HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN OLEH IBU ANTENATAL CARE DI RUMAH SAKIT BERSALIN ASIH

Endang Budiati, William Arisandi, Wayan Rika Padma Wiranti

Sari


Background : The development of hospitals, there have been many choices for the public regarding health services, including the selection of places of delivery. The more and evenly distributed hospitals in Indonesia the number of hospitals compete with each other to get customers. The average number of mothers giving birth per month is only 50 pregnant women (27%) of the number of pregnant women who are expected to give birth.

Purpose : This study aims to find out the marketing mix relationship with the interest in using maternity services by antenatal care at the Asih Maternity Hospital in 2019

Methods : This type of research is quantitative and qualitative research (mix methods) with a sample of patients 3rd trimester pregnant women who obtained as many as 84 people. The sampling technique was purposive sampling. The research instruments used were questionnaires and interview guidelines. Data were analyzed by univariate, bivariate and multivariate with chi square test.

Results : The results of this study indicate that as many as 48 pregnant women (57.1%) did not request to give birth and 36 pregnant women (42.9%) decided to give birth at Asih Maternity Hospital. There is a significant relationship between the product marketing mix (p value = 0.002 OR = 4,000), price marketing mix (p value = 0,000 OR = 10,363), place marketing mix (p value = 0,032 OR = 2,619), promotional marketing mix (p value = 0,000 OR = 6,119), people's marketing mix (p value = 0,000 OR = 6,429) with interest in utilizing delivery services by antenatal care mothers at Asih Maternity Hospital and there is no relationship between the process marketing mix (p value = 0,051 OR = 2,476) with interest in utilizing delivery services by antenatal care mothers at Asih Maternity Hospital.

Conclusion : Suggestions for the Asih Maternity Hospital to reconsider managing the marketing mix.


Keywords : marketing mix, readability

Literature : 51 (1997-2018)

 

 

 

 

 

 

 

 

INTISARI : HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN OLEH IBU ANTENATAL CARE DI RUMAH SAKIT BERSALIN ASIH

 

Pendahuluan : Perkembangan rumah sakit, ada banyak pilihan bagi masyarakat mengenai layanan kesehatan, termasuk pemilihan tempat persalinan. Semakin banyak rumah sakit yang tersebar dan merata di Indonesia, jumlah rumah sakit saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Jumlah rata-rata ibu yang melahirkan per bulan hanya 50 wanita hamil (27%) dari jumlah wanita hamil yang diharapkan melahirkan.

 

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan minat menggunakan layanan bersalin oleh perawatan antenatal di Rumah Sakit Bersalin Asih pada tahun 2019

 

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif (metode campuran) dengan sampel pasien wanita hamil trimester 3 yang diperoleh sebanyak 84 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat dengan uji chi square.

 

Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 48 wanita hamil (57,1%) tidak meminta untuk melahirkan dan 36 wanita hamil (42,9%) memutuskan untuk melahirkan di Rumah Sakit Bersalin Asih. Ada hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran produk (nilai p = 0,002 OR = 4,000), bauran pemasaran harga (nilai p = 0,000 OR = 10,363), tempat bauran pemasaran (nilai p = 0,032 OR = 2,619), bauran pemasaran promosi ( nilai p = 0,000 OR = 6,119), bauran pemasaran masyarakat (nilai p = 0,000 OR = 6,429) dengan minat dalam memanfaatkan layanan persalinan oleh ibu perawatan antenatal di Rumah Sakit Bersalin Asih dan tidak ada hubungan antara bauran pemasaran proses (nilai p = 0,051 OR = 2,476) dengan minat dalam memanfaatkan layanan persalinan oleh ibu-ibu yang melakukan pelayanan antenatal di Rumah Sakit Bersalin Asih.

 

Kesimpulan : Saran untuk Rumah Sakit Bersalin Asih untuk mempertimbangkan kembali mengelola bauran pemasaran.

