Robot Sandwich Sebagai Media Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Perilaku Anak Usia Dini Tentang Pola Hidup Bersih Dan Sehat.

Setiyo Adi Nugroho, Baitus Sholeha

Sari


Anak usia dini menjadi momen emas untuk membentuk perilaku sehat yang akan melekat seumur hidup. Oleh karena itu, media penyuluhan yang inovatif dan interaktif sangatlah diperlukan. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis penggunaan Robot Sandwich sebagai media Pendidikan kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan perilaku anak usia dini terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penelitian ini dilakukan kepada siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Sampel peneltian dengan teknik simple random sampling kepada 144 siswa PAUD dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 72 Siswa kelompok intervensi dan72 Siswa pada kelompok kontrol. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui pengetahuan dan prilaku siswa, kemudian data dianalisis dengan menggunakan Uji Wilcoxon dan Mann-Whitney Test. Dari hasil uji statistic didapatkan adanya perbedaan antara pre dan post pada kedua kelompok intervensi dan kelompok kontrol baik dari pengetahuan dan prilaku siswa PAUD, akan tetapi kelompok intervensi lebih berpengaruh dibandingkan kelompok kontrol. Sehingga dapat disimpulkan, media inovatif dan interaktif sangat diperlukan seperti robot sandwich sebagai media Pendidikan Kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku PBHS bagi anak khususnya Anak Usia Dini. Dapat disarankan bagi tenaga Kesehatan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat media Pendidikan Kesehatan, terutama mengkolaborasikan Kesehatan dan teknologi robotic.


Kata Kunci


media Pendidikan Kesehatan; robot; robot sandwich; PBHS sekolah

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Andi Eka Yunianto, Elfirayani Saragih, Rahmaniah, Luh Desi Puspareni, Laela Nur Rokhmah, Radeny Ramdany, Anis Laela Megasari, Rita Irma, Taufiq Firdaus Al-ghifari Atmadja, Yunita Sari Thirayo, Cahyaning Setyo Hutomo, Tasnim, & Laeli Nur Hasanah. (2023). Kesehatan dan Gizi untuk Anak Usia Dini. Yayasan Kita Menulis.

Bodrova, E., & Leong, D. J. (2018). Tools of the Mind: The Vygotskian-Based Early Childhood Program. Journal of Cognitive Education and Psychology, 17(3), 223–237. https://doi.org/10.1891/1945-8959.17.3.223

DeJarnette, N. K. (2018). Implementing STEAM in the Early Childhood Classroom. European Journal of STEM Education, 3(3). https://doi.org/10.20897/ejsteme/3878

Dian Hestiyantari, Yudi Chadirin, Heriansyah Putra, Bella Yuliani, Fauzan Subeantoro, Moch Ridwan Widiansyah, I Wayan Wirya Aristyana, Mochammad Izzudin Ma’mun, Abdul Malik, Angie Irmajulianna, & Layla Alifani Ekrep. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Siswa di SDN Gerendong 1 dan SDN Gerendong 2, Kecamatan Keroncong, Kabupaten Pandeglang. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(3).

Dixit, B., Bedekar, M., Jahagirdar, A., & Sathe, N. (2021). Role of Active Learning Techniques in Development of Problem Solving Skills. Journal of Engineering Education Transformations, 34(0), 670–674. https://doi.org/10.16920/jeet/2021/v34i0/157241

Guay, F. (2022). Applying Self-Determination Theory to Education: Regulations Types, Psychological Needs, and Autonomy Supporting Behaviors. Canadian Journal of School Psychology, 37(1), 75–92. https://doi.org/10.1177/08295735211055355

Hammill, J., Nguyen, T., & Henderson, F. (2021). Encouraging the flip with a gamified process. International Journal of Educational Research Open, 2, 100085. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100085

Hayati, R. S. (2020). Pendidikan lingkungan berbasis experiential learning untuk meningkatkan literasi lingkungan. Humanika, 20(1), 63–82. https://doi.org/10.21831/hum.v20i1.29039

Ira Nurmala, Fauzie Rahman, Adi Nugroho, Neka Erlyani, Nur Laily, & Vina Yulia Anhar. (2018). Promosi Kesehatan. Airlangga University Press.

KEMENKES RI. (2016, January 1). Promosi Kesehatan. Https://Ayosehat.Kemkes.Go.Id/Promosi-Kesehatan.

Kementrian Kesehatan RI. (2022). Laporan Kinerja 2022 Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementrian Kesehatan.

Ketut Sulastri, I Nyoman Purna, & I Nyoman Gede Suyasa. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah puskesmas selemadeg timur. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1).

Monavia Ayu Rizaty. (2023). Data Jumlah Anak Usia Dini di Indonesia pada 2023. Https://Dataindonesia.Id/Varia/Detail/Data-Jumlah-Anak-Usia-Dini-Di-Indonesia-Pada-2023.

Nasir, A. (2023). Menciptakan Lingkungan Belajar yang Menyenangkan untuk Meningkatkan Sikap Siswa dalam Belajar. JBSI: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(01), 136–145. https://doi.org/10.47709/jbsi.v3i01.2789an Sehat (PHBS), Pub. L.

No. NOMOR: 2269/MENKES/PER/XI/2011, KEMENKES RI (2011).

Rofingatul Mubasyiroh, Ika Dharmayanti, Lely Indrawati, Dwi Hapsari Tjandrarini, Rika Rachmalina, Nariyah Handayani, & Mieska Despitasari. (2021). Bunga Rampai Transformasi 10 Tahun Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Masyarakat Indonesia (Doddy Izwardy & Bambang Purwanto Cadrana, Eds.). Lembaga Penerbit Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (LPB).

Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018a). Penerapan UKS dengan PHBS di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA, 17(1), 16. https://doi.org/10.14710/jkli.17.1.16-25

Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018b). Penerapan UKS dengan PHBS di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA, 17(1), 16. https://doi.org/10.14710/jkli.17.1.16-25

Sweller, J. (2019). Cognitive load theory. In Advances in Cognitive Load Theory (pp. 1–12). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429283895-1

Tam, M. (2000). Constructivism, Instructional Design, and Technology: Implications for Transforming Distance Learning. Journal of Educational Technology & Society, 3(2), 50–60. http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.3.2.50

UNICEF. (2016). Anak-anak di Indonesia Situasi anak-anak di Indonesia telah membaik, tetapi kesenjangan masih ada. Https://Www.Unicef.Org/.

UNICEF. (2020). Situasi Anak Di Indonesia: tren, peluang dan tantangan dalam memenuhi hak-hak anak. UNICEF:Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i1.17500

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License