Hubungan Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Kualitas Tidur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2021 Universitas Islam Al-Azhar

Ananda Bismantara Putra, Ronanarasafa Ronanarasafa, Lalu Yogi Prasetio Imam, Irwan Syuhada

Sari


ABSTRACT

 

Learning activities are the main activities that exist in any educational process. Learning has a global goal to change one's behavior and potential behavior. Graduates, especially at the undergraduate level, use the cumulative grade point average (GPA) as an indicator of the real ability of students to learn in a course after going through the learning process in a certain time. This study aims to analyze whether there is a relationship between learning motivation, learning style and sleep quality with grade point average (GPA) in Al-Azhar Islamic University Medical students class of 2021. This research is an observational analytical study with a cross-sectional design that analyzes the relationship between learning style, learning motivation, and sleep quality on the GPA of Al-Azhar Islamic University Faculty of Medicine students class of 2021.  A sample of 98 students was selected using total sampling technique, with research instruments in the form of MSLQ for learning motivation, VARK for learning style, and PSQI for sleep quality. The results showed that the majority of students had moderate motivation (58.16%), unimodal learning style (80%), and good sleep quality (65.31%). A total of 76.53% of students experienced an increase in GPA. Analysis using the Chi-square test showed that learning motivation was significantly associated with GPA (p = 0.000), while learning style did not have a significant relationship (p = 0.633). Sleep quality was significantly associated with an increase in GPA (p = 0.044, PR = 2.053, 95% CI: 1.015-4.154). This study concludes that learning motivation and sleep quality have a significant effect on GPA, while learning style has no significant relationship.

 

Keyword: Learning Motivation, Learning Style, Sleep Quality, GPA

 

 

ABSTRAK

 

Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan utama yang ada pada setiap proses pendidikan. Belajar mempunyai tujuan global untuk mengubah tingkah laku maupun potensi perilaku seseorang. Pejalar khususnya pada jenjang mahasiswa, menggunakan Indeks prestasi kumulatif (IPK) sebagai indikator kecakapan nyata prestasi belajar mahasiswa dalam suatu mata kuliah setelah menjalani proses belajar dalam waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar, gaya belajar, dan kualitas tidur dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada mahasiswa Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Angkatan 2021. Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan desain cross-sectional yang menganalisis hubungan gaya belajar, motivasi belajar, dan kualitas tidur terhadap IPK mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar angkatan 2021. Sampel sebanyak 98 mahasiswa dipilih menggunakan teknik total sampling, dengan instrumen penelitian berupa MSLQ untuk motivasi belajar, VARK untuk gaya belajar, dan PSQI untuk kualitas tidur. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas mahasiswa memiliki motivasi sedang (58,16%), gaya belajar unimodal (80%), dan kualitas tidur baik (65,31%). Sebanyak 76,53% mahasiswa mengalami peningkatan IPK. Analisis menggunakan uji Chi-square menunjukkan motivasi belajar berhubungan signifikan dengan IPK (p = 0.000), sedangkan gaya belajar tidak memiliki hubungan signifikan (p = 0.633). Kualitas tidur berhubungan signifikan dengan peningkatan IPK (p = 0.044, PR = 2,053, 95% CI: 1,015–4,154). Penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar dan kualitas tidur berpengaruh signifikan terhadap IPK, sementara gaya belajar tidak memiliki hubungan yang signifikan.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Kualitas Tidur, Indeks Prestasi Kumulatif


Kata Kunci


Motivasi Belajar, Gaya Belajar, Kualitas Tidur, Indeks Prestasi Kumulatif

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2019). Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Di Indonesia: Kajian Meta-Analisis. Konselor, 6(4), 150. Https://Doi.Org/10.24036/02017648171-0-00

Akbar, S., Darungan, T. S., & Rahma, D. S. (2024). Instrument Development For Study Programs Excellence Evaluation Based On Kirkpatrick Evaluation Model. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal Of Medical Education, 13(2), 106. Https://Doi.Org/10.22146/Jpki.91960

Anthony, M., Cruz, C., Tus, J., Rayo, F., Lubo, R., & Cruz, M. A. (2020). The Learners’ Study Habits And Its Relation On Their Academic Performance. International Journal Of All Research Writings , 02(06). Https://Doi.Org/10.6084/M9.Figshare.13325177.V1

Chandra, K., Manoppo, F. P., & Mewo, Y. M. (2023). Peran Motivasi Belajar Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Medical Scope Journal, 4(2), 115–123. Https://Doi.Org/10.35790/Msj.V4i2.44856

Cintiya, R., & Yulfi, H. (2023). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. 4(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.30596/Jph.V4i1.6576.G9001

Djamalilleil S. F., Rosmaini, & Dewi N. P. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahmah Padang Angkatan 2018 &Medical Journal. Heme, 3(1), 43–50.