 

 

Kata Kunci :bauran pemasaran, pemanfaatan pelayanan persalinan,antenatal care

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017, Jakarta

Nur, Arifah Maharany.2017. Gambaran Bauran Pemasaran Di Instalasi Rawat Inap Rsud H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba Tahun 2017. Jurnal Unversitas Hasanudin diakses pada 18 Februari 2019 pukul 20.00 WIB

Tompodung,Virginia M.A dkk. 2017. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap Di Uptd Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Uatara. Jurnal fakultas kesehatan masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Wijaya, Wiwin, dkk. 2016. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Jurnal fakultas kesehatan masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Fuad, Dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama

Hakim, Facktur Rahman. 2015. Hubungan Bauran Pemasaran dan Faktor Fisisologis dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien dalam Pemanfaatan rawat jalan RSD Balung Kabupaten Jember. Jurnal Universitas Jember diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Maghrifah, Nanda.2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Rencana Pemanfaatan Pelayanan Persalinan Oleh Pasien Antenatal Care Di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Tahun 2017. Tesis. Diakses pada tanggal 29 Maret 2019 pukul 20.00 WIB

Supriyanto, S & Ernawaty.2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: C.V Andi

Reski, Kiki, dkk. 2016. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan Di RSU Bahteramas provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2. diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Setiawan, Abdi. 2013. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap Rsud Tenriawaru Bone. Jurnal Universitas Hasanuddin. diakses pada 02 Juli 2019 pukul 22.30 WIB

Tafdilla, Alfia Suci.2015. Pengaruh Persepsi Pasien tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan Memilih Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Majenang Tahun 2015. Jurnal Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i2.2476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Main Sambil Santai Jackpot Datang Pemain Ini Bongkar Trik Scatter Efektif

Modal Kecil Kemenangan Besar Scatter Ganda Membawa Puluhan Juta Dalam Sekejap

Modal Pas Pasān Tak Jadi Masalah Strategi Tepat Bikin Kemenangan Fantastis

Pengalaman Nyata Modal Mini Tembus Puluhan Juta Semua Berkat Timing Yang Tepat

Retrigger Bertubi Tubi Sensasi Menang Besar Tanpa Henti Di Mahjong Ways

Scatter Muncul Di Saat Tak Terduga Uang Mengalir Deras Dalam Hitungan Menit

Scatter Tak Henti Retrigger Jalan Halus Cerita Pemain Raih Kemenangan Fantastis

Turbo Off Aktif Jackpot Meluncur Cerita Nyata Pemain Yang Tidak Menyangka

Turbo Off Scatter Ganda Kombinasi Ampuh Raih Jackpot Di Tengah Malam

Member Asal Kalimantan Utara Salah Download Mustang Gold Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Nelayan Asal Bitung Baca Tutorial Extra Juicy Saat HP Nyala Sendiri Malah Jackpot Beruntun Rp 95 Juta

Orang Asal Manado Kepencet Anak Saat Main 5 Lions Megaways Malah Aplikasi Lag Justru Beruntung

Pemain Asal Kebumen Belajar Wild West Gold Dari YouTube Malah Bunyi Jackpot Gak Berhenti

Pemain Kupang Cek Notifikasi Big Bass Bonanza Malah Temukan RTP 100 Persen

Penjual Cilok Asal Singaraja Coba Coba Gems Bonanza Saat Coffee Break Malah Ketemu Bug Cahaya Profit 300 Juta

SPB Bandar Lampung Belajar Trik Mustang Gold Dari YouTube Sambil Jualan Malah Bonus Berkali Kali Rp 105 Juta

Tukang Jahit Jambi Modal 50 Ribu Main Prosperity Lion Malah Berubah Nasib 180 Derajat

Wanita Asal Sulawesi Tenggara Download Wild West Gold Megaways Malah HP Panas Saat Di Indomaret

Zara Tukang Jam Ngetes Pola Fortune Rabbit Malah HP Panas Saat Bongkar Algoritma

3 Player Palangkaraya Riset Google Double Fortune Malah Crack Sistem SPBU Profit 35 Juta

4 Player Banjar Lihat HP Satu Sama Lain Gates Of Olympus Malah Temukan Timing Scatter Bersamaan

4 Player Samarinda Baca Artikel Mahjong Panda Di Warung Kopi Malah Ketemu Bug Scatter Melimpah

5 Player Gresik Parkir Lama Main Prosperity Lion Malah Dapat Win Streak Profit 85 Juta

5 Player Semarang Lihat Iklan Lucky Neko Sore Hari Malah Dapat Maxwin Beruntun 500 Juta

10 Trik Mahjong Wins Yang Diklaim Pemain Malah Bikin Suara Coin Terus Berbunyi

Angel Digital Marketing Lihat Iklan Spirited Wonders Saat Ngantri Makan Malah Alarm Berbunyi Jadi Sultan Dadakan

