Hubungan Fasilitas dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung

Ria Mualifah, Aryanti Wardiyah, M. Ricko Gunawan

Sari


ABSTRACT

 

Preliminary data from 15 patients found that 10 respondents (66.7%) were dissatisfied with the availability of service facilities at RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo, the patient said that if the nurse performed the infusion change and release the infusion without carrying a tray, the nurse would only bring a bowl and a container of alcohol cotton. In addition, patients also complain of hard patient beds, uncomfortable linens/sheets. Then 5 other respondents (33.3%) were satisfied with the facilities provided by the Hospital, including the availability of clean bathrooms, the availability of litter boxes, good ventilation and lighting. To determine the relationship between the facility and the level of patient satisfaction in the inpatient room of RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. This type of research uses quantitative, the research design uses a survey with a cross sectional approach. P The population in this study were clients who were hospitalized in Room E4 RSUD DR. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung City in November as many as 320 respondents. The sampling technique uses purposive sampling. Univariate and bivariate data analysis The sample in this study used the slovin formula so that a sample of 178 respondents was obtained. This research was conducted in July 2023. Data analysis used the univariate and bivariate tests using the chi square test. Most of the respondents stated that the facilities were in the good category, 91 respondents (51.1%). Most of the respondents stated patient satisfaction in the satisfied category as many as 100 respondents (56.2%). The results of data analysis using the chi square test obtained a p-value = 0.000 (<α 0.05), which means that there is a relationship between facilities and the level of patient satisfaction in the inpatient room of RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. It is also hoped that medical personnel and paramedics need to provide appropriate services according to establi

 

Keywords: Facilities, Satisfaction Level, Patients

  ABSTRAK 

Data pendahuluan dari 15 pasien ditemukan 10 responden (66,7%) memiliki rasa kurang puas dengan ketersediaan fasilitas pelayanan di RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo, pasien menyebutkan jika perawat melakukan tindakan penggantian infus dan pelepasan infus tanpa membawa baki, perawat hanya membawa bengkok dan wadah kom kapas alkohol. Selain itu pasien juga mengeluhkan bed pasien yang keras, laken/ sprei yang tidak nyaman. Kemudian 5 responden lainnya (33,3%) memiliki rasa puas dengan fasilitas yang diberikan oleh Rumah Sakit, meliputi tersedianya kamar mandi yang bersih, tersedianya kotak sampah, ventilasi dan pencahayaan yang baik. Untuk mengetahui hubungan fasilitas dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif, rancangan penelitian menggunakan survey dengan pendekatan cross sectional. P Populasi dalam penelitian ini adalah klien yang melakukan rawat inap di Ruang E4 RSUD DR. A. Dadi Tjokrodipo Kota Bandar Lampung pada bulan November sebanyak 320 responden.  Teknik sampling menggunakan purposive sampling.  Analisa data univariat dan bivariat Sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin sehingga didapat sampel 178 responden. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli tahun 2023. Analisa data menggunakan uji univariate dan bivariate menggunakan uji chi square. Sebagian besar responden menyatakan fasilitas dengan kategori baik sebanyak 91 responden (51,1%). Sebagian besar responden menyatakan kepuasan pasien dengan kategori puas sebanyak 100 responden (56,2%). Hasil analisa data menggunakan uji chi square didapat nilai p-value = 0.000 (< α 0,05) yang artinya ada hubungan fasilitas dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUD Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Diharapkan pula, bagi tenaga medis dan para medis perlu memberikan pelayanan yang tepat sesuai prosedur yang ditetapkan seperti memberikan perhatian kepada setiap pasiennya dan memberi informasi kesehatan yang jelas kepada pasien.

 

Kata Kunci: Fasilitas, Tingkat Kepuasan, Pasien


Kata Kunci


Fasilitas, Tingkat Kepuasan, Pasien

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Makassar. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 5(2), 165-181.

Ardiputra, S., & Prawira, M. R. (2020). Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571: Kualitas Pelayanan Publik pada Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571. PubBis: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis, 4(2), 136-146.

Arifin, S., Rahman, A., Muhyi, R., Putri, A. O., & Hadianor, H. (2019). Hubungan usia, tingkat pendidikan, fasilitas kesehatan dengan kepuasan pasien di puskesmas muara laung. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(2).

Butar-Butar, J., & Simamora, R. H. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Ners Indonesia, 6(1), 50-63.

Darmin, D. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Tingkat KepuasanPasien Di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu. MIRACLE Journal, 1(2), 29-35.

Faisal, T. (2020). Sanitasi Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Langsa. Jurnal Edukes: Jurnal Penelitian Edukasi Kesehatan, 3, 254-259.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian diapotek. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit.

Kementerian Kesehatan RI. 2018. Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI.

Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal of Health Sciences, 8(2)

Krisnawati, T., Utami, N. W., & Lasri, L. (2017). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Nursalam, M. K. (2018). Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika, Jakarta.

Nursalam, P. D. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (PP Lestari (ed.).

Permenkes, R. I. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia

Prima, A., & Achadi, A. (2022). Kepuasan Pengguna Alat Ortotik Prostetik: Systematic Literatur Review. Journals of Ners Community, 13(5), 568-576.

Pulungan, R. M., Fithri, N. K., Priyambodo, R., Novitasari, S., & Wiradati, M. (2021). Gambaran Kondisi Kesehatan Berdasarkan Data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Kota Bekasi. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 30-44.

Rachman, A. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Kompensasi Terhadap Komitmen Organisasi (Studi kasus pada PT. BPR Syariah Shadiq Amanah) (Doctoral dissertation, Program Studi Magister Manajemen S2 Pasca Sarjana Universitas Widyatama).

Ritonga, I. L., & David, M. (2020). Hubungan Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura RumahSakitUmum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 6(2), 128-135.

Sudibyo, A. R. (2014). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di RSIA Srikandi IBI JemberTahun 2014.

Suwuh, M. K., Maramis, F. R., & Wowor, R. E. (2018). Hubungan Antara Kualitas Jasa Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Walantakan Kecamatan Langowan Utara. Kesmas, 7(3).

Tugi, G., Mm, P., Fuadi, D. U., & Banten, D. S. (2020). Vol. 16 No. 1 Februari 2020 Issn: 1693-9549 Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Tambahan Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Kapal Penyebrangan Di Pt. Trisakti Lautan Mas Cabang Bakauheni, Lampung, 75, 75-83.

Walukow, D. N., Rumayar, A. A., & Kandou, G. D. (2019). Hubungan Kualitas Jasa Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Pineleng Kabupaten Minahasa. Kesmas, 8(4).

Yanti, N. (2013). Gambaran Kepuasan Pasien Terhadap Fasilitas dan Pelayanan Keperawatan di Ruang Rawat Inap RSUD Andi Djemma Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan. Makassar: FIK UIN [Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Islam Negeri] Sultan Alauddin. Tersedia secara online juga di: http://repositori. uin-alauddin. ac. id/3131/1/Nur% 20Yanti_70300109053_Keperawatan_Fikes_opt. pdf [diakses di Wamena, Papua, Indonesia: 9 Februari 2018].




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i5.11840

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor