Efektivitas Pendidikan Kesehatan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan Metode Simulasi terhadap Pengetahuan Siswa SMA N 1 Gading Rejo
Sari
ABSTRACT
An emergency this situation requires appropriate support, including providing basic life support (BLS), not only to healthcare workers but also to students, as this is rarely addressed in emergencies regardless of age or location. This study aimed to determine the effectiveness of simulated BLS health education on students' knowledge at SMA Negeri 1 Gading Rejo. This research methodology was quantitative, using a quasi-experimental design, and a One Group Pre- and Post-Test Design. The study population was 1,179 students enrolled at SMA Negeri 1 Gading Rejo in 2025. The sample size was 30 respondents. The sampling technique used was probability sampling, i.e., random sampling. Sixty percent of students experienced an increase in knowledge, 30% experienced no change, and 10% experienced a decrease, indicating a significant difference between knowledge before and after the intervention. BHD health education using simulation methods is effective in improving student knowledge at SMA Negeri 1 Gading Rejo. This method provides hands-on learning experiences that significantly improve student understanding.
Keywords: Basic Life Support, Simulation, Knowledge, Students.
ABSTRAK
Gawat darurat hal ini memerlukan dukungan yang tepat untuk menghadapi keadaan ini yaitu pemberian pendidikanbantuan hidup dasar (BHD), bukan hanya kepada tenaga kesehatan pemberikan pendidikan kesehatan pada siswa perlu di berikan karena hal ini sangat jarang menjadi perhatian padahal keadaan kegawatdaruratan tidak mengenal usia dan tempat. Diketahui efektivitas pendidikan kesehatan BHD metode simulasi pada siswa SMA Negeri 1 Gading Rejo terhadap pengetahuannya. Metodologi penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, rancangan metode quasi-eksperiment dan rancangan One Group Pre And Post Test Design. Populasi penelitian yang terdaftar di SMA Negeri 1 Gading Rejo pada tahun 2025, yaitu sebanyak 1179 orang. Sampel pada penelitian ini adalah 30 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu Teknik random sampling.Sebanyak 60% siswa mengalami peningkatan pengetahuan, 30% tidak mengalami perubahan, dan 10% mengalami penurunan.), yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah intervensi. Pendidikan kesehatan BHD dengan metode simulasi efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa di SMA Negeri 1 Gading Rejo. Metode ini memberikan pengalaman belajar langsung yang mampu meningkatkan pemahaman siswa secara signifikan.
Kata Kunci: Bantuan Hidup Dasar, Simulasi, Pengetahuan, Siswa
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ahmad Hasan Basri, H., & Istiroha, I. J. J. o. n. c. (2019). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) meningkatkan pengetahuan dan kesiapan menolong korban kecelakaan pada tukang ojek.
Böttiger, B. W., Semeraro, F., & Wingen, S. (2017). “Kids save lives”: educating schoolchildren in cardiopulmonary resuscitation is a civic duty that needs support for implementation. Journal of the American Heart Association, 6(3), e005738.
Damansyah, H., et al. (2021). "Pengetahuan dan Sikap Perawat tentang Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) dalam Pelaksanaan Tindakan Kegawatdaruratan di Ruang Khusus RSUD dr. MM Dunda Limboto
Darsini, D., et al. (2019). "Pengetahuan; artikel review." Jurnal Keperawatan 12(1): 13-13.
Hartanto, W., et al. (2024). "Pengaruh pelatihan bantuan hidup dasar terhadap tingkatan pengetahuan mahasiswa fakultas kedokteran program studi pendidikan dokter universitas udayana." 8(2): 4576-4583.
Inayah, D. (2022). Hubungan tingkat kecemasan dengan kualitas tidur pasien gagal ginjal kronik yang menjalani hemodialisis di klinik diatrans jatiwaringin. Universitas binawan,
Khalilati, N., et al. (2020). "Efektivitas Skill Bantuan Hidup Dasar (BHD) Dengan Metode Simulasi Dengan Kemampuan Siswa Di sman 1 Tabunganen." 11(2): 452-461.
Liansari, V., & Untari, R. S. J. U. P. (2020). Buku Ajar Strategi Pembelajaran. 1- 95.
Meilando, R. And M. K. J. B. A. K. G. D. Ners (2024). "BAB X." 194.
Milah, A. S. (2022). Pendidikan Kesehatan dan Promosi Kesehatan dalam Keperawatan, Edu Publisher.
Nirmalasari, V., & Winarti, W. J. J. K. W. G. I. (2020). Pengaruh pelatihan (bhd)
Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi penelitian Kesehatan Jakarta: Rineka Cipta Notoatmodjo, S.(2007). Kesehatan masyarakat ilmu dan seni. Jakarta: Rineka Cipta.
Novita Indriyani Safitri, N. (2020). Pengaruh pelatihan Bantuan Hidup Dasar metode simulasi terhadap keterampilan siswa di SMK Asta Mitra Purwodadi, Universitas Kusuma Husada Surakarta.
Nugroho, F. S. (2023). Book-promosi dan pendidikan kesehatan di masyarakat (strategi dantahapannya)-farid setyo nugroho, skm, m. kes-universitas veteran bangun nusantara, pt global eksekutif teknologi.
Nur, M. P., Hasanuddin, F., & Ismunandar, I. J. P. J. P. M. (2023). Edukasi dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar pada Sentra Komunikasi Mitra Polri Provinsi Sulawesi Selatan. 4(4), 943-956.
Purwoko, P., Nugroho, A., Santosa, S. B., Supraptomo, R. T., Setijanto, E., Purnomo, H. D., . . . Ihsaniar, A. J. S. (2024). Bantuan Hidup Dasar Dan Edukasi Tatalaksana Nyeri Di Lingkungan Sekolah Menengah Atas Karanganyar. 13(1), 110-119.
Rosidawati, I. (2020). Penanganan Kegawatdaruratan Berbasis Masyarakat, EDU PUBLISHER.
Santoso, E. B., et al. (2024). Buku Ajar Promosi Kesehatan Dan Pendidikan Kesehatan, Basya Media Utama.
Setioputro, B., & Yunanto, R. A. J. D. S. J. P. M. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Dengan Metode Ceramah dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa SMA. 2(3), 231-241.
SINGAM, G. C. P. A. "gambaran tingkat pengetahuan mahasiswa div keperawatan anestesiologi tentang bantuan hidup dasar (BHD) di itekes bali."
Suleman, I. J. J. P. M. F. P. S. (2023). "Edukasi Bantuan Hidup Dasar (BHD) Awam Untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Menolong Korban Henti Jantung." 2(2): 103-112.
Tamar, M., & Rialita, R. J. J. I. K. (2023). Pengaruh Media Audiovisual Hands Only Cardiopulmonary Resuscitation (CPR) Terhadap Tingkat Pengetahuan Dalam Penanganan Henti Jantung Pada Siswa/I PMR Di SMA Negeri 1 Ujan Mas. 1(1), 18-28.
terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa kesehatan masyarakat. 4(2), 115-123.
Wahab, A. J. J. P. d. T. K. (2022). Sampling dalam Penelitian Kesehatan. 5(1), 42-49.
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2023). The Effect Of Nursing Skills Learning Media Through Video On Student Competency Achievement In Infusion Installation. Jurnal Aisyah: Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(S1), 109-114.
Yuliana, E. (2017). Analisis pengetahuan siswa tentang makanan yang sehat dan bergizi terhadap pemilihan jajanan di sekolah, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.Jantung." 2(2): 103-112.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v7i12.21986
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


Panduan Penulisan






