Gambaran Daya Tanggulang Stres Pada Mahasiswa Tahun Kedua di Universitas Advent Indonesa
Sari
ABSTRAK
Stres pada saat ini menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian halnya tidak luput dari kehidupan remaja dalam hal ini adalah mahasiwa yang sedang menempuh pendidikan. Mahasiswa yang mengalami stres berkepanjangan akan memengaruhi perkembangan oleh karena krisis pendewasaan yang terjadi. Oleh sebab itu diperlukan daya tanggulang untuk menghadapi stres. Penelitian ini bertujuan untuk medapatkan gambaran daya tanggulang stres pada mahasiswa tahun kedua yang sedang menjalankan pendidikannya. Pada penelitian ini digunakan jenis kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Variabel yang diteliti adalah gambaran daya tanggulang stres. Penelitian ini melibatkan partisipasi dari 80 responden. Populasi yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua di Universitas Advent Indonesia. Tehnik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil dengan persentase terbesar (41%) untuk menggunakan strategi, (37%) untuk penyelesaian masalah. Dari penelitian ini dideskripsikan tentang daya tanggulang mahasiswa terhadap stres. Kisi-kisi pernyataan yang telah dirumpunkan bahwa mahasiswa sering memiliki daya tanggulang ketika menghadapi stres dalam kehidupannya. Artinya bahwa acapkali atau mahasiswa kerap menggunakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Kata sering merujuk kepada keadaan dimana mahasiswa berkali-kali menggunakan daya tanggulang dalam menyelesaikan masalah. Gambaran daya tanggulang pada mahasiswa tahun kedua di Universitas Advent Indonesia bahwa mahasiswa sering memiliki daya tanggulang ketika menghadapi stres dalam kehidupannya. Artinya bahwa acapkali atau mahasiswa kerap menggunakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah. Saran yang dapat diberikan yaitu: 1) bagi mahasiswa hendaknya tetap memiliki daya tanggulang dalam menghadapi stres. 2) selalu menggunakan strategi dalam menghadapi stres. 3) bagi peneliti selanjutnya agar hasil penelitian ini menjadi acuan untuk penelitian lebih lanjut tentang strategi dan daya tanggulang stres terhadap prestasi akademik.
Kata Kunci: Daya Tanggulang, Stres, Mahasiswa
ABSTRACT
Stress has now become an inseparable part of life. Likewise, stress cannot be missed from the lives of teenagers, in this research students who are currently studying. Students who experience prolonged stress will affect their development because of the maturation crisis that occurs. Therefore, resilience is needed to deal with stress. This study aims to obtain an overview of the stress coping abilities of second year students who are currently pursuing their education. This research used a quantitative typr using descriptive methods. The variable studied is a description of stress coping capacity. This research involved the participation of 80 respondents. The population participating in this research were second year students at Universitas Advent Indonesia. The sampling technique used was purposive sampling. Result with the largest percentage (41%) for using strategies, (37%) for problem solving. This research describes students’ ability to cope with stress. The grid of statements that have been summarized is that students often have the ability to cope when facing stress in their lives. This means that students often use their abilities to solve problems. The word often refers to a situation where students repeatedly use their coping skills to solve problems. The description of the resilience is that students often have the capacity to cope when facing stress in their lives. This means that students often use their abilities to solve problems. Suggestions that can be given are: 1) students should still have the ability to cope with stress, 2) always use strategies in dealing with stress, 3) for future researchers so that the results of this research can become a reference for further on strategies and stress management on academic achievement.
Keywords: Problem Solving, Stress, Students
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Adryana, N. C., Apriliana, E., Oktaria, D., Kedokteran, F., Lampung, U., Dokter, B. P., Kedokteran, F., Lampung, U., Mikrobiologi, B., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2020). Perbandingan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tingkat I, Ii Dan Iii Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 9, 142–149.
