HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN OLEH IBU ANTENATAL CARE DI RUMAH SAKIT BERSALIN ASIH

Endang Budiati, William Arisandi, Wayan Rika Padma Wiranti

Sari


Background : The development of hospitals, there have been many choices for the public regarding health services, including the selection of places of delivery. The more and evenly distributed hospitals in Indonesia the number of hospitals compete with each other to get customers. The average number of mothers giving birth per month is only 50 pregnant women (27%) of the number of pregnant women who are expected to give birth.

Purpose : This study aims to find out the marketing mix relationship with the interest in using maternity services by antenatal care at the Asih Maternity Hospital in 2019

Methods : This type of research is quantitative and qualitative research (mix methods) with a sample of patients 3rd trimester pregnant women who obtained as many as 84 people. The sampling technique was purposive sampling. The research instruments used were questionnaires and interview guidelines. Data were analyzed by univariate, bivariate and multivariate with chi square test.

Results : The results of this study indicate that as many as 48 pregnant women (57.1%) did not request to give birth and 36 pregnant women (42.9%) decided to give birth at Asih Maternity Hospital. There is a significant relationship between the product marketing mix (p value = 0.002 OR = 4,000), price marketing mix (p value = 0,000 OR = 10,363), place marketing mix (p value = 0,032 OR = 2,619), promotional marketing mix (p value = 0,000 OR = 6,119), people's marketing mix (p value = 0,000 OR = 6,429) with interest in utilizing delivery services by antenatal care mothers at Asih Maternity Hospital and there is no relationship between the process marketing mix (p value = 0,051 OR = 2,476) with interest in utilizing delivery services by antenatal care mothers at Asih Maternity Hospital.

Conclusion : Suggestions for the Asih Maternity Hospital to reconsider managing the marketing mix.


Keywords : marketing mix, readability

Literature : 51 (1997-2018)

 

 

 

 

 

 

 

 

INTISARI : HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN OLEH IBU ANTENATAL CARE DI RUMAH SAKIT BERSALIN ASIH

 

Pendahuluan : Perkembangan rumah sakit, ada banyak pilihan bagi masyarakat mengenai layanan kesehatan, termasuk pemilihan tempat persalinan. Semakin banyak rumah sakit yang tersebar dan merata di Indonesia, jumlah rumah sakit saling bersaing untuk mendapatkan pelanggan. Jumlah rata-rata ibu yang melahirkan per bulan hanya 50 wanita hamil (27%) dari jumlah wanita hamil yang diharapkan melahirkan.

 

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan minat menggunakan layanan bersalin oleh perawatan antenatal di Rumah Sakit Bersalin Asih pada tahun 2019

 

Metode : Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif (metode campuran) dengan sampel pasien wanita hamil trimester 3 yang diperoleh sebanyak 84 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan pedoman wawancara. Data dianalisis secara univariat, bivariat dan multivariat dengan uji chi square.

 

Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 48 wanita hamil (57,1%) tidak meminta untuk melahirkan dan 36 wanita hamil (42,9%) memutuskan untuk melahirkan di Rumah Sakit Bersalin Asih. Ada hubungan yang signifikan antara bauran pemasaran produk (nilai p = 0,002 OR = 4,000), bauran pemasaran harga (nilai p = 0,000 OR = 10,363), tempat bauran pemasaran (nilai p = 0,032 OR = 2,619), bauran pemasaran promosi ( nilai p = 0,000 OR = 6,119), bauran pemasaran masyarakat (nilai p = 0,000 OR = 6,429) dengan minat dalam memanfaatkan layanan persalinan oleh ibu perawatan antenatal di Rumah Sakit Bersalin Asih dan tidak ada hubungan antara bauran pemasaran proses (nilai p = 0,051 OR = 2,476) dengan minat dalam memanfaatkan layanan persalinan oleh ibu-ibu yang melakukan pelayanan antenatal di Rumah Sakit Bersalin Asih.

 

Kesimpulan : Saran untuk Rumah Sakit Bersalin Asih untuk mempertimbangkan kembali mengelola bauran pemasaran.

 

 

Kata Kunci :bauran pemasaran, pemanfaatan pelayanan persalinan,antenatal care

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017, Jakarta

Nur, Arifah Maharany.2017. Gambaran Bauran Pemasaran Di Instalasi Rawat Inap Rsud H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba Tahun 2017. Jurnal Unversitas Hasanudin diakses pada 18 Februari 2019 pukul 20.00 WIB

Tompodung,Virginia M.A dkk. 2017. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap Di Uptd Rumah Sakit Mata Provinsi Sulawesi Uatara. Jurnal fakultas kesehatan masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Wijaya, Wiwin, dkk. 2016. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Bhayangkara Manado. Jurnal fakultas kesehatan masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Fuad, Dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama

Hakim, Facktur Rahman. 2015. Hubungan Bauran Pemasaran dan Faktor Fisisologis dengan Proses Pengambilan Keputusan Pasien dalam Pemanfaatan rawat jalan RSD Balung Kabupaten Jember. Jurnal Universitas Jember diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Maghrifah, Nanda.2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Rencana Pemanfaatan Pelayanan Persalinan Oleh Pasien Antenatal Care Di Rumah Sakit Muhammadiyah Taman Puring Tahun 2017. Tesis. Diakses pada tanggal 29 Maret 2019 pukul 20.00 WIB

Supriyanto, S & Ernawaty.2010. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: C.V Andi

Reski, Kiki, dkk. 2016. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Dengan keputusan Pasien Rawat Inap Memilih Layanan Kesehatan Di RSU Bahteramas provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Vol. 2. diakses pada 12 Januari 2019 pukul 20.00 WIB

Setiawan, Abdi. 2013. Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Minat Kembali Pasien Rawat Inap Rsud Tenriawaru Bone. Jurnal Universitas Hasanuddin. diakses pada 02 Juli 2019 pukul 22.30 WIB

Tafdilla, Alfia Suci.2015. Pengaruh Persepsi Pasien tentang Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pasien Rawat Jalan Memilih Layanan Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Majenang Tahun 2015. Jurnal Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i2.2476

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License