Pengaruh Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi Terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene Balita di Posyandu

Anang Anang, Nia Daniati

Sari


ABSTRACT

 

The learning method used to increase knowledge is through counseling, counseling using picture agenda media, one of the health services that can be provided to normal children and children with special needs in order to improve the health of their teeth and mouth. Usually the agenda must contain pictures so that it influences the child's interest. Picture agendas/books are considered to be more able to motivate children to learn because picture agendas are presented with text and illustrations or pictures, are easy to use, can clarify a problem, can help with supervision and observation, and are more realistic. However, there are drawbacks, namely that the size is very limited for large groups and only emphasizes eye sensory perception. Generally, to measure the oral hygiene of children under five, an index is used, namely Personal Hygiene Performance Modified (PHP-M). The aim of the research is to analyze the influence of using daily agenda media with pictures of brushing teeth on maternal knowledge and oral hygiene (PHP-M) among toddlers at the Posyandu, Mulyasari Village, Tamansari District, Tasikmalaya City. This research uses quasi-experimental research with a one group pre-post test design without a control group, where the experimental group is seen pretest before the intervention and posttest after the intervention, so that the results of the treatment can be known more accurately. The posttest results of the experimental class were higher compared to the control class and the significance value was 0.000, thus there was an influence of using daily agenda media with pictures of brushing teeth on maternal knowledge and oral hygiene (PHP-M) among toddlers at Posyandu. The research results show that there is an influence of using daily agenda media with pictures of brushing teeth on maternal knowledge and oral hygiene (PHP-M) among toddlers at Posyandu.

 

Keywords: Illustrated Daily Agenda Media, Knowledge, Toddler Oral Hygiene

 

 

ABSTRAK

 

Metode pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan pengetahuan yaitu dengan penyuluhan, penyuluhan menggunakan media agenda bergambar salah satu pelayanan kesehatan yang dapat diberikan kepada anak normal maupun anak berkebutuhan khusus agar dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulutnya biasanya agenda harus mengandung gambar sehingga mempengaruhi minat anak. Agenda/buku bergambar dianggap lebih dapat memotivasi anak – anak untuk belajar karena agenda bergambar disajikan dengan teks dan ilustrasi atau gambar, mudah digunakan, dapat memperjelas suatu masalah, dapat membantu pengawasan serta pengamatan, dan lebih realistis. Namun terdapat kekurangan yaitu ukuran sangat terbatas untuk kelompok besar dan hanya menekankan pada persepsi indra mata. Umumnya untuk mengukur kebersihan gigi dan mulut anak balita menggunakan suatu indeks yaitu Personal Hygiene Performance Modified (PHP-M). Tujuan penelitian menganalisis Pengaruh Penggunaan Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene (PHP-M) pada Balita di Posyandu Kelurahan Mulyasari Kecamatan Tamansari Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment) dengan rancangan one group pre-post test design tanpa kelompok kontrol, dimana kelompok eksperimen dilihat pretest sebelum dilakukan intervensi dan posttest setelah dilakukan intervensi, dengan demikian hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat. Hasil postest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol dan nilai signifikansi 0,000 dengan demikian terdapat Pengaruh Penggunaan Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene (PHP-M) pada Balita di Posyandu. Hasil Penelitian menujukan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Media Agenda Harian Bergambar Menyikat Gigi terhadap Pengetahuan Ibu dan Oral Hygiene (PHP-M) pada Balita di Posyandu.

 

Kata Kunci: Media Agenda Harian Bergambar, Pengetahuan, Oral Hygiene Balita


Kata Kunci


Media Agenda Harian Bergambar; Pengetahuan; Oral Hygiene Balita

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Belinda, N. R., & Surya, L. S. (2021). MediaEdukasiDalamPendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada AnakAnak.JurnalRisetIntervensiPendidikan,3(1),58.Retrievedfromhttp://journal.rekarta.co.id/index.php/jrip/

Dayang, N., Mardjan, H., & Ridha, A. (2015). Pengaruh Edukasi Menggunakan Media Buklet Berbahasa Daerah terhadap Peran Orangtua dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak. Jurnal Kesehatan, 2(2), 1–11.

Delima, A. R., Riyadi, N. A., & Maulani, C. (2018). Upaya Meningkatkan Pengetahuan danKeterampilan Ibu Mengenai KesehatanGigidanMulut Balita. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 245–250.

