Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar di UPTD Puskesmas Pagelaran Pringsewu

Nia Dayasih, Samino Samino, Fitri Eka Sari, Christin Angelina Febriani, Riyanti Riyanti

Sari


ABSTRACT

 

Quality health services are an important factor in achieving patient satisfaction. Low patient satisfaction depends on the quality of services provided. Patients will feel satisfied if there is equality between expectations and the reality of the health services they receive. The level of patient satisfaction at the UPTD Pagelaran Pringsewu Health Center is still low, so researchers are interested in analyzing patient satisfaction in basic health services at the Pagelaran Pringsewu Health CenterObjective To analyze patient satisfaction in basic health services at the Pagelaran Pringsewu Health Center. This type of quantitative research uses a cross-sectional approach. The population of the study was outpatients at the Pagelaran Pringsewu Health Center using the probability accidental sampling technique. The research sample was 161 respondents. The research instrument was a questionnaire. Data analysis used for Partial Least Square (PLS) analysis using SmartPLS software. The results of the study showed that there was an influence of physical evidence (Path Coefficient 0.123 t statistic 2.269), responsiveness (Path Coefficient 0.268 t statistic 3.389), empathy (path Coefficient 0.325 t statistic 5.268), assurance (path Coefficient 0.116 t statistic 2.754), reliability (path Coefficient 0.235 t statistic 3.462) on work motivation. The suggestion in this study is that the Health Center creates patient satisfaction and the services provided are not in accordance with what the patient expects, the way that can be taken is by improving the quality of human resources.

 

Keywords: Satisfaction, Patients, Outpatient, Pagelaran Pringsewu Health Center

 

 

ABSTRAK

 

Pelayanan kesehatan yang bermutu merupakan faktor yang penting dalam mencapai kepuasan pasien. Kepuasan pasien rendah tergantung dengan kualitas pelayanan yang diberikan. Pasien akan merasa puas apabila ada persamaan antara harapan dan kenyataan pelayanan kesehatan yang diperoleh. Masih rendahnya tingkat kepuasan pasien di UPTD Puskesmas Pagelaran Pringsewu maka peneliti tertarik untuk menganalisis kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan dasar di UPTD Puskesmas Pagelaran Pringsewu. Tujuan penelitian untuk menganalisis kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan dasar di UPTD Puskesmas Pagelaran Pringsewu. Jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian pasien rawat jalan di UPTD Puskesmas Pagelaran Pringsewu teknik probability accidental sampling. Sampel penelitian 161 responden. Instrumen penelitian adalah kuesioner. Analisa data yang digunakan untuk analisa Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh bukti fisik (Path Coefficient 0,123 t statistik 2,269), daya tanggap (Path Coefficient 0,268 t statistik 3,389), empati (path Coefficient 0,325 t statistik 5,268), jaminan (path Coefficient 0,116t statistik 2,754), kehandalan (path Coefficient 0,235 t statistik 3,462) terhadap motivasi kerja. Saran pada penelitian ini Puskesmas menciptakan sebuah kepuasan pasien dan pelayanan yang diberikan belum sesuai apa yangdiharapkan pasien, cara yang bisa ditempuh adalah dengan peningkatan kualitas SDM. 

 

Kata Kunci: Kepuasan, Pasien, Rawat Jalan, Puskesmas Pagelaran Pringsewu


Kata Kunci


Kepuasan, Pasien, Rawat Jalan, Puskesmas Pagelaran Pringsewu

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Afrashtehfar, K.I., Assery, M.K. And Bryant, S.R., (2020). Patient Satisfaction In Medicine And Dentistry. International Journal Of Dentistry

Algifari. (2019). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan: Metode Importance Performance Analysis Dan Model Kano. Bpfe. Yogyakarta.

Aprina, & Anita. (2017). Riset Keperawatan. Bandar Lampung: Poltekkes Tanjung Karang

Ardiyan, F., Yulianeu, Y., Fathoni, A., & Hasiholan, L. B. (2017). Analisis Pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Kasus Pada Puskesmas Kedung Mundu Semarang). Journal Of Management, 3(3)

Arianto, D. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Organizational Citizenship Behavior Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Staff Pt Kepuh Kencana Arum Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen (Jim), 5(3).

Batbaatar, E., Dorjdagva, J., Luvsannyam, A., Savino, M. M., & Amenta, P. (2015). Determinants Of Patient Satisfaction: A Systematic Review. Perspectives In Public Health, 137(2), 89–101.

Departemen Kesehatan Ri. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Jakarta: Kementrian Kesehatan Ri

Dewi, R.S. (2016). Analisis Kepuasan Konsumen Pada Pedagang Kaki Lima Di Kawasan Simpang Lima. Jurnal Vol.5 No.1.

Doloksaribu, M. F., Lubis, M. R., & Ideyani, N. (2021). Pengaruh Kesejahteraan Psikologis Dan Iklim Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(4), 2023-2029.

Ferdinand, (2000). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Pt. Rineka Cipta, Yogyakarta.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss (Edisi Ke 4). Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Handayany, G. N. (2020). Kualitas Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Pasien. Media Nusa Creative (Mnc Publishing).

