PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA LEAFLET TERHADAP SIKAP ORANG TUA DALAM PENCEGAHAN PNEUMONIA PADA BALITA DI RUMAH SAKIT DAERAH MAY JEND. HM. RYACUDU LAMPUNG UTARA

budi antoro, septi kurniasari

Sari


Pendahuluan: Pneumonia penyebab kematian menular terbesar pada anak-anak di seluruh dunia dan menyebabkan kematian pada anak-anak di bawah usia lima tahun, Tingginya kejadian pneumonia maka perlu dilakukan pencegahan. Pencegahan dengan menghindari atau pendekatan pendidikan kesehatan di komunitas, perbaikan gizi, pelatihan petugas kesehatan dalam hal memanfaatkan pedoman diagnosis dan pengobatan pneumonia, penggunaan antibiotik yang benar dan efektif, dan waktu untuk merujuk yang tepat.

Tujuan: Diketahui  pengaruh pendidikan kesehatan melalui media leaflet  terhadap sikap orang tua dalam pencegahan pneumonia

Metode: Jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian analitik dengan pendekatan eksperimen kuasi dengan one group pretest-postest. Pengambilan data dengan kuesioner. Analisis data secara univariat (rata-rata) dan bivariat (t-test)

Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini rata-rata sikap orang tua sebelum pendidikan kesehatan  adalah 35,87 dengan standar deviasi 1,598. Rata-rata sikap orang tua setelah di berikan pendidikan kesehatan adalah 56,87 dengan standar deviasi 1,598.

Kesimpulan : Ada pengaruh pendidikan kesehatan melalui media leaflet  terhadap sikap orang tua dalam pencegahan pneumonia di  Rumah Sakit Daerah May Jend. HM. Ryacudu Lampung Utara tahun 2018 p-value = 0,000 (p-value < α = 0,05) dan t hasil > t tabel  yaitu sebesar 35.864 > 1,643. Rumah Sakit diharapkan  dapat melakukan upaya-upaya seperti mengadakan program untuk meningkatkan pelayanan dengan memberikan pendidikan kesehatan.

 

Kata Kunci    : Pneumonia, Sikap, Pendidikan Kesehatan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asdie AH, Wiyono P, Rahardjo P, Triwibowo, Marcham SN, Danawati W. (2012). Harrison prinsip-prinsip ilmu penyakit dalam, edisi ke-13. Jakarta: EGC.

Azwar, S. (2016). Sikap dan Perilaku Dalam: Sikap Manusia Teori dan. Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azizah. (2014). Tingkat pengetahuan dan pendidikan ibu balita dengan kejadian penyakit pneumonia pada balita di Kelurahan Keraton Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Fakultas Kesehatan Masyarakat UNISKA.

Danusantoso H. (2013). Buku Saku Ilmu Penyakit Paru, Edisi 2. Jakarta: EGC.

Djojodibroto, Darmato. (2014). Respiratologi (Respiratory medicine). Jakarta: kedokteran EGC.

Muttaqin, Arif. (2008). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem. Pernafasan. Jakarta: Salemba.

Kementrian Kesehatan RI (2013). Riset kesehatan dasar 2013. Jakarta.

Kementrian Kesehatan RI (2017). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Jakarta

Mansjoer, Arif. (2007). Kapita Selekta Kedokteran Edisi 3 Jilid II. Jakarta: Media Aesculapius.

Mubarak, W.I. (2012). Promosi kesehatan untuk kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Maria Marsalina Awe (2017) dengan judul pengaruh pendidikan kesehatan tentang pneumonia melalui media flip chart dan leaflet “anakku bebas pneumonia” terhadap sikap orang tua di RSUD Bajawa.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Promosi kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2012). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta :PT Rineka Cipta.

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik. Keperawatan Professional. Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika.

Smeltzer dan Bare. (2012). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Brunner &. Suddart Edisi 8 vol.3. Jakarta :EGC.

Utari. (2014). efektifitas pendidikan kesehatan terhadap peningkatan pengetahuan keluarga tentang infeksi saluran pernapasan akut (ISPA). Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau Pekanbaru, Indonesia.

World Health Organization. (2016). World Pneumonia Day 2016http://www.who.int/life-course/news/events/world-pneumonia-day-2016/en/pada tanggal 24 Januari 2018.

World Health Organization. (2014). Revised WHO classification and treatment of childhood pneumonia at health facilities http://www.who.int/maternal_child_adolescent pada tanggal 24 Maret 2018.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v1i2.1430

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License