Pengaruh Pendidikan Kesehatan tentang Dismenore terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja dalam Mengatasi Dismenore (SMK) Muhammadiyah 1 Banjarmasin
Sari
ABSTRACT
Adolescence is a critical phase in individual development marked by various physical and psychological changes, one of which is menstruation. Dysmenorrhea, or menstrual pain, is a common health problem experienced by adolescent girls and can interfere with daily activities and reduce quality of life. The lack of adolescent knowledge about dysmenorrhea poses a particular challenge, thus requiring a health education intervention. This study aims to determine the effect of health education on dysmenorrhea on adolescents' knowledge in managing dysmenorrhea at SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. This research employed a pre-experimental design with a one-group pre-test and post-test approach. The sample consisted of 33 respondents selected through purposive sampling. The instrument used was a knowledge-level questionnaire. Data analysis was conducted using the Wilcoxon Signed Rank Test. The results showed that before receiving health education, the majority of adolescents had a moderate level of knowledge (69.7%). After the intervention, the level of knowledge increased to the good category (75.8%). The Wilcoxon test results indicated a significant effect of health education on adolescents' knowledge of dysmenorrhea (p = 0.000 < α = 0.05).
Keywords: Health Education, Dysmenorrhea, Knowledge, Adolescent Girls.
ABSTRAK
Masa remaja merupakan fase kritis dalam perkembangan individu yang ditandai dengan berbagai perubahan fisik dan psikologis, salah satunya adalah menstruasi. Dismenore, atau nyeri haid, merupakan masalah kesehatan yang umum dialami oleh remaja putri dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari serta menurunkan kualitas hidup. Kurangnya pengetahuan remaja tentang dismenore menjadi tantangan tersendiri, sehingga diperlukan intervensi pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang dismenore terhadap tingkat pengetahuan remaja dalam mengatasi dismenore di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test dan post-test. Jumlah sampel sebanyak 33 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tingkat pengetahuan. Analisis data dilakukan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan pendidikan kesehatan, sebagian besar remaja memiliki tingkat pengetahuan cukup (69,7%). Setelah intervensi, tingkat pengetahuan meningkat menjadi kategori baik (75,8%). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan remaja tentang dismenore (p = 0,000 < α = 0,05).
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Dismenore, Pengetahuan, Remaja Putri.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
ali, Tazeen Saeed, And Syeda Naghma Rizvi. 2010. “Menstrual Knowledge And Practices Of Female Adolescents In Urban Karachi, Pakistan.” Journal Of Adolescence 33(4):531–41. Doi: 10.1016/J.Adolescence.2009.05.013.
Anne, Shreya, And K. Vijayalakshmi. 2024. “Menstrual Hygiene And Its Awareness Among Adolescent Girls-A Study From An Urban Area Study Type.” 13(10):2869–74.
Ari Damayanti Wahyuningrum. 2022. Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Prakonsepsi. Yogyakarta : Cv. Media Sains Indonesia., 2022.
Ayele, Amanuel, Meskerem G/Mariam, Hunachew Beyene, Alemu Tolcha, Dansamo Tediso, Teshale Shalamo, And Teshale Belayneh. 2025. “Menstrual Hygiene Practice And Associated Factors Among Adolescent Primary School Females In Dale Woreda, Sidama, Ethiopia: A Cross Sectional Study.” Frontiers In Reproductive Health 7:1458132. Doi: 10.3389/Frph.2025.1458132.
Bansal, R., Singh, H., Kaur, R., & Kaur, A. 2021. “Effectiveness Of Structured Teaching Programme On Knowledge Regarding Dysmenorrhea And Its Management Among Adolescent Girls.” Journal Of Education And Health Promotion, 10, 106.
Betsu, Balem Demtsu, Araya Abrha Medhanyie, Tesfay Gebregzabher Gebrehiwet, And L. Lewis Wall. 2024. “Menstrual Hygiene Management Interventions And Their Effects On Schoolgirls’ Menstrual Hygiene Experiences In Low And Middle Countries: A Systematic Review.” Plos One 19(8):E0302523. Doi: 10.1371/Journal.Pone.0302523.
