HUBUNGAN KEPUASAN PASIEN DENGAN MINAT KUNJUNGAN ULANG DI PUSKESMAS KOTABUMI UDIK KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Satria Nandar Baharza, Dian Utama Pratiwi Putri

Sari


ABSTRACT : CORELATION BETWEEN PATIENT SATISFACTION WITH INTERESTS OF RE-VISIT IN UDIK KOTABUMI PUSKESMAS DISTRICTNORTH LAMPUNG

 

Background :Measuring the satisfaction of health service users is one indicator to determine the quality of health services. Customer satisfaction and dissatisfaction with the product will influence subsequent behavior patterns such as interest in repurchasing products. Based on data from the North Lampung Health Office in 2018, the Kotabumi Udik Health Center is the least number of medical visits from 16 Puskesmas in North Lampung District. Purpose :To know correlation between patient satisfaction with interests of re visit in udik Kotabumi Puskesmas district north Lampung.Methods :This study used a Cross Sectional design which was carried out on June 26 - July 4 in 2019 at the Kota Bumi Udik Health Center in North Lampung Regency. The population in this study amounted to 1039 patients with a sample of 122 patients. Data analysis using univariate and bivariate. For bivariate use the chi-quere test. Results :The results showed that there was a corelation with the interest in revisiting the Kotabumi Udik Health Center with the results of a p value of 0,000 (α <0.05). Conclusion :From the results of the study it was suggested that Kotabumi Udik Public Health Center be able to improve the registration service system, for the pharmacist's service to explain in detail how to take medication and explain what drugs were given to patients and those who lack discipline must be given strict sanctions.Keywords      : Interest in Revisiting, Patient Satisfaction       INTISARI: HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN PASIEN DENGAN BUNGA KUNJUNGAN KEMBALI DI KABUPATEN UDIK KOTABUMI PUSKESMASLAMPUNG UTARA Latar Belakang: Mengukur kepuasan pengguna layanan kesehatan adalah salah satu indikator untuk menentukan kualitas layanan kesehatan. Kepuasan dan ketidakpuasan pelanggan dengan produk akan mempengaruhi pola perilaku selanjutnya seperti minat membeli kembali produk. Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Lampung Utara pada tahun 2018, Pusat Kesehatan Kotabumi Udik adalah yang paling sedikit melakukan kunjungan medis dari 16 Puskesmas di Kabupaten Lampung Utara.Tujuan: Untuk mengetahui hubungan antara kepuasan pasien dengan minat kunjungan ulang di Puskesmas Kotabumi Kabupaten Lampung Utara.Metode: Penelitian ini menggunakan desain Cross Sectional yang dilakukan pada tanggal 26 Juni - 4 Juli tahun 2019 di Pusat Kesehatan Kota Bumi Udik di Kabupaten Lampung Utara. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1039 pasien dengan sampel 122 pasien. Analisis data menggunakan univariat dan bivariat. Untuk bivariat gunakan uji chi-quere.Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan dengan minat mengunjungi kembali Puskesmas Kotabumi Udik dengan hasil nilai p 0,000 (α <0,05).Kesimpulan: Dari hasil penelitian disarankan bahwa Puskesmas Kotabumi Udik dapat meningkatkan sistem layanan pendaftaran, agar layanan apoteker menjelaskan secara rinci cara minum obat dan menjelaskan obat apa yang diberikan kepada pasien dan mereka yang kekurangan Disiplin harus diberikan sanksi tegas.Kata kunci: Minat Meninjau Kembali, Kepuasan Pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara. 2018. Data Kunjungan Pasien Berobat Di Kabupaten Lampung Utara pada tahun 2018. Kabupaten Lampung Utara. Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Utara.

Gaspersz. 2000. Total Quality Management. Jakarta. Gramedia Jakarta.

Gifri. 2014. Manajemen Umum Rumah Sakit, Manajemen Perumahsakitan. Jakarta : Irsjan.

Kemenkes RI. 2017. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Kemenkes RI. Jakarta

Muninjaya. 2018. Manajemen Pelayanan Mutu Kesehatan. Yogyakarta. EGC

Mabow. 2009. Minat Pembeli dalam Psikologi. Jakarta: EGC

Oktariana. 2017. Determinan Minat Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan. Padang. Jurnal

Pratiwi. 2007. Kepuasan Pasien Bayar Dengan Minat Kunjungan Ulang Di Puskesmas Wisma Jaya. Kota Bekasi. Jurnal

Puskesmas Kotabumi Udik. 2018. Data kunjungan Data Kunjungan Pasien Berobat Puskesmas Kotabumi Udik Tahun 2018. Kota Bumi. Puskesmas Kotabumi Udik

Puskesmas Kotabumi Udik. 2019. Data kunjungan Data Kunjungan Pasien Berobat Puskesmas Kotabumi Udik Tahun 2019 Januari sampai Maret. Kota Bumi. Puskesmas Kotabumi Udik

Prahata. 2017. Hubungan antara kepuasan pelanggan dan minat untuk memanfaatkan kembali pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan tempat perawatan di Kabupaten Cirebon. Jakarta. Skripsi Universitas Indonesia

Rondonuwo. 2014. Hubungan antara Kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan dengan minat untuk pemanfaatkan kembali pelayanan kesehatan di Puskesmas Ranotana Weru Kota Manado. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Rustiyanto. 2010. Statistik Rumah Sakit Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta: Graha Ilmu.

Masnunah. 2014. Hubungan Indeks Kepuasan Pasien tentang Mutu Pelayanan Dimensi Jaminan dengan Minat Berobat Kembali di Poli Interna RSD Kalisat Jember. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Jember

Sulisyanti dkk. 2011. Hubungan Kualitas Pelayanan Farmasi Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Dan Ketusan Beli Ulang Obat. Makasar. Jurnal




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i2.2478

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License