Pengaruh Permainan Lego Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak
Sari
ABSTRACT
Early Childhood refers to the age group of 3-6 years, which is a unique developmental stage (golden age) and a crucial period for enhancing children's intelligence potential. However, developmental delays in children, particularly fine motor skills, remain a significant challenge, with a prevalence of 33.4% in Central Java (WHO & Ministry of Health RI). Fine motor skills involve eye-hand coordination and finger dexterity. A play-based approach, such as Lego play, can be an effective solution to optimize its development. This study used a pre-experimental design with a one-group pretest-posttest approach. The population and sample of this study consisted of 23 respondents. The sampling technique used was total sampling with inclusion and exclusion criteria. The measurement tool used in this study was a questionnaire based on the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia No. 137 of 2014 on Early Childhood Education Standards, developed from research by Siti Masnah in 2022. The normality test used was the Shapiro-Wilk test, and data analysis was conducted using the Paired T-Test. The data analysis using the Paired T-Test before and after intervention produced a P-value of 0.000, which means P < 0.05, leading to the rejection of H0 and acceptance of Ha. There is an effect of Lego play on the fine motor development of children.
Keywords: Development, Early Childhood, Fine Motor Skills, Lego Play
ABSTRAK
Anak Usia Dini merupakan kelompok usia 3-6 tahun yang berada pada masa perkembangan yang unik (golden age), yang merupakan periode penting untuk mengasah potensi kecerdasan anak. Namun, masalah keterlambatan perkembangan anak, khususnya motorik halus, masih menjadi tantangan besar, dengan prevalensi di Jawa Tengah yang mencapai 33,4% (WHO & Kemenkes RI). Motorik halus melibatkan koordinasi mata dan tangan serta kelincahan jari jemari. Pendekatan bermain, seperti permainan lego, dapat menjadi solusi efektif untuk mengoptimalkan perkembangannya. Desain penelitian pre-eksperimental one group pretest-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 23 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dari Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini yang dikembangkan oleh penelitian dari Siti Masnah tahun 2022. Uji normalitas yang digunakan Shapiro Wilk dan uji analisa data menggunakan uji Paired T-Test. Hasil analisa data menggunakan uji Paired T-Test antara sebelum dan sesudah menghasilkan nilai P sebesar 0,000 yang berarti nilai < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ada pengaruh antara permainan lego terhadap perkembangan motorik halus pada anak.
Kata Kunci: Perkembangan, Anak Usia Dini, Motorik Halus, Permainan Lego
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
A.dit, A.. (2020). Ca.ra. Menstimula.si Perkemba.nga.n Motorik A.na.k Usia. 5-6 Ta.hun. Kompa.s.com.
A.l-Ta.ujih, J., A.tuz Zeky, A.., & Ba.tuba.ra., J. (2019). Tera.pi Berma.in Menurut Ca.rl Gusta.v Jung Da.la.m Menga.ta.si Perma.sa.la.ha.n A.na.k. 5(2), 227–235. https://ejourna.l.uinib.a.c.id/jurna.l/index.php/a.tta.ujih/
A.ngelisca., A.. H., Ka.smia.ti, & Uta.mi, W. S. (2023). Penga.ruh Berma.in Pa.per Quilling Terha.da.p Kema.mpua.n Motorik Ha.lus A.na.k Kelompok B2 di TK Yunico Kota. Ja.mbi. Journa.lOfSocia.lScienceResea.rch, 3.
A.stuti, S. (2021). Jurna.l Pendidika.n Da.n Pembela.ja.ra.n A.na.k Usia. dini. 06(02). https://doi.org/10.24903/jw.v4i2.761
Durrotul, M. (2023). Fa.ktor-fa.ktor ya.ng Mempenga.ruhi Perkemba.nga.n Fisik Motorik A.na.k Usia. Dini. Kompa.sia.na..
Ha.miza., N., Institut, P., Isla.m, A.., Muha.mma.d, S., Sa.mba.s, S., Ca.hya., N., & Institut, D. (2022). PRIMEA.RLY Jurna.l Ka.jia.n Pendidika.n Da.sa.r da.n A.na.k Usia. Dini Penga.ruh Berma.in Kola.se Terha.da.p Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k.
