Analisis Hambatan Belajar Secara Metode Zoom Pada Mahasiswa Keperawatan Selama Masa Pandemi Covid 19 di Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2019 – 2023
Sari
ABSTRACT
Learning problems during the pandemic experienced changes and problems where students were required to study at home using zoom media. Data on the number of nursing students for the 2019-2021 period at Malahayati University, a total of 154 people. About 56% of students experience problems with lack of knowledge and mastery of material in zoom activities, while 44% are due to factors from the internet network in the learning room which is difficult to access. The purpose of this research is to find out the learning barriers using the zoom method for nursing students during the Covid 19 pandemic at the Malahayati University in Bandar Lampung in 2023. The research will be carried out in February 2023 at the Nursing Study Program, Faculty of Health, Malahayati University, Bandar Lampung. This type of observational analytic research with a quantitative research design and cross sectional approach. The research was conducted using primary data from a questionnaire. The frequency distribution of online learning barriers based on internal factors was very high category 49 (44.1%), high barriers 21(18.9%) moderate barriers 14 (12.6%), very low barriers 16 (14.4%), very low barriers 11 (9.9%). Frequency distribution of online learning barriers based on external factors with very high category 49 (36.9%), high barriers 17(15.3%) moderate barriers 21 (18.7%) respondents, very low barriers 19 (17.1%) ), very low resistance 13 (11.7%). The conclusion is that there are learning barriers using the zoom method for nursing students during the Covid 19 pandemic at the University of Malahayati Bandar Lampung in 2023. It is expected to be able to increase understanding of learning techniques using zoom media.
Keywords: Online Barriers, Covid 19, Internal and External Barriers
ABSTRAK
Masalah pembelajaran pada masa pandemi mengalami perubahan dan masalah dimana mahasiswa diharuskan untuk belajar di rumah dengan menggunakan media zoom. Data jumlah mahasiswa/i perawat periode 2019-2021 di Universitas Malahayati, sejumlah 154 orang.Dari sekitar 56% mahasiswa mengalami masalah kurangan pengetahuan dan menguasai materi dalam kegiatan zoom, sedangkan 44% dikarenakn faktor dari jaringan internet di ruangan pemberlajaran susah untuk di akses. Tujuan untuk mengetahui hambatan belajar secara metode zoom pada mahasiswa keperawatan selama masa pandemi Covid 19 Di Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2023. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2023 di Program Studi Keperawatan Fakultas Kesehatan Universitas Malahayati Bandar Lampung. Jenis penelitian analitik observasional dengan desain penelitian kuantitatif dan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data primer dari kuesioner. Distribusi frekuensi hambatan belajar secara daring berdasarkan faktor internal kategori sangat tinggi 49 (44,1%), hambatan tinggi 21(18,9%) hambatan sedang 14 (12,6%), hambatan rendah 16 (14,4%), hambatan sangat rendah 11 (9,9%). Distribusi frekuensi hambatan belajar secara daring berdasarkan faktor eksternal dengan kategori sangat tinggi 41 (36,9%), hambatan tinggi 17(15,3%) hambatan sedang 21 (18,7%) responden, hambatan sangat rendah 19 (17,1%), hambatan sangat rendah 13 (11,7%). Ada hambatan belajar secara metode zoom pada mahasiswa keperawatan selama masa pandemi Covid 19 Di Universitas Malahayati Bandar Lampung Tahun 2023. Diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mengenai teknik pembelajaran menggunakan media zoom
Kata Kunci: Hambatan Metode Zoom, Covid 19, Hambatan Internal Dan Eksternal
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Arikunto Suhaimi. (2016), Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Assidiqi, M.H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303.
Astini, B.N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pembelajaran ilmiah bertema lingkungan hidup bagi anak usia dini korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6.
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M.N. (2015). Esensi menyiapkan bahan pembelajaran online. Terbitkan dalam-dalam.