Beverlee Leevia Kawalo, And Monalisa Sitompul. 2022. “Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Tentang Dismenore Di Sma Advent Tompaso.” Jurnal Kesehatan 10(1):15–22. Doi: 10.55912/Jks.V10i1.47.
Brown, Natalie, Laura J. Forrest, Rebekah Williams, Jessica Piasecki, And Georgie Bruinvels. 2024. “‘Everyone Needs To Be Educated’: Pupils’ Voices On Menstrual Education.” Reproductive Health 21(1):1–14. Doi: 10.1186/S12978-024-01862-6.
Ernawati Sinaga, Nonon Saribanon, Suprihatin Nailus Sa’adah, Ummu Salamah, Yulia Andani Murti, Agusniar Trisnamiati, Santa Lorita. 2020. “Manajemen Kesehatan Menstruasi.”
Frida Lina Tarigan, Skm., M.Kes., Dr. Donal Nababan, Skm., M.Kes., Dr. Daniel Ginting, Mmr., Dr. Otniel Ketaren, M.Si., Dr. Mahrona Kartika, Mk. 2022. Media Didong Bahasa Gayo Dengan Bahasa Indonesia Dalam Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Covid-19.
Gagah, Dino, Dahlan Gunawan, And Nadya Isra Miranti. 2021. “Hubungan Antara Depresi Dengan Dismenorea Pada Pasien Poli Psikiatri Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam.” Zona Kedokteran: Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Batam 11(3):102–9. Doi: 10.37776/Zked.V11i3.940.
Ghimire, Saraswati, Nand Ram Gahatraj, Niranjan Shrestha, Smriti Manandhar, And Shalik Ram Dhital. 2024. “Effects Of Health Education Intervention On Menstrual Hygiene Knowledge And Practices Among The Adolescent Girls Of Pokhara Metropolitan, Nepal.” Plos One 19(9):E0291884. Doi: 10.1371/Journal.Pone.0291884.
Haditya, Tasya, Mardlatillah Mardlatillah, Farah Nur Ain, Nur Syifa, And Muhammad Akhzani Fadhli. 2022. “Evaluasi Penanganan Nyeri Haid (Dysmenorrhea) Dengan Protection Motivation Theory.” Journal Pharmaceutical Care And Sciences 2(2):12–20. Doi: 10.33859/Jpcs.V2i2.80.
Jahangir, Rumisa, And Kavita Rana. 2025. “Effectiveness Of Video-Assisted Teaching Program On Knowledge Regarding Effects Of Home Remedies On Dysmenorrhea Among Adolescent Girls Studying At Stephens International Public School, Miran Sahib, Jammu.” Indian Journal Of Holistic Nursing (Issn: 2348-2133) 16(1):1–7. Doi: 10.24321/2348.2133.202501.
Johnny, Ricky. 2025. “Menstrual Health Education And Its Impact On Academic Performance Among Adolescent Girls.” (April).
Khan, Nagma, And Arati Mahishale. 2024. “An Educational Intervention On Situational Awareness And Understanding Of Menstrual Hygiene, Knowledge, Taboo, And Its Practices Among School-Going Adolescent Girls In Rural Areas Of Belagavi, Karnataka.” Archives Of Medicine And Health Sciences 12(2):214–22. Doi: 10.4103/Amhs.Amhs_13_24.
Kusnaningsih, Aida. 2020. “Prevalensi Dismenore Pada Remaja Putri Di Madrasah Aliyah Darul Ulum Dan Miftahul Jannah Palangka Raya.” Jurnal Surya Medika 5(2):1–8. Doi: 10.33084/Jsm.V5i2.1247.
Kusuma, Universitas, Husada Surakarta, And Siswi Smpn Wonosari. 2025. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Disminore Melalui Video Motion Graphics Terhadap Tingkat Pengetahuan Pada Siswi Smpn 2 Wonosari.”
