Tingkat Refleksi Diri Dalam Pembelajaran Peserta Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

Wildan Khaerul Umam, Sri Maria Puji Lestari, Tusy Triwahyuni, Octa Reni Setiawati

Sari


ABSTRAK: TINGKAT REFLEKSI DIRI DALAM PEMBELAJARAN PESERTA UJI KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI TAHUN 2020

 

Latar Belakang :refleksi diri memiliki manfaat untuk meningkatkan pembelajaran dan pengembangan diri sehingga dapat menjadikan refleksi tersebut sebagai alat pembelajaran yang mungkin diimplementasikan pada berbagai level pendidikan.

Tujuan penelitian:  mengetahui  tingkat refleksi diri peserta UKMPPD Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.

Metode Penelitian :Jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 110 responden.Teknik analisis data menggunakan uji persentase.

Hasil penelitianDidapatkan 87 responden sebagian besar memiliki tingkat refleksi rendah yaitu sebanyak 71 responden (81,6%),tingkat refleksi sedang 15 responden (17.2%) dan tingkat refleksi tinggi 1 responden (1.1%).

Kesimpulan Diharapkan mahasiswa dapat mempertahankan dan meningkatkan refleksi diri dalam pembelajaran guna meningkatkan kemampuan dalam belajar untuk mencapai hasil belajar yang maksimal.

 

Kata Kunci    :Tingkat Refleksi Diri, Mahasiswa Kedokteran


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alseny, S. & Al Saif, A. (2012). Developing Skills In Managing Objective Structured Clinical Examina ons (OSCE), Life Science Journal, 9(3), 597-602.

Boud D, dkk. (1985). Reflection: turning experience into learning. London: Kogan Page.

Dahlan, Ahmad. (2014). Populasi dan Sampel Penelitian. http://www.eurekapendidikan.com diakses pada 11 Maret 2019.

Divisi Ujian Uji Kompetensi Dokter Indonesia. (2011). Petunjuk Pembuatan Soal. http://www.ukdi.org diakses pada 12 Desember 2018.

Glen, P. M. (2011). Assessing Resident Communications Skills: Disclosure of an Adverse Event to a Standardized Patient. J Obstet Gynaecol Can, 33(3), 262.

Hamdu, G., Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanegara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-6.

Hamalik, Oemar. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: SinarGrafika.

IDI