Dini Rahayu, Dewi, O., Alamsyah, A., Nurlisis, N., & Muryanto, I. (2021). Efektivitas Penyuluhan dengan Media Video dan Booklet dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu Tentang Upaya Kesehatan Gigi dan Mulut Balita. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(3), 316–322. https://doi.org/10.25311/keskom.vol7.iss3.879

Fadlilah, S. (2019). Hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang kesehatan gigi dengan terjadinya karies pada anak prasekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal. Oral Health Care, 7(1), 32–39.

Gustabella, M. I., Wardani, R., & Suwargiani, A. A. (2017).

Pengetahuan dan tindakan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada ibu yang memiliki anak usia bawah tiga tahun

Knowledge and practice of oral health maintenance in mothers with under3-years-oldchildren

. JurnalKedokteranGigiUniversitas Padjadjaran, 29(1), 30–34. https://doi.org/10.24198/jkg.v29i1.18601

Hasanuddin, S. H. (2018). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dengan Media Cerita BergambarTerhadapKeterampilan Menggosok Gigi Anak Usia Prasekolah. Skripsi, 21.

Hasrul, A. N. (2020). Pengaruh Media Pop-up Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Kesehatan Gigi Dan Mulut Siswa Siswi Di Sekolah Dasar No.19 Limboro Majene. Jurnal Abdi, 2(1), 104–108.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). Hubungan Sikap Dan Pengertahuan Ibu Tentang Kebersihan Gigi Dan Mulut Dengan Kejadian Karies Gigi Pada Anak Usia 3 – 5 Tahun Di Desa Sei Kepayang Tengah Kabupaten Asahan Tahun 2016. JournalofChemicalInformation and Modelin, 8(9), 1–58.

Jumriani, J. (2018). Hubungan Frekuensi Menyikat Gigi dengan Tingkat Kebersihan Gigi dan Mulut pada Siswa SD Inpres Btn IKIP I Kota Makassar. MediaKesehatanGigi:Politeknik Kesehatan Makassar, 17(2).

Novita, C. F., Wanda, H., & Ajir, M. (2018). Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Guru Dan Murid Sdn 16 (Ukgs) Dan Sdn 46 (Tanpa Ukgs) Di Kota Banda Aceh. Cakradonya Dental Journal, 9(2), 121–126. https://doi.org/10.24815/cdj.v9i2.10025

Oktarina, O., Tumaji, T., & Roosihermiatie, B. (2017). Korelasi Faktor Ibu Dengan Status Kesehatan Gigi Dan Mulut Anak Taman Kanak-Kanak Di Kelurahan Kemayoran Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 19(4), 226–235.https://doi.org/10.22435/hsr.v19i4.6815.227-235

Pargaputri, A. F., Maharani, A. D., & Patrika, F. J. (2023). Pendidikan Kesehatan Gigi dan Mulut Melalui Media Edukasi Pahlawan Gigi (PAGI) di KB Taam Avicenna Kelurahan Sukolilo Baru Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2),657664.https://doi.org/10.54082/jamsi.715

Pariati, P., & Jumriani, J. (2021). Gambaran Pengetahuan Kesehatan Gigi Dengan Penyuluhan Metode Storytelling Pada Siswa Kelas Iii Dan Iv Sd Inpres Mangasa Gowa. Media Kesehatan Gigi : PoliteknikKesehatan Makassar, 19(2),713.https://doi.org/10.32382/mkg.v19i2.1933

Rompis, C., Pangemanan, D., & Gunawan, P. (2016). Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang kesehatan gigi anak dengan tingkat keparahan karies anak TK di Kota Tahuna. E-GiGi, 4(1).

Sari, D., Sandra, Arina, Y. M. D., & Ermawati, T. (2015). Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi MulutDenganStatus Kebersihan Rongga Mulut Pada Lansia. Jurnal IKESMAS, 11(1), 44–51.

Sholekhah, N. K. (2021). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kejadian Karies Gigi pada Anak Balita di Posyandu Wiratama. Indonesian Journal of Dentistry, 1(1), 20–23.

Taadi, & Almujadi. (2017). Hubungan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Jumlah Karies Anak Kelas Iii - V Di Sd Muhammadiyah Sangonan Ii Godean Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Gigi, 04(1), 1–7.

Widodo, Y., & Ismalayani, I. (2022). Pengaruh Media Irene’s Donut terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Ibu dalam Mencegah Karies Gigi pada Anak Prasekolah. Jurnal Kesehatan, 13(2), 253. https://doi.org/10.26630/jk.v13i2.2796




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i6.12141

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License