Ha.rda.ni, A.uliya., N. H., Fa.rda.ni, R. A.., Ustia.wa.ty, J., Uta.mi, E. F., Sukma.na., D. J., & Istiqoma.h, R. R. (2020). Metode Penelitia.n Kua.lita.tif & Kua.ntita.tif (H. A.ba.di, Ed.; Perta.ma.). Pusta.ka.Ilmu.
Ha.rmila., Fetriya.h, U. H., & Nito, P. J. (2023). Perma.ina.n Puzzle Mempenga.ruhi Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. 4-5 Ta.hun. (JKJ):Persa.tua.nPera.wa.tNa.siona.lIndonesia., 11.
Ha.rya.ni, M., & Qa.lbi, Z. (2021). Pema.ha.ma.n Guru Pa.ud Tenta.ng A.la.t Perma.ina.n Eduka.tif (A.PE) Di TK Pertiwi 1 Kota. Bengkulu. Jurna.lEduchild(Pendidika.n&Sosia.l), 10.
Hermina.. (2020, September). Ga.nggua.n Motorik pa.da. A.na.k. Hermina.Serpong.
Hida.ya.t, A.. A.. A.. (2014). Metode Penelitia.n Kebida.na.n da.n Teknik A.na.lisis Da.ta. (Kedua.). Sa.lemba.Medika..
Julti Persilia.ni, I., Cindrya., E., & Studi Pendidika.n Isla.m A.na.k Usia. Dini, P. (2023). Penga.ruh A.la.t Perma.ina.n Eduka.tif Da.ri Ba.ra.ng Beka.s Terha.da.p Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. 5-6 Ta.hun Di Pa.ud Ka.sih Ibu Desa. Ta.la.ng Ipuh. Da.la.m Journa.l Of Lifelong Lea.rning (Vol. 6, Nomor 2).
Kemenkes. (2016). Pedoma.n Pela.ksa.na.a.n: Stimula.si, Deteksi, da.n Intervensi Dini Tumbuh Kemba.ng A.na.k.
Kemenkes. (2018). Profil Keseha.ta.n Indonesia. 2018. Kementeria.nKeseha.ta.nIndonesia..
Kementria.n Keseha.ta.n RI. (2022). Pedoma.n Pela.ksa.na.a.n Stimula.si, Deteksi, da.n Intervensi Dini Tumbuh Kemba.ng A.na.k di Tingka.t Pela.ya.na.n Keseha.ta.n Da.sa.r. Kementria.n Keseha.ta.n RI.
Kha.iri, H. (2018). Husnuzzia.da.tul Kha.iri Ka.ra.kteristik Perkemba.nga.n A.na.k Usia. Dini Da.ri 0-6 Ta.hun. 2(2).
Kholila.h, I., & Ma.ya.r, F. (2023). Penga.ruh Kegia.ta.n Usa.p A.bur terha.da.p Kema.mpua.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. Dini. Jurna.l Obsesi : Jurna.l Pendidika.n A.na.k Usia. Dini, 7(2), 2235–2244. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4392
Koma.ng A.yu, N., & Surya. Ma.nua.ba., I. B. (2021). Media. Pembela.ja.ra.n Zoolfa.beth Mengguna.ka.n Multimedia. Intera.ktif untuk Perkemba.nga.n Kognitif A.na.k Usia. Dini. Jurna.l Pendidika.n A.na.k Usia. Dini Undiksha., 9(2), 194–201. https://ejourna.l.undiksha..a.c.id/index.php/JJPA.UD/index
Kundre, & Ifsa.ksily, E. (2022). Pengemba.nga.n Krea.tivita.s A.na.k Usia. Dini Denga.n Mengguna.ka.n Perma.ina.n Lego Wa.rna. Pa.da. Pa.ud Ka.wa.nua. di Keca.ma.ta.n Tehoru Ka.bupa.ten Ma.luku Tenga.h. Jurna.l Ilmia.h Wa.ha.na. Pendidika.n.
Kurnia., D. (2021). Urgensi Perma.ina.n Ba.lok Terha.da.p Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k.
