ANALISIS PERILAKU MEROKOK BAGI PEROKOK AKTIF PADA SISWA LAKI-LAKI SMK NEGERI SE-BANDAR LAMPUNG

Aila Karyus, Fifi Listiani, Achmad Djamil

Sari


ABSTRACT : ANALYSIS OF SMOKING BEHAVIOR FOR ACTIVE SMOKING IN MALE STUDENTS OF STATE VOCATIONAL SCHOOL SE-BANDAR LAMPUNG 2019

 

 

Background : The provincial smoking prevalence in Lampung in the population aged> 10 years reached 28.8%. While the prevalence of tobacco consumption (suction and chewing) in the population aged> 15 years is 62.9%. Smoking prevalence in 2018 in the population aged 10-18 years reaches 9.1%. Purpose : The study aims to describe the perceptions, knowledge, motivation and attitudes of smoking behavior for active smokers in male students of Bandar Lampung State Vocational High School in 2019.Methods : The design of this study was descriptive with a qualitative case study approach. The sample in this study use purposive sampling technique with the sampling criteria, namely by determining that the informant is someone who can provide the desired information. Informants in this study were 21 students, 3 student informants, 1 informant from UBM Health Office.Results : The analysis carried out  to do content analysis, namely by comparing the theories that exist in the literature review with the results of the study. Which means it can be concluded that students' perceptions if smoking can make them impressive. Students' knowledge is quite good about the types of cigarettes, the dangers posed by cigarettes, and substances contained in cigarettes. Informants relize to smoke because of themselves. Because smoking will give them more  friends and make them stylish. The motivation of informants to smoke is to look impressive,  look  stylish,  follow the times,  seen as good people and find friends  easier. Keywords : Students and Smoking Behavior.Literature : 25 (2010-2018)            

INTISARI : ANALISIS PERILAKU MEROKOK BAGI PEROKOK AKTIF PADA SISWA LAKI-LAKI SMK NEGERI SE-BANDAR LAMPUNG

  Pendahuluan : Prevalensi merokok provinsi di Lampung pada populasi berusia> 10 tahun mencapai 28,8%. Sedangkan prevalensi konsumsi tembakau (hisap dan mengunyah) pada populasi berusia> 15 tahun adalah 62,9%. Prevalensi merokok pada 2018 pada populasi usia 10-18 tahun mencapai 9,1%.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi, pengetahuan, motivasi dan sikap perilaku merokok untuk perokok aktif pada siswa pria di SMA Kejuruan Bandar Lampung tahun 2019.

Metode : Desain penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan studi kasus kualitatif. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria pengambilan sampel, yaitu dengan menentukan bahwa informan adalah seseorang yang dapat memberikan informasi yang diinginkan. Informan dalam penelitian ini adalah 21 siswa, 3 informan mahasiswa, 1 informan dari Dinas Kesehatan UBM.

Hasil : Analisis dilakukan untuk melakukan analisis isi, yaitu dengan membandingkan teori-teori yang ada dalam tinjauan pustaka dengan hasil penelitian. Yang berarti dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa jika merokok dapat membuat mereka mengesankan. Pengetahuan siswa cukup baik tentang jenis rokok, bahaya yang ditimbulkan oleh rokok, dan zat yang terkandung dalam rokok. Informan suka merokok karena diri mereka sendiri. Karena merokok akan memberi mereka lebih banyak teman dan membuat mereka lebih gaya. Motivasi informan untuk merokok adalah tampil mengesankan, tampil gaya, mengikuti zaman, dipandang sebagai orang baik dan lebih mudah menemukan teman.

 Kata Kunci : Siswa dan Perilaku MerokokReferensi : 25 (2010-2018)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amalia Masitha Nur.2017. Analisis Pengaruh Konsumsi Rokok Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja di Indonesia.(The ASEAN)2007. World Health Organization (WHO)2008.(Jurnal) Universitas Yogyakarta.

