Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi
Sari
ABSTRACT
Puskesmas Simpang IV Sipin has experienced a decrease in the number of outpatient visits from 19,912 in 2021 to 5,375 visits in 2022. This study aims to determine the relationship between brand image, ease of access and facilities with the loyalty of Puskesmas Simpang IV Sipin outpatients. This study is a quantitative study with a cross sectional approach. The population in this study were patients who had received outpatient unit services at the Puskesmas Simpang IV Sipin with a sample size of 102 outpatients calculated using the Lemeshow formula. The research time was from October to December 2024 at Puskesmas Simpang IV Sipin. Analysis was carried out using univariate and bivariate with the chi square test. The results showed that out of 102 respondents, the majority percentage of Simpang IV Sipin Health Center outpatients with a loyal category attitude was 81 (79.4%). There is a relationship between brand image and patient loyalty (pvalue = 0.004), there is a relationship between ease of access and patient loyalty (p-value = 0.004) and there is a relationship between facilities and patient loyalty (p-value = 0.001). It is concluded that brand image variables, ease of access and facilities are significantly related to the loyalty of Puskesmas Simpang IV Sipin outpatients.
Keywords: Patient Loyalty, Brand Image, Ease of Access, Facilities.
ABSTRAK
Puskesmas Simpang IV Sipin telah mengalami penurunan jumlah kunjungan pasien rawat jalan dari 19.912 pada tahun 2021 menjadi 5.375 kunjungan pada tahun 2022. Penelitian ini bertujuan unutk mengetahui hubungan antara brand image, kemudahan akses dan fasilitas dengan loyalitas pasien rawat jalan Puskesmas Simpang IV Sipin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini merupakan pasien yang pernah mendapatkan pelayanan unit rawat jalan di Puskesmas Simpang IV Sipin dengan jumlah sampel 102 pasien rawat jalan yang dihitung dengan rumus Lemeshow. Waktu penelitian dari bulan Oktober-Desember 2024 di Puskesmas Simpang IV Sipin. Analisis dilakukan menggunakan univariat dan bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan dari 102 responden didapatkan mayoritas presentase pasien rawat jalan Puskesmas Simpang IV Sipin dengan sikap katagori loyal sebanyak 81 (79,4%). Ada hubungan antara brand image dengan loalitas pasien (p-value = 0,004), ada hubungan kemudahan akses dengan loyalitas pasien (p-value = 0,004) dan ada hubungan fasilitas dengan loyalitas pasien (p-value= 0,001). Variabel brand image, kemudahan akses dan fasilitas berhubungan secara signifikan dengan loyalitas pasien rawat jalan Puskesmas Simpang IV Sipin.
Kata Kunci: Loyalitas Pasien, Brand Image, Kemudahan Akses, Fasilitas.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Agustin, R. A. (2019). Perilaku Kesehatan Anak Sekolah: Perilaku Kesehatan, Prevalensi Penyakit Dan Upaya Peningkatan Status Kesehatan Anak Sekolah. Pustaka Abadi.
Amri, A. L. (2024). Pengaruh Brand Image, Online Review Customer Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Trust (Studi Kasus Pada Konsumen Moisturizer Skintific Di Semarang) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Aribowo, K., Purwanda, E., & Rahmi, A. S. (2024). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 5(01), 58-68.
Deniswara, P., Handayani, N., & Wahyudi, B. (2024). Analisis Faktor Pemasaran Digital Yang Berpengaruh Terhadap Minat Kunjungan Ulang Pasien Klinik Diana Medika Bekasi. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(1), 765-778.
Diastuti, N. K. (2023). Pengaruh Kepuasan Peserta Jkn Dalam Memediasi Hubungan Kualitas Pelayanan Dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Peserta Di Rumah Sakit Umum Balimed Denpasar (Doctoral Dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Hakim, M. L., Cahyono, D., & Herlambang, T. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1-13.
Hutami, W. T., Kustiyani, R., Janah, M., & Muljadi, M. (2025). Nursing Service Quality Strategy In Increasing Patient Loyalty At Bunda Sejati Hospital Tangerang. Jurnal Comparative: Ekonomi Dan Bisnis, 7(1), 289-300.
Kalijogo, F. M. (2019). Analisis Kualitaspelayanan Pasien Klinik Pratama Dengan Metode Servqual Dan Importance Performance Analysis. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(3).
Kawoco, S. B., Kusuma, F. H. D., & Widiani, E. (2018). Hubungan Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Di Rawat Inap Puskesmas Bantur. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).
Laila, F. N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Pasien Dan Konsekuensinya Terhadap Loyalitas Di Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia (Indonesian Health Scientific Journal), 9(2).
Meutia, R., & Andiny, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Langsa Lama. Niagawan, 8(2), 121.
Miftahul, A. (2023). Gambaran Sosial Budaya Pengasuhan Etnik Madura Pada Kejadian Stunting Usia Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Merah Kabupaten Bangkalan Studi Di Desa Dlambah Laok Kecamatan Tanah Merah Kabupaten Bangkalan (Doctoral Dissertation, Stikes Ngudia Husada Madura).
Nisa, H. K., & Aristi, D. (2023). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit. Jurnal Semesta Sehat (J-Mestahat), 3(1), 31-45.
Qomariah, N. (2021). Pentingnya Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung: Studi Pengaruh Customer Value, Brand Image, Dan Atribut Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Pariwisata Pantai. Pustaka Abadi.
Rahayu, H. A. (2024). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan Poli Mata Di Rsud Kabupaten Ciamis (Doctoral Dissertation, Universitas Siliwangi).
Sektiyaningsih, I. S., Haryana, A., & Rosalina, S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Citra Dan Loyalitas Pasien Pada Unit Rawat Jalan Rsud Mampang Prapatan Jakarta Selatan. Journal Of Business Studies, 4(1), 17-29.
Sihombing, Y. A. (2022). Loyalitas Pasien: Tinjauan Aspek Pelayanan, Kepuasan, Trust, Komitmen, Brand Equity, Dan Hospital Image. Penerbit Nem.
Sudirman, T. A. (2022). Pengaruh Brand Image, Trust Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pasien Instalasi Rawat Jalan Rsud Haji Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2022= The Effect Brand Image, Trust And Satisfaction On Patient Loyalty In The Outpatient Installa-Tion Of Haji Hospital South Sulawesi Province In 2022 (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).
Sukesi, S. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Pada Loyalitas Pasien Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Idei: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 3(1), 9-21.
Supangat, D. W. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Kepuasan Pasien Terhadap Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rsup Dr. Tadjuddin Chalid Makassar= The Effect Of Brand Image And Patient Satisfaction On Outpatient Loyalty At Hospital Of Dr. Tadjuddin Chalid Makassar (Doctoral Dissertation, Universitas Hasanuddin).
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i5.20121
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License