Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Waktu Tunggu di Klinik Umum Rumah Sakit Pelabuhan Jakarta

Arliyanti Arliyanti, Rahayu Khairiah

Sari


ABSTRACT

 

According to WHO data, across the United States and Europe, consumer satisfaction is playing an increasingly important role in the quality of care and health reform. The queuing system in health services, especially in hospitals, is a complicated problem. This is because the patient's waiting time from registering to entering the examination room is longer than the service received. The length of waiting time can affect patient satisfaction scores with health services. The results of a preliminary study through interviews with 10 outpatients at the General Clinic found that 90% said the waiting time from registration to doctor's service took > 60 minutes, and only 10% said the waiting time for service was ≤ 60 minutes. Knowing the level of outpatient satisfaction with waiting time. Analytical with cross sectional design. The samples in this study were some patients who sought outpatient treatment at the General Hospital Clinic. Port in December 2023 as many as 112 people. The research instrument is a questionnaire. The sampling technique uses random sampling. Data analysis used univariate and bivariate analysis with the chi square test. Frequency distribution of patient satisfaction, most respondents said they were satisfied (69.6%), and the waiting time was > 60 minutes (77.7%). There is a relationship between waiting time and outpatient satisfaction level (p. value 0.003). There is a relationship between waiting time and the level of satisfaction of outpatients at the Jakarta Harbor Hospital General Clinic. It is hoped that health workers can provide services more quickly so as to increase patient satisfaction. Keywords: Patient Satisfaction, Waiting Time 

 

ABSTRAK

 

Menurut data WHO, di seluruh Amerika Serikat dan Eropa, kepuasan konsumen memainkan peran yang semakin penting dalam kualitas reformasi perawatan dan kesehatan. Sistem antrian di pelayanan kesehatan khususnya di rumah sakit menjadi permasalahan yang pelik. Hal ini dikarenakan waktu tunggu pasien mulai dari mendaftar sampai masuk ke ruang pemeriksaan lebih lama dari pada tindakan pelayanan yang diterima. Lamanya waktu tunggu dapat mempengaruhi nilai kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan. Hasil studi pendahuluan melalui wawancara terhadap 10 pasien rawat jalan di Klinik Umum didapatkan 90% mengatakan waktu tunggu mulai dari pendaftaran sampai dengan pelayanan dokter memakan waktu > 60 menit, dan hanya 10% yang mengatakan waktu tunggu pelayanan ≤ 60 menit. Mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap waktu tunggu. Analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pasien yang berobat jalan di Klinik Umum RS. Pelabuhan pada bulan Desember 2023 sebanyak 112 orang. Instrument penelitiannya adalah kuesioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan randoom sampling. Analisis data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Distribusi frekuensi kepuasan pasien sebagian besar responden mengatakan puas (69,6%), dan waktu tunggu > 60 menit (77,7%). Ada hubungan waktu tunggu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan (p. value 0,003). Ada hubungan waktu tunggu terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Klinik Umum RS Pelabuhan Jakarta. Diharapkan petugas kesehatan dapat memberikan pelayanan lebih cepat lagi sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi pasien.

 

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu, Rumah Sakit


Kata Kunci


Kepuasan Pasien, Waktu Tunggu

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aryani, F., Husnawati, H., Muharni, S., & Afrianti, R. (2015). Analisa Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru. Pharmacy: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal Of Indonesia), 12(1).

Binuko Dwi, F. N. (2022). Pengaruh Beban Kerja Perawat Terhadap Respon Time Dan Kepuasan. Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 15–19.

Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. M. (2018). Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal E-Biomedik, 3(3). Https://Doi.Org/10.35790/Ebm.3.3.2018.10456

Daeli, A. (2021). Ampuni Daeli Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ud. Sukaria Makmur Di Telukdalam. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 4(1).

Dewi, U. A., Astuti, R., & Werdani, K. E. (2015). Hubungan Waktu Tunggu Pendaftaran Dengan Kepuasaan Pasien Di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan (Tpprj) Rsud Sukoharjo (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fitria Eka Resti Wijayanti, (2023). Hubungan Waktu Tunggu PasienDenganTingkatKepuasan Pasien Di Klinik Mitra Sehat Karanganyar.AisyiyahSurakarta JournalOfNursingHttps://Journal.AiskaUniversity.Ac.Id/Index.Php/Asjn

Hasran, H. (2018). Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Pada Pelayanan Poli Penyakit Dalam Di Rumah Sakit Bhayangkara Makassar (Doctoral Dissertation, Politeknik Stia Lan Makassar).

Jaya, M. K. A., & Apsari, D. P. (2018). Gambaran Waktu Tunggu Dan Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Lama Waktu Tunggu Pelayanan Obat Atas Resep Dokter Di Puskesmas Kota Denpasar. Jurnal Ilmiah Medicamento, 4(2), 94–99. Https://Doi.Org/10.36733/Medicamento. V4i2.861

Kotler, (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I Edisi Kedelapan, Penerbit Erlagga, Jakarta

Laeliyah, N., & Subekti, H. (2019). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rawat Jalan Rsud Kabupaten Indramayu. 1(2), 102–112

Mailintina, Y., Dewi, S., & Hutapea, F. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loylitas Pelanggan Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bhayangkara Brimob Tahun 2018. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 9(1), 37-49.

Ministry Of Health Of Republic Indonesia (2020) Profil Kesehatan Indonesia 2020

Mutiara, S., Hamid, R. S., & Suardi, A. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan Persepsi Harga Dan Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(1), 411-427.

Rusnoto, Cholifah, N., & Kusmiyati, Y. (2019). Pelayanan Keperawatan, Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Loekmono Hadi Kudus. University Research Colloqium (Urecol), 1–12. Https://Doi.Org/10.35473/Ijnr.V4i1.1143

Sabarguna, B.S. (2018) Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Edisi Revisi. Yogyakarta: Konsorsium Rumah Sakit Islam Jawa Tengah Dan Yogyakarta.

Selfanay, M (2021). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien Rawat Inap Di Rsud Cendrawasi Dobo Kabupaten Kepulauan Aru. Jurnal Kesehatan Masyarakat Unima Vol.02, No.03 : Agustus 2021, Hal 47-52

Tetty Visensia (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Lama Waktu Tunggu Pasien Bpjs Di Poli Umum Unit Rawat Jalan Rumah Sakit X. Jurnal Keperawatan Dirgahayu Volume 2, Nomor 1, Maret 2020

Vina, L. (2023). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Rawat Jalan Umum Di Puskesmas Bareng (Doctoral Dissertation, Stikes Panti Waluya Malang).

Wiryansyah, O. A., & Yusrina, Y. (2024). Hubungan Waktu Tunggu Rawat Inap Dari Instalasi Gawat Darurat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pelabuhan Palembang Tahun 2024. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(2), 4015-4024.

Zulaika, (2022). Hubungan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poli Umum Klinik Relof Tahun 2022. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol 14 (2) ; September 2022 P-Issn: 2301-9255 E:Issn: 2656-1190. Hal : 298 – 307




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i10.13834

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License