Asngad Muhammad.2016.Persepsi Mahasiswa Terhadap Peringatan Bahaya Merokok Pada Setiap Kemasan Rokok.(Jurnal) IAIN Purwokerto.

Azkiyati Ade Maya.2012.Hubungan Prilaku Merokok dengan Harga Diri Remaja Laki-Laki yang Merokok di SMK Putra Bangsa Tahun 2012. (Jurnal) Universitas Indonesia.

Baharuddin.2017.Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Perilaku Pada Anak Usia Remaja Madya (15-18 Tahun).(Jurnal) UIN Alauddin Makassar.

Emzir.2014.Metodologi Penelitian Kualitatif.Jakarta: Rajawali Pers.

Fikriyah Samrotul & Febrijanto Yoyok.2012.Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Laki-Laki di Asrama Putra.(Jurnal) STIKES RS.Baptis Kediri.

Handayani Eka.2011.Hubungan Persepsi Tentang Bahaya Merokok Dengan Sikap Terhadap Kebiasaan Merokok Pada Remaja di Kampung Gemblakan Bawah Yogyakarta.(Jurnal) STIKES Aisyiyah Yogyakarta.

Islami Fahmi.2014.Intensitas Perilaku Merokok Remaja Puteri Ditinjau Dari Konformitas.(Jurnal) SPRITS.

Kalemben Sartika.2016.Perilaku Merokok Pada Mahasiswi di Universitas Hasanuddin Kota Makassar Tahun 2016.(Jurnal) Universitas Hasanuddin Makassar.

Kesehatan Kementrian RI.2014.Petunjuk Teknis Upaya Berhenti Merokok pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan Primer.Jakarta:Kementrian Kesehatan RI

Martha Evi & Kresno Sudarti.2016.Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Bidang Kesehatan.Jakarta:Rajawali Pers.

Masyitah Siti.2017.Analisis Determinan Perilaku Merokok Pada Remaja di Asia Tenggara Menggunakan Pendekatan Meta-Analisis.(Jurnal) Universitas Andalas.

Notoatmodjo Soekidjo.2010.Ilmu Perilaku Kesehatan.Jakarta:Rineka Cipta.

Nubairi Ahmad Rifki.2012.Analisis Kualitatif Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Berhenti Merokok.(Jurnal)Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Proverawati Atikah & Rahmawati Eni.2016.Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.Yogyakarta:Nuha Medika.

Rahmadi Afdol, dkk.2012.Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Rokok dengan Kebiasaan Merokok Siswa SMP di Kota Padang.(Jurnal) Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

Riandi Gaga, dkk.2017.Hubungan Lingkungan Sosial Dengan Perilaku Merokok Pada Wanita di Kota Malang.(Jurnal) Universitas Tribhuwana Tungga Dewi Malang.

Ronald.2013.Pengaruh Perilaku Merokok Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi Intra Kampus UIN Maliki Malang.(jurnal) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sari Mareni Puspita.2014.Perilaku Merokok di Kalangan Anak Sekolah Dasar.(Jurnal) Universitas Bengkulu.

Setiana Alif Dedi & Tahlil Teuku.2016.Faktor Lingkungan dan Hubungannya dengan Perilaku Merokok Remaja di Aceh Besar.(Jurnal) Universitas Syiah Kuala Banda Aceh.

Sugiyono.2017.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta.

Sulistyawan Ade.2012.Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Merokok Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Kota Tanggerang Selatan Tahun 2012.(Jurnal) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tewal Fiona, dkk.2018.Analisis Perilaku Merokok Pada Siswa di SMA Negeri 1 Motoling Barat Kabupaten Minahasa Selatan.(Jurnal) Universitas Sam Ratulangi Manado.

Tulenan Meylytiachrysty, dkk.2015.Hubungan Perilaku Merokok Dengan Prestasi Belajar Pada Remaja Perokok di SMA Negeri 1 Remboken.(Jurnal) Universitas Sam Ratulangi Manado.

Wawan & Dewi.2010.Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia.Yogyakarta:Nuha Medika.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v2i2.2544

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License