Basilaia & Kvavadze, (2020). Transisi ke Pendidikan Daring di Sekolah selama Pandemi Coronavirus SARS-CoV-2 (COVID-19) di Georgia
Cascella M, (2020). Tocilizumab untuk pasien pneumonia COVID-19. Percobaan prospektif TOCIVID-19 lengan tunggal
Dewi Wahyu Aji Fatma, (2020), Dampak Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Jurnal Pendidikan, Vol 2 No 1 April,
Firmansyah Muhammad Arie, (2017), Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Statistika, Jurnal Pendidikan Matematika JPPM, Vol 10.No2.
Firman, F & Rahayu, S. (2020), Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia (IJES), Vol 2, No(2).
Fitriyani Yani, Irfan Fuazi, Mia Zultrianti Sari, (2020), Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan, Vol.6,No.2.
Findyartini et al (2020) Evaluasi Persepsi dan Kompetensi Pendidikan Interprofesi Mahasiswa dalam Rotasi Klinis
Hariyanti Dewi, Arinal Haq, Nurul Hidayat, (2020), Identifikasi Kendala Siswa Dalam Melaksanakan Pembelajaran Biologi Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember, Jurnal Pendidikan Biologi [Vol. 1, No. 1, Januari-Juni.
Handayani, (2020) “Respirologi Indonesia. Majalah Resmi Ikatan Dokter Paru Indonesia Jurnal Resmi Perhimpunan Respirologi Indonesia
Hakim, S.A., & Syofyan, H. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi Belajar IPA di Kelas IV SDN Kelapa Dua 06 Pagi Jakarta Barat. Jurnal Internasional Pendidikan Dasar, 1(4), 249-263.
Hasan, Rasmani, H. Ngatiyo, and H. Aunurrahman. (2013). “Penerapan Tongkat Bicara Untuk Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPA Kelas III SDN 04 Pontianak.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 2.1
Hermawan, (2017). Pengembangan Buku Ajar Bahasa Jepang Keperawatan Untuk Siswa Kelas X Semester Genap SMK Kesehatan Vidya Usadha Singaraja
Hidayati Syaifatul, (2020), Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pemulang dalam Mengikuti Kuliah Daring Selama Masa Kuliah Seminar Proposal Penelitian Pada Masa Pandemi Civid19, Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol.4, No.1.
Jamaludin Dindin, Teti Ratnasari, dkk, (2020), Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Coronavirus (Covid-19)-Rev-5. Jakarta : Kementerian Kesehatan Republik Indonesia;
Leung, A.A., Nerenberg, K., Daskalopoulou, S.S., McBrien, K., Zarnke, K.B., Dasgupta, K., ... & Force, C.G.T. (2016). Pedoman Program Pendidikan Hipertensi Kanada 2016 Hipertensi Kanada untuk pengukuran tekanan darah, diagnosis, penilaian risiko, pencegahan, dan pengobatan hipertensi. Jurnal Kardiologi Kanada, 32(5), 569-588.
Maulana Hutomo Atman, Muhammad Hamidi, (2020), Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Praktikum Pendidikan Vokasi. Jurnal Pendidikan. Vol. VIII. Edisi 2. Juni-Desember.
Nurchayati, Syafiq, M., Noviana Khoirunisa, R., & Darmawanti, I. (2021). Strategi Coping Mahasiswa Dalam Menghadapi Perubahan Sistem Perkuliahan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Terapan, 11(3), 293–303.
Notoadmojo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Oktaviarini, (2015). Penerapan Model Creative Problem Solving dalam Pembelajaran Panas untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi
Prasetyo Rian, (2015), Analisis Hambatan Belajar Pada Mata Pelajaran Teknologi Mesin Program Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta, Jurnal Pendidikan Vokasi Teknik Mesin Vol 3, No.2.
Putro Khamin Zarkasih, dkk. (2020), “Pola interaksi antara anak dan orang tua selama kebijakan belajar di rumah”. Jurnal Pendidikan Islam. Vol, 1 No. 1 Juli.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C.C., Wijayanti, L.M., & Putri, R.S. (2020). Kajian eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran daring di sekolah dasar. EduPsyC
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i6.12009
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License