Erna Sri Utami, N., & Afriyuni Yonanda, D. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa.

Fairuza, A. S. D. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Pre-Klinik Fk Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Guzzetti, J. R., & Banks, S. (2023). Dynamics Of Recovery Sleep From Chronic Sleep Restriction. Sleep Advances, 4(1), 1–6. Https://Doi.Org/10.1093/Sleepadvances/Zpac044

Hartono, B. (2023). Analisis Gaya Belajar Terhadap Ipk Semester 7 Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Angkatan 2019 Di Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Ukrida Learning Style Analysisof Semester 7 Gpa In Medical Study Program Students Classof 2019 At The Facultyof M. 2(3), 276–282.

Husna, Y. S., Novitasari, A., Hajar, N., & Pandu A., M. (2023). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 10(6), 2219–2226. Https://Doi.Org/10.33024/Jikk.V10i6.10003

Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., & Amat, A. L. S. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal (Cmj), 9(1), 64–71. Https://Doi.Org/10.35508/Cmj.V9i1.4937

Karissa Caesarridha, D., Author, C., Studi Pendidikan Dokter, P., & Kedokteran, F. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Medika Hutama , 02(04). Http://Jurnalmedikahutama.Com

Liu, V., & Widjaja, Y. (2022). The Implementation Of Learning Strategies According To Learning Styles And The Relationship With Undergraduate Medical Students’ Academic Performances. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal Of Medical Education, 11(1), 40. Https://Doi.Org/10.22146/Jpki.65555

Mauliya, I., Relianisa, R. Z., & Rokhyati, U. (2020). Lack Of Motivation Factors Creating Poor Academic Performance In The Context Of Graduate English Department Students. Linguists : Journal Of Linguistics And Language Teaching, 6(2), 73. Https://Doi.Org/10.29300/Ling.V6i2.3604

Rannu Dawenan, F., Winata Nurikhwan, P., Muhammad Irhamna Husin, G., Studi Kedokteran Program Sarjana, P., & Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan, F. (2024). Hubungan Gaya Belajar Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Pskps Fkik Ulm.

Rismayasa, K. A., Wibawa, I. M. C., & Suarjana, I. M. (2022). Hubungan Antara Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sd. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 93–107. Https://Doi.Org/10.23887/Mpi.V2i2.40183

Sakdiah, Suryadi, T., & Putri, A. R. (2018). Hubungan Gaya Belajar Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Yang Menderita Dispepsia Fungsional. 18(1), 34–40. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.24815/Jks.V18i1.11210

Saragih, E. Boru. (2016). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Indeks Prestasi Mahasiswa Keperawatan Angkatan 2013 Universitas Tanjungpura. Naskah Publikasi Universitas Tanjungpura, 67, 1–15. Https://Jurnal.Untan.Ac.Id/Index.Php/Jmkeperawatanfk/Article/Viewfile/16135/14058

Silmi, Z., Politeknik, I., Negeri, P., Zpetznaz, S., Politeknik, P., Zuhrotun, S., Politeknik, A., Denny, S., Radianto, O., Perkapalan, P., & Surabaya, N. (2024). Pengaruh Beban Pembelajaran Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Sains Student Research, 2(2), 185–192. Https://Doi.Org/10.61722/Jssr.V2i2.1218

Steinmayr, R., Weidinger, A. F., Schwinger, M., & Spinath, B. (2019). The Importance Of Students’ Motivation For Their Academic Achievement-Replicating And Extending Previous Findings. Frontiers In Psychology, 10(July). Https://Doi.Org/10.3389/Fpsyg.2019.01730

Supriatmo, F. (2019). Hubungan Kualitas Dan Kuantitas Tidur Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 5(3).

Utami, H., Barokah, S. N., & Taviyastusi. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Mahasiswa (Studi Kasus Pada Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang). Admisi & Bisnis, 19(1), 59–68.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i4.19449

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License