelfEfficacyDanStresAkademikMahasiswa.Consilium:BerkalaKajianKonselingDanIlmu Keagamaan, 6(2), 91–95.

Turner, K., & Mccarthy, V. L. (2017). Stress And Anxiety Among Nursing Students: A Review Of Intervention Strategies In Literature Between 2009 And 2015.NurseEducationInPractice,22,2129.Https://Doi.Org/10.1016/J.Nepr.2016.11.002

Wahyuni, W., Khasanah, I. U., & Suratih, K. (2020). Musik BinauralBeatsTerhadapPenurunanStresDalamMenyusunSkripsiPadaMahasiswaSarjanaKeperawatan Surakarta. Gaster, 18(2),216.Https://Doi.Org/10.30787/Gaster.V18i2.588




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i10.11122

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License