Kuswa.nto, A.. V., Uin, (, & Inta.n, R. (2023). Preschool: Jurna.l Perkemba.nga.n da.n Pendidika.n A.na.k Usia. Dini PERMA.INA.N LEGO: Upa.ya. Pengemba.nga.n Krea.tivita.s A.ud. 5(1), 2715–3622. https://doi.org/10.18860/pres.v4i2.xxxxx
Ma.ghfuroh, L. (2018). Metode Berma.in Puzzle Berpenga.ruh Pa.da. Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. Pra.sekola.h. Jurna.lEndura.nce, 3.
Muslich A.nshori, & Iswa.ti Sri. (2017). Metodologi Penelitia.n Kua.ntita.tif. A.irla.ngga. University Press.
Ningrum, H. P., Suka.mto, E., & Nura.chma., E. (2023). Perbeda.a.n A.la.t Perma.ina.n Eduka.tif (A.PE) Lego Denga.n Perma.ina.n Ga.me Terha.da.p Peningka.ta.n Motorik Ha.lus A.na.k Pra. Sekola.h. Na.utica.l: Jurna.l Ilmia.h Multidisiplin, 2.
Nisa., C., Lubis, S., A.lini, N., A.belia., A.., Na.sution, E., & Ba.nta.li, A.. (2025). Upa.ya. Meningka.tka.n Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. Dini Mela.lui Pela.ksa.na.a.n Perma.ina.n Lego di Tk A.na.nda. Binja.i Ba.ra.t. Jurna.l Pendidika.n A.na.k Usia. Dini, 2(2), 8. https://doi.org/10.47134/pa.ud.v2i2.1377
Notoa.tmodjo. (2018). Promosi Keseha.ta.n: Teori da.n A.plika.si. Rineka. Cipta..
Pa.mungka.s, M. S. H., Ra.hma.n, T., & Infra.ntini, L. D. (2023). Penga.ruh Perma.ina.n Pla.ydough Terha.da.p Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. Dini. Tinta. Ema.s: Jurna.l Pendidika.n Isla.m A.na.k Usia. Dini, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.35878/tinta.ema.s.v2i1.763
Pa.ne, M. D. C. (2024). Motorik Ha.lus Ta.ha.pa.n Perkemba.nga.n da.n Ca.ra. Mela.tihnya.. A.lodokter.
Progra.m, I., Kepera.wa.ta.n, S., Tinggi, I., & Keseha.ta.n, K. (2019). Ga.mba.ra.n Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus Pa.da. A.na.k Usia. Pra.sekola.h Denga.n Metode Mengga.mba.r Siti Muna.wa.roh * , A.ndriya.ni Mustika. Nurwija.ya.nti, Novi Indra.ya.ti. Da.la.m Community of Publishing in Nursing (Vol. 7, Nomor 1).
Putra., S., Risnita., Ja.ila.ni, M. S., & Na.sution, F. H. (2023). Penera.pa.n Prinsip Da.sa.r Etika. Penelitia.n Ilmia.h. Pendidika.nTa.mbusa.i.
Putri, D. I. (2022). Ga.nggua.n Motorik Ha.lus Pa.da. A.na.k ya.ng Perlu Bunda. Kena.li. Klikdokter.
S, M. I., Okta.viya.na., C., & A.zkia., C. N. (2023). Penga.ruh perma.ina.n puzzle terha.da.p perkemba.nga.n motorik ha.lus pa.da. a.na.k usia. pra.sekola.h di TK Ha.ra.pa.n Bunda. Ka.bupa.ten A.ceh Uta.ra.. Journa.l of Nursing Pra.ctice a.nd Educa.tion, 4(1). https://doi.org/10.34305/jnpe.v4i1.941
Sa.a.t, S., & Ma.nia., S. (2020). Penga.nta.r Metodologi Penelitia.n: Pa.ndua.n Ba.gi Peneliti Pemula. (Muza.kkir, Ed.; Kedua.). Pusa.ka.A.lMa.ida..
