Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Klinik Pratama KBN Marunda Jakarta Utara
Sari
ABSTRACT
Health services include all services related to diagnosis and treatment of disease, promotion, maintenance and restoration of health. The quality of health services is one of the factors that can increase patient satisfaction. To determine the relationship between the quality of health services and patient satisfaction at the KBN Marunda primary clinic. This research method is a type of quantitative research with a cross sectional design with a non-experimental analytical design with a sample of 30 respondents and sampling using purposive sampling techniques. The data analysis method used is to use the crosstab chi square test. The results obtained were a significant relationship between physical evidence with patient satisfaction p value = 0.014 and with an odd ratio value of 42,318. There was a significant relationship between reliability and patient satisfaction p value = 0.003 with an odd ratio value of 95.208. There was a significant relationship between responsiveness and patient satisfaction p value = 0.007 with an odd ratio value of 79,436. There was a significant relationship between assurance and patient satisfaction p value = 0.014 with an odd ratio value of 42,318. There was a significant relationship between empathy and patient satisfaction p value = 0.009 with an odd ratio value of 59,834. Researchers can then continue research with other criteria and variables between improving health services and patient satisfaction.
Keywords: Healthcare, Patient Satisfaction, Quality
ABSTRAK
Pelayanan kesehatan mencakup semua layanan yang berhubungan dengan diagnosis dan pengobatan penyakit, promosi, pemeliharaan dan pemulihan kesehatan. Kualitas pelayanan kesehatan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepuasan pasien. Untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien di klinik pratama KBN Marunda. Metode Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional dengan rancangan analitik non eksperimental dengan jumlah sampel 30 responden dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan uji crosstab chi square. Hasil yang didapatkan adalah ada hubungan signifikan antara bukti fisik dengan kepuasan pasien p value = 0,014 dan dengan nilai odd ratio 42.318. Ada hubungan signifikan antara kehandalan dengan kepuasan pasien p value = 0,003 dengan nilai odd ratio 95.208. Ada hubungan signifikan antara daya tanggap dengan kepuasan pasien p value = 0,007 dengan nilai odd ratio 79.436. Ada hubungan signifikan antara jaminan dengan kepuasan pasien p value = 0,014 dengan nilai odd ratio 42.318. Ada hubungan signifikan antara empati dengan kepuasan pasien p value2 = 0,009 dengan nilai odd ratio 59.834. Peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian dengan kriteria dan variabel lain antara peningkatkan pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien.
Kata Kunci: Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Antonius, (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien. Tata Mutiara Hidup Indonesia
Budiman, M. E. A., Mardijanto, S., & Astutik, E. E. (2021). Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di KlinikKabupatenJember. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 15(2), 73-84.
Bustami, 2. (2017). Hubungan Kualitas Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasn Pasien Peserta Jaminan. Jurnal Nasional, 142-147.
Cynthia Sisilia Toliaso, 2. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dipuskesmas Bahu Kota Manado. Jurnal Kesmas, 1-10.
Fatihudin, 2. (2019). Hubungan Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Psien . Nursing News, 1-7.
Hasibuan, Malayu S. P. 2019. Manajemen: Dasar, Pengertian, Dan Masalah. Jakarta : Bumi Aksara
Hayati, I., & Siregar, Y. Y. Y. (2019). Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Padang Bulan Medan). Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(2), 234-250.
Kemenkes,2.(2020).MutuPelayanan Kesehatan.JurnalKeperawatan Dan Fisioterapi, 13-20
Kevin Effendi, Stella Junita 3 (2020). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan KesehatanDipuskesmas.Excellent Midwifery Journal, 1-9
Kunaini, K., & Sudirwo, S. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Pt
Lontaan Dkk, 2. (2019). Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Penerimaan Tempat Dirumah Sakit. Jurnal Nasional, 1-9
Nova Rf. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Surakarta. 2010;8(2):2019.
Permenkes, 2. (2020). Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi , 13-20.
Prakasa, S. B., Nurhakim, B., & Suhardi, S. (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak Kenari Graha Medika Bogor Jawa Barat. Akademik: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(3), 1220-1235.
Setyomumpuni, W. R. (2017). Tingkat Kepuasaan Pegawai Kantor Pusat Batan Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut.
Suryani, W. (2015). Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan. Jurnal Implementasi Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 819-838.
Suzanto, B. (2011). Pengaruh Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kota Banjar. Jurnal Ekonomi, Bisnis&Entrepreneurship, 5(1), 41329.
Verawati, A., Lestari, H., & Rengga, A. (2014). Analisis Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pada Bidang Perizinan Usaha Di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Kabupaten Kudus. Journal Of Public Policy And Management Review, 3(2), 300-308.
Vinata, D. P. (2015). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Dengan Minat Menggunakan Jasa Pelayanan Di Puskesmas Taman (DoctoralDissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).
Wiwiek Indriany Sary S, (2021) Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Peserta Bpjs. Jurnal Kesmas
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v6i11.14323
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License