Dukungan Orang Tua Berhubungan dengan Prestasi Belajar Anak di Masa Pandemi Covid-19

Marwan Marwan, Pariyem Pariyem, Revy Dwi Rachmadany

Sari


ABSTRACT

 

With so many people infected with Corona Virus Disease (COVID-19), the government issued a regulation on Large-Scale Social Restrictions which resulted in the teaching and learning process which is now conducted online. With these rules, parental support is needed in the child's learning process at home. Parental support is assistance given to children, especially in learning. To analyze the relationship between parental support and children's learning achievement during the COVID-19 pandemic at SDN Kartoharjo 1 Magetan. The approach used is cross sectional. The sample used by some students at SDN Kartoharjo 1 was 60 respondents, the sampling technique used cluster random sampling. From the research conducted the majority of parental support is very high with very good children's learning achievement as many as 16 respondents (26.7%). The results of the Rank Sperman test show a significant value value = 0.020 (p value = 0.020 <0.05), which means that there is a relationship between parental support and learning achievement with a coefficient of r = 0.301 which indicates a sufficient relationship. H0 is rejected and H1 is accepted, meaning that there is a relationship between parental support for children's learning achievements during the COVID-19 pandemic at SDN Kartoharjo 1 Magetan. Therefore, parental support is needed to improve children's learning achievement.

 

Keywords: Parental Support, Learning Achievement

 

 

ABSTRAK

 

Dengan banyaknnya masyarakat yang terinfeksi Corona Virus Disease COVID-19 pemerintah mengeluarkan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar yang berakibat pada proses belajar mengajar yang sekarang dilakukan secara online. Dengan adanya aturan tersebut dukungan orang tua diperlukan dalam proses belajar anak di rumah. Dukungan orang tua adalah bantuan yang diberikan kepada anak terutama dalam belajar. Menganalisis hubungan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar anak di masa pandemi covid-19 di SDN Kartoharjo 1 Magetan. Pendekatan yang digunakan adalah Cross sectional. Sampel yang digunakan  sebagian siswa di SDN Kartoharjo 1 sebanyak 60 responden, tehnik sampling menggunakan cluster random sampling. Dari penelitian yang dilakukan Mayoritas dukungan orang tua sangat tinggi dengan prestasi belajar anak sangat baik sebanyak 16 responden (26,7%). Hasil uji Rank Sperman menunjukkan nilai signifikan ρ value = 0,020 (p value=0,020<0,05), yang berarti ada hubungan antara dukungan orang tua dengan prestasi belajar dengan nilai koefisien r = 0,301 yang menunjukkan hubungan cukup. H0 ditolak dan H1 diterima berarti ada hubungan dukungan orang tua terhadap prestasi belajar anak di masa pandemi COVID-19 di SDN Kartoharjo 1 Magetan. Oleh karena itu, dukungan orang tua sangat diperlukan untuk meningkatkan prestasi belajar anak.

 

Kata Kunci: Dukungan Orang tua, Prestasi belajar


Kata Kunci


Dukungan Orang tua, Prestasi belajar

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Hidayah, F. N. (2012). Hubungan Antara Dukungan Orang tua Dengan Motivasi Belajar Siswa Di SD Negeri Bumi I Laweyan Surakarta.

Ibrahim, Dewi Isra, Irwan Cahyadi, Rini Anggriani, and Abdurrahim Abdurrahim. (2020). “Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Selama Penggunaan E-Learning Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bumigora).” Target: Jurnal Manajemen Dan Bisinis 2(2):265–78.

Kartikawati, Luluk. (2015). “Pengaruh Profesi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Semester Gasal SD Negeri Sigit 3.”

Kurniati, Euis, Dina Kusumanita Nur Alfaeni, and Fitri Andriani. (2020). “Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):241. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.541.

Melisa, Putri Viola, and E. D. Putra. (2021). “Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Mimbar Ilmu 26(2):339. doi: 10.23887/mi.v26i3.39317.

Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah. 1st ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metode Penelitian Kesehatan. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Padila. (2015). Buku Ajar : Keperawatan Keluarga. 2nd ed. Yogyakarta: haikhi.

Pratiwi, Noor Komari. (2017). “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Smk Kesehatan Di Kota Tangerang.” Pujangga 1(2):31. doi: 10.47313/pujangga.v1i2.320.

Pratiwi, Rita Dwi. (2018). “Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Sltp Negeri 6 Yogyakarta.” Edu Dharma Journal: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2(1):30. doi: 10.52031/edj.v2i1.35.

Putrie, C. A. R., & Fauzia, M. (2019). Pengaruh Dukungan Sosial Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Angkasa Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 9(2), 177. https://doi.org/10.24036/011068980

Raihan. (2019). “Penerapan Reward Dan Punishment Dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA Di Kabupaten Pidie The Implementation of Rewards and Punishments within The Islamic Religious Education Learning in SMA ( Public Senior High Schoo.” DAYAH: Journal of Islamic Education 2(1):115–30.

Safitri, Faradilla, and Cut Yuniwati. (2016). “Pengaruh Motivasi Dan Dukungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Tingkat II Prodi D-III Kebidanan Universitas Ubudiyah Indonesia The Effect of Motivation and Family Support on Learning Achievement of D-III Product Level II Students of Ubudiyah .” Journal of Healthcare Technology and Medicine 2(2):154–61.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pendidikan Dan Dakwah, 2(2), 278–288.

Sari, Tita Tanjung. (2020). “Self-Efficacy Dan Dukungan Keluarga Dalam Keberhasilan Belajar Dari Rumah Di Masa Pandemi Covid-19.” Education Journal : Journal Educational Research and Development 4(2):127–36. doi: 10.31537/ej.v4i2.346.

Silalahi, Ulber. (2018). Metodologi Analisis Data Dan Interpretasi Hasil. 1st ed. edited by N. F. A. Bandung: PT Refika Aditama.

St.Khadijah Basir. (2021). Peran Orang Tua Dalam Proses Belajar Anak Di Rumah Pada Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Desa Panciro Kabupaten Gowa). Vol. 13.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. 17th ed. Bandung: ALFABETA, CV.

Suiraoka, Putu, Ni Nyoman Budiani, and I. G. A. Dewi Sarihati. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Bidang Kesehatan. pertama. Yogyakarta: Pustaka Panasea.

Supriyadi, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Dan Dukungan Orangtua Pada Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Prestasi Belajar Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Thamrin, 4(2), 56–69. https://doi.org/10.37012/jipmht.v4i2.434

Supriyono, Widodo, and H. Abu Ahmadi. (1991). Psikologi Belajar. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryana, Yaya. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Susilo, Mahyu Hendri, Bakhri, and Revian Body. (2015). “Hubungan Dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Pariaman.” Jurnal Education Buuilding 1(1):176–84.

Wulandari, Yuniar, Darmiany Darminany, and Husniati Husniati. (2020). “Hubungan Dukungan Orangtua Dalam Belajar Anak Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas IV SDN Gugus III KecamatanSandubaya Tahun Ajaran 2017/2018.” Indonesian Journal of Teacher Education 1(1):1–6.

Yulianto, M. S. F. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar Negeri 1 Ringinagung Kecamanatan Magetan Kabupaten Magetan.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i6.12050

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License