Haryeni, H., & Yendra, N. (2020). Dampak Dimensi Servqual Terhadap Kepuasan Pasien, Komunikasi Word Of Mouth, Dan Repurchase Intentions Pada Rumah Sakit Swasta Dikota Padang. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah, 14(2).

Hasyim, M. R. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Kassi-Kassi Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Universitas Diponegoro, Semarang.

Hulland, J. (1999). Use Of Partial Least Squares ( Pls ) In Strategic Management Research : A Review Of Four Recent Studies. 204(April 1998), 195–204.

Idris & Gayatri. (2015). Penilaian Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit: Pendekatan Quality Function Deployment (Qfd). Universitas Sriwijaya

Karunia, M., Azizah, N., Rahayu, O., Melati, P. S., & Santoso, A. P. A. (2022). Mutu Dan Kepuasan Terhadap Pasien. Journal Of Complementary In Health, 2(1), 63-66.

Kemenkes Ri. (2013). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 71 Tahun 2013 Tentang Pelayanan Kesehatan Pada Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes Ri. (2017). Buku Panduan Germas. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes Ri.(2019). Permenkes Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Lampus, C. S., Umboh, A., & Manampiring, A. E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rsup Prof. Dr. Rd Kandou Manado. Medical Scope Journal, 4(2), 150-160.

Lovelock, C, Dan Wright, L. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa, Alihbahasa Agus Widyantoro (Cetakan Kedua). Jakarta

Lupiyoadi,R. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat

Manek. O. (2020). Analisis Pelayanan Kesehatan Rawat Inap Faskes I Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Puskesmas. Strada Press

Matondang, M. R., Madjid, T. A., & Chotimah, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Karadenan Kecamatan Cibinong Kabupaten Bogor Tahun 2018. Promotor, 2(4), 276-284.

Miranda, C. A. (2018). Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Uptd Puskesmas Langsa Kota. Jurnal Rekam Medic, 2(2), 142-151.

Mulyawan, R. (2016). Birokrasi Pelayanan Publik. Bandung: Unpadpress Mustanir Ahmad. 2022. Pelayanan Publik. Pasuruan, Jawa Timur: Qiara Media.

Munawwaroh, A. I., & Indrawati, F. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Lerep. Indonesian Journal Of Public Health And Nutrition, 2(3), 268-277.

Muninjaya, G. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Edisi 2. Jakarta. Egc.

Nababan, M. C., Listiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 4(2), 6-16.

Parasuraman, Berry, Ll, Zeithaml, Va, & Ananthanarayanan (1985). Kualitas Juga Penting Dalam Layanan. Business Horizons , 28 (3), 44-52.

Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021. Peraturan Pemerintah Nomor 47 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan. Jakarta : Presiden Republik Indonesia

Pratama, B. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Dasar Di Puskesmas Tangkeh Kecamatan Woyla Timur Kabupaten Aceh Barat (Doctoral Dissertation, Upt Perpustakaan).

Puskesmas Pagelaran. (2024). Profile Pukesmas Pagelaran 2024. Lampung Selatan

Rifai, K.(2023). Kepuasan Konsumen. Uin Khas Press

Safitri, D., & Gurning, F. P. (2023). Analisis Indeks Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Pada Peserta Bpjs Di Rsu X Kota Medan. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 3473-3482.

Seniwati, S., Anugrahwati, R., Silitonga, J. M., Hutagaol, R., Gunawan, D., Sihura, S. S. G., ... & Solehudin, S. (2022). Buku Manajemen Keperawatan.

Sujarwo, J. (2023). Analisis Kualitas Layanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien (Studi Pada Instalasi Rawat Jalan Puskesmas Sukomoro Kabupaten Nganjuk). Otonomi, 23(2), 243-248.

Tjiptono. (2012). Strategi Pemasaran, Ed. 3.Yogyakarta. Andi

Triwardani, Y. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Bpjs Pada Pelayanan Di Puskesas Pamulang (Bachelor's Thesis, Jakarta: Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Syarif Hidayatullah).

Urbach, N. & Ahlemann, F. (2010). Structural Equation Modellig In Informations Systems Research Using Partial Least Squares. Journal Of Information Technology Theory And Application, 11 (2)

Utari, N., Ningsi, B. A., & Arofah, I. (2023). Model Persamaan Struktural Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Pemeriksaan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Pasir Putih Sawangan Depok. J Statistika: Jurnal Ilmiah Teori Dan Aplikasi Statistika, 16(2), 565-573.

Vanchapo, A. R., Kep, S., Magfiroh, M. M., & Kep, S. (2022). Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien. Penerbit. Tata Mutiara Hidup Indonesia.

World Health Organization. (2018). Delivering Quality Health Services: A Global Imperative For Universal Health Coverage. World Health Organization.

Yunita. N., Husin, N., & Ningsih, E. R. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Sistem Pendaftaran Rawat Jalan Sistem Online.Cv.Science Techno Direct




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i5.19833

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License