PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PIJAT BAYI SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA KEBIDANAN

Selasih Putri Isnawati Hadi

Sari


Pendahuluan: Kesehatan bayi dan balita adalah salah satu tanggung jawab bidan. Mengingat jumlah anak balita yang sangat besar di Indonesia, yaitu sekitar 10% dari total populasi dan pada tahun 2010 masih ada sekitar 30% bayi yang mengalami sedikit keterlambatan dalam keterampilan motorik kasar, sehingga upaya harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas. pelayanan kesehatan termasuk kegiatan stimulasi seperti pijat bayi. Salah satu kompetensi mahasiswa kebidanan harus mampu melakukan pijatan bayi. Sebagai upaya meningkatkan kualitas calon bidan, salah satunya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif dengan modul elektronik sebagai pendukung pembelajaran pada mahasiswa kebidanan.

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan modul elektronik dan menilai kelayakan modul elektronik sebagai pendukung pembelajaran pada mahasiswa kebidanan.

Metode: Penelitian ini menggunakan model pengembangan Analisys, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes validasi pada beberapa pakar (pakar materi dan pakar media) dan penialian user dengan menilai respon kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner terbuka

Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dari penilaian kelayakan ahli materi skor perolehan 89 dengan kriteria layak, kelayakan ahli media 176 dengan kriteria layak, dan kemudian evaluasi uji coba kelompok kecil oleh mahasiswa kebidanan 112,9 dengan kriteria sangat layak.

Kesimpulan : Modul elektronik pijat bayi ini layak dam dapat direkomendasikan
sebagai pendukung pembelajaran pada mahasiswa kebidanan.

 

Kata Kunci      : Modul Elektronik, Pijat Bayi, Pendukung Pembelajaran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminati,D. (2013). Pijat dan Senam untuk Bayi dan Balita. Yogyakarta : Brilliant Books.

Azhar Arsyad. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Fauzan, Adhim. (2011). Hubungan Pendidikan Karakter terhadap Kecerdasan Emosional pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang. Malang : Jurnal Inspirasi Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang.

Gozalli F dan Billion Lo. (2011). Optimalisasi Pemanfaatan TI dalam Dunia Pendidikan. Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Singaraja

Hapsari, M.D, Hartini,Sri. Solechan, Achmad. (2017). Efektifitas Pijat Bayi Terhadap Frekuensi Buang Air Besar (BAB) pada Anak Usia 6-24 Bulan dengan Diare di SMC RS Telogorejo. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan (JIKK) Vol III No.1, Juni 2017

Hendri, Jonias. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran E-Module terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Muatan Lokal Elektronika di SMPN 6 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 03 Nomor 03.

Indonesia Pediatrik. (2014). Perkembangan motorik Bayi dan Anak. Jurnal KMB, Maternitas, Anak dan Kritis. Desember Vol I No.2

Kalsum, Ummi. (2014). Peningkatan Berat Badan Bayi Melalui Pemijatan. Jurnal Keperawatan Indonesia Vol 17, No 1 Hal 25-29

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2010) Permenkes 1464/X/Menkes/2010. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2010). Pedoman pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi ini Tumbuh Kembang Anak di Tingkat Pelayanan Dasar. Jakarta : Kementerian Kesehatan.

Na`mah,L.U. Kusumastuti. (2019). Efektifitas Baby Massage dan Baby Gym terhadap Perkembangan Bayi 3-6 Bulan. Jurnal Ilmiah Kesehatan (JKK) Vol XII, No.I Hal.485-490

Permata, Ayu. (2017). Pengaruh Pijat Bayi terhadap Peningkatan Lama Tidur Malam pada Bayi 3-6 Bulan. Jurnal Kesehatan Al Irsyad (JKA) Vol X, No 2 Hal 37-45

Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press.

Pribadi, B.A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Dian Rakyat.

Suarsana IM dan GA Mahayukti. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Ketrampilan Berfikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 2 Nomor 2 : 264-275

Sri Husnulwati, Layang Sardana, Suryati. (2019). Pengembangan E-Modul Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Aplikasi Android. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, Vol. 3 No. 3, October 2019

Tien Aminatun, dkk. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa Sma. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016

Widowati, Trisnani. (2010) Pengembangan Model Pembelajaran Multimedia dalam Mata Kuliah Desain Busana.(Disertasi).




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i2.2426

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License