Bryan Penjaga Toko Download Aplikasi Zeus Vs Hades Malah Game Freeze Tapi Bonus Terus Muncul

Khalid Petugas Farmasi Iseng Coba Double Fortune Saat Istirahat Malah Cahaya Muncul Bonus Terus

Mekanik Bengkel Liat TikTok Spirited Wonders Malah Nemu 7 Trik Hit Rate Extreme

Owner: syndicate

togel online

mega4d

mega4d

slot777

toto 4d

bandar togel

slot777

toto macau

slot777

rtp slot

toto 4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

toto 4d

slot777

nana4d

slot777

toto 4d

scatter hitam

nana4d

toto 4d

slot resmi

situs toto

toto 4d

slot777

slot gacor

slot777

scatter hitam

nana4d

nana4d

toto 4d

slot777

slot777

toto 4d

slotnota123 com

slotnota707 com

slot777

Toto Slot

Slot Gacor

Toto 4D

Situs Gacor

Toto 4D

Situs Toto

Slot Gacor

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot Gacor

Slot777

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot88

Slot Bonus

Slot88

slot777

slot 200

slot88

link gacor

Slot Thailand

Slot Gacor

SLOT88

Slot Thailand

Situs Gacor

Link Gacor

SLOT88

Situs Gacor

Link Gacor

slot88

Slot88

slot88

Slot88

Slot88

Link Gacor

Situs Gacor

Slot88

Slot Thailand

.

Slot Gacor

slot777

slot777

slot777

slot gacor

slot777

slot777

Slot777

slot jepang

Slot777

Slot777

Slot Jepang

Slot777

Slot88

slot88

slot88

slot88

slot88

slot88

slot88

slot777

matauangslot

matauangslot

matauangslot

matauangslot

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot jepang

scatter hitam

slot777

https://periodicosulbrabra.org/

https://jsju.net/index.php/

https://biosuss.com/

Situs Gacor

slot resmi

https://tibafs.com/

https://jihms.com/

https://esp.co.id/

https://esp.co.id/web/

https://esp.co.id/wp/

https://esp.co.id/history/

slot88matauangslot.app -asli

slot88matauangslot.com -asli

slot88matauangslot.net -asli

slot88matauangslot.dev -asli

slot88matauangslot.online -asli

slot88matauangslot.live -asli

slot88matauangslot.org -asli

slot88matauangslot.pro -asli

slot88matauangslot.store -asli

slot88matauangslot.site -asli

slot88aslijp.online -asli

slot88asliresmi.online -asli

slot88linkdaftar.online -asli

slot88akunbaru.online -asli

slot88bonus100.online -asli

dewislot88asli.online -asli

dewaslot88asli.online -asli

megaslot88asli.online -asli

slot88aslijp.com -asli

slot88asliresmi.com -asli

slot88linkdaftar.com -asli

slot88akunbaru.com -asli

slot88bonus100.com -asli

dewislot88asli.com -asli

megaslot88asli.com -asli

slot777matauangslot.app -asli

slot777matauangslot.com -asli

slot777matauangslot.net -asli

slot777matauangslot.dev -asli

slot777matauangslot.online -asli

slot777matauangslot.org -asli

slot777matauangslot.pro -asli

slot777matauangslot.store -asli

slot777matauangslot.site -asli

https://wiralearning.uniwara.ac.id/

https://wiraadmisi.uniwara.ac.id/

https://pps.uniwara.ac.id/

http://pmb.uniwara.ac.id/

https://apkpurut.uniwara.ac.id

https://ebaak.uniwara.ac.id/

Slot Gacor

https://elibs.uniwara.ac.id/

https://uniwara.ac.id/

Toto Slot

Slot Gacor

Situs Gacor

Toto 4D

Situs Toto

Slot Gacor

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot Gacor

Slot777

Slot88

Toto 4D

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot777

SLOT777

Slot777

Slot777

Slot777

Slot777

Toto 4D

Slot777