Agustiningsih, N. (2019). Gambaran Stress Akademik Dan Strategi Koping Pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal Of Ners And Midwifery), 6(2), 241–250. Https://Doi.Org/10.26699/Jnk.V6i2.Art.P241-250
Alundari, K., Amanda, R., & Rini, P. (2023). The Role Of Religious Coping Towards Stress In Adolescents At Islamic Boarding Schools. 4(3), 41–45.
Ayuwatini, S., Ardiyanti, Y., Ners, P. S., & Jiwa, J. K. (2018). Overview Of Community Mental Health. Jurnal Keperawatan, 6(1), 60–63.
Choirunissa, R., Syamsiah, S., & Komala, I. R. (2020). Analisis Deteksi Dini Kesehatan Jiwa Remaja Di Masa Pandemi Covid-19. Repository Universitas Nasional Jakarta, 1–13. Http://Repository.Unas.Ac.Id/Id/Eprint/818
Jembarwati, O. (2020). Koping Religius Dan Kesehatan Mental Selama Pandemi Covid-19. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 2(November), 292–299. Http://Lppm-Unissula.Com/Jurnal.Unissula.Ac.Id/Index.Php/Psisula/Article/View/13092
Kamila, S. N., Surfia, N. H., Fatiyaturrahmah, & Purwantini, L. (2023). The Effect Of Hardiness And Optimism On Career Adaptability In College Students. Social Science Studies, 3(3), 195–206. Https://Doi.Org/10.47153/Sss33.6132023
Khasanah, S. M. R., & Mamnuah. (2021). Tingkat Stres Berhubungan Dengan Pencapaian Tugas Perkembangan Pada Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 4(1), 107–116.
Nasution, A. S., Ghifari, F. A. Al, Abdilah, M. A., & Purwantini, L. (2024). Pengaruh Optimisme Dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Terhadapkesejahteraan Psikologi Pada Mahasiswa. Observasi : Jurnal Publikasi Ilmu Psikologi, 2(1), 133–150. Https://Doi.Org/10.61132/Observasi.V2i1.183
Nita, R. W., Kartika, E., Sari, W., & Solina, W. (2020). Identifikasi Permasalahan Psikologis Remaja Pada Masa “Social Distancing” Melalui Assesmen Survey Heart. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konselling Pd Abkin Jatim & Unipa Sby, 375–385. File:///D:/Pasca Unud/Literatur/Proposal Pasca/Wellbeing/Permasalahan Psikologi Remaja Saat Social Distancing.Pdf
Prawesti, D. . (2015). Kuesioner Snsi.Pdf.
Putri, A. F. (2018). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. Schoulid: Indonesian Journal Of School Counseling, 3(2), 35. Https://Doi.Org/10.23916/08430011
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian (Pertama). Cipta Media Nusantara.
Rosa, N. N., Retnaningsih, L. E., & Jannah, M. (2021). Pengaruh Strategi Koping Stres Mahasiswa Terhadap Stres Akademik Di Era Pandemi Covid-19. Tanjak: Journal Of Education And Teaching, 2(2), 103–111.
Sari, M., Siswati, T., D. (2022). Metodologi Penelitian. Pt. Global Eksekutif Tehnologi.
Sonang, S., Purba, A. T., & Pardede, F. O. I. (2019). Pengelompokan Jumlah Penduduk Berdasarkan Kategori Usia Dengan Metode K-Means. Jurnal Teknik Informasi Dan Komputer (Tekinkom), 2(2), 166. Https://Doi.Org/10.37600/Tekinkom.V2i2.115
Subakti, H. Dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif.
Syarofi, Z. N. (2019). Ir - Perpustakaan Universitas Airlangga. Perpustakaan Universitas Airlangga, 1–8.
Tasalim, R & Cahyani, A. (2021). Stres Akademik Dan Penanganannya. Guepedia, Banjarmasin.
Zikry, A., Mentari, B., Liana, E., & Pristya, T. Y. R. (2020). Teknik Manajemen Stres Yang Paling Efektif Pada Remaja: Literature Review Most Effective Stress Management Techniques In Adolescents: Literature Review. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 12, 2020.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i9.18347
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License