Lismaya, Liza Aina, Etty Komariah Sambas, And Soni Hersoni. 2021. “Tingkat Nyeri Dan Penanganan Nyeri Saat Menstruasi Pada Remaja Putri.” Journal Of Bth Nursing 1(1):25–41.
Manafe, Karunia Natalia, Apris A. Adu, And Helga J. N. Ndun. 2021. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Dismenore Dan Penanganan Non Farmakologi Di Sman 3 Kupang.” Media Kesehatan Masyarakat 3(3):258–65. Doi: 10.35508/Mkm.V3i3.3813.
Mardiyah, Maryam Syarah, And Ahmad Rizal. 2024. “Hubungan Pengetahuan Remaja Dengan Perilaku Penangan Dismenore.” Jurnal Kesehatan Tambusai 5(2):5722–29.
Marliany, Heni, Ima Sukmawati, Hani Septiani, And Siti Ade Nurhidayah. 2023. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Dismenore Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri.” Healthcare Nursing Journal 5(1):650–55.
Marni, Herdy Juniawan, Farhandika Putra. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Dismenore Pada Remaja Siswi Usia 16-19 Tahun.” Journal, Nursing Sciences Issn, P- 6(2):100–109.
Meliono, Irmayanti, Dkk. 2022. “Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Disminorhoe Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Mengena Disminorhoe Di Kelas Xi Sman 2 Banguntapan Effect Of Health Education Level Of Knowladge About Disminorhoe Teen Prinvess Disminorhoe On In Class Xi Sman 2.” Jurnal 3(2):37–54.
Putri Dwimisti, Luthfiyah, Retno Mardhiati Adiwiryono, Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan, And Kesehatan Dr Masyarakat Universitas Muhammadiyah Hamka. 2022. “Nomor 1, Maret 2024 Dysmenorec Complaints In Adolescent Students Of Health Vocational School Of Mulia Karya Husada.” Jurnal Kesehatan Al-Irsyad 17:2022.
Roslianti, Elis, Susi Susilawati, And Ima Sukmawati. 2020. “Correlation Of Bullying With Anxiety Among Teenagers.” 01:11–14.
Rosyida Desta Cahya Ayu. 2019. Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita. Bantul : Pustaka Baru, 2019.
Santiya, Deva Indowidy, Nurul Mahmudah, And Intan Mutiara Putri. 2022. “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Dalam Mengatasi Dismenore Pada Mahasiswi Prodi S1 Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.” Jurnal Sehat Mandiri 17(2):123–32. Doi: 10.33761/Jsm.V17i2.767.
Siregar, Rya Anastasya, And Novita Sari Batubara. 2021. “Penyuluhan Dan Senam Disminore Pada Anak Remaja Putri Di Desa Joring Natobang Kecamatan Angkola Julu Padangsidimpuan.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (Jpma) 3(1):5–12. Doi: 10.51933/Jpma.V3i1.341.
Sri Delviana Daud, Sri Wahyuni, And Nelfa F. Takahepis. 2023. “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah Di Ra Karakter Assalam Manado.” Corona: Jurnal Ilmu Kesehatan Umum, Psikolog, Keperawatan Dan Kebidanan 1(4):103–14. Doi: 10.61132/Corona.V1i4.89.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Susilowati, E., N. Izah, F. Rakhimah-Jurnal Profesi Bidan Indonesia, And Undefined 2023. 2023. “Pengetahuan Remaja Dan Akses Informasi Terhadap Sikap Dalam Praktik Kesehatan Reproduksi Remaja.” Pbijournal.Org 2798–8856.
Suwandewi, Alit, Hiryadi Hiryadi, And Miranti Rahayu. 2021. “Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Program Isi Piringku Terhadap Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil.” Journal Of Nursing Invention E-Issn 2828-481x.
Tiranda, Yulius. 2023. Metodologi Penelitian : Langkah Praktis (Pemula) Merancang Penelitian Kuantitatif. E-Book. Edited By T. Ismail. Jakarta Timur: Cv. Trans Info Media.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i12.21738
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Panduan Penulisan