Sa.judin, M., Ha.biba.h, N., Guru, P., Ibtida.iya.h, M., Tinggi, S., Isla.m, A.., Blora., K. U., A.na.k, P. I., Dini, U., Ulum Blora., K., Iska.nda.r, J. M., 42 Mla.ngsen, N., Blora. Kota., K., & Blora., K. (2021a.). 46 Muha.mma.d Sa.judin Penga.ruh Berma.in Lego Konstruktif Terha.da.p Kecerda.sa.n Visua.l Spa.sia.l A.na.k Usia. Dini Kelompok A. Di Ra.udha.tul A.thfa.l (Ra.) Da.rul Muqoma.h Bulung Kulon Jekulo Kudus. Journa.l IKLILA.: Jurna.l Studi Isla.m da.n Sosia.l P-ISSN, 4(1), 46–73.
Sa.judin, M., Ha.biba.h, N., Guru, P., Ibtida.iya.h, M., Tinggi, S., Isla.m, A.., Blora., K. U., A.na.k, P. I., Dini, U., Ulum Blora., K., Iska.nda.r, J. M., 42 Mla.ngsen, N., Blora. Kota., K., & Blora., K. (2021b). 46 Muha.mma.d Sa.judin Penga.ruh Berma.in Lego Konstruktif Terha.da.p Kecerda.sa.n Visua.l Spa.sia.l A.na.k Usia. Dini Kelompok A. Di Ra.udha.tul A.thfa.l (Ra.) Da.rul Muqoma.h Bulung Kulon Jekulo Kudus. Journa.l IKLILA.: Jurna.l Studi Isla.m da.n Sosia.l P-ISSN, 4(1), 46–73.
Sa.ry, Y. N. E., A.mba.rsa.ri, N., & Suha.rtin, S. (2023). Penga.ruh Perma.ina.n Lego terha.da.p Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus pa.da. A.na.k Usia. 3-6 Ta.hun. Jurna.l Obsesi : Jurna.l Pendidika.n A.na.k Usia. Dini, 7(5), 6273–6280. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5350
Setya.ningsih, K., Fitri, I., Studi Pendidika.n Isla.m A.na.k Usia. Dini, P., Ilmu Ta.rbiya.h da.n Kegurua.n, F., & Isla.m Negeri Ra.den Fa.ta.h Pa.lemba.ng, U. (2022). Penga.ruh Media. Pla.ydough Terha.da.p Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus Pa.da. A.na.k Usia. 5-6 Ta.hun di TK A.ma.na.h Seka.yu Ta.hun 2021. Jurna.l Ilmia.h Multidisiplin, 1(3).
Setya.ningsih, T. S. A.., & Wa.hyuni, H. (2021). A.la.t Perma.ina.n Eduka.tif Lego Meningka.tka.n Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. Pra.sekola.h. Cendekia.Uta.ma., 10.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitia.n Kua.ntita.tif Kua.lita.tif da.n R&D (Kedua.). A.lfa.beta..
Suha.rta.nti, I., Rufa.ida., Z., Setyowa.ti, W., & A.riya.nti, F. W. (2019). Stimula.si Kema.mpua.n Motorik Ha.lus A.na.k Pra. Sekola.h (R. L. Ma.hmuda.h, Ed.; Perta.ma.). STIKesMa.ja.pa.hitMojokerto.
Sunda.ya.na., I. M., A.rya.wa.n, K. Y., Fra.nsisca., P. C., & A.stria.ni, N. M. D. Y. (2020). Perkemba.nga.n Motorik Ha.lus A.na.k Usia. Pra. Sekola.h 4-5 Ta.hun denga.n Kegia.ta.n Monta.se. Jurna.l Kepera.wa.ta.n Sila.mpa.ri, 3(2), 446–455. https://doi.org/10.31539/jks.v3i2.1052
Ta.la.ngo, S. R., Sulta.n, I., & Goronta.lo, A.. (2020). Konsep Perkemba.nga.n A.na.k Usia. Dini. Da.la.m ECIE Journa.l: Jurna.l Pendidika.n Isla.m A.na.k Usia. Dini Ea.rly Childhood Isla.mic Educa.tion Journa.l (Vol. 01, Nomor 01). https://kbbi.web.id.kemba.ng
WHO. (2018). World Hea.lth Sta.tistics of 2018. WHO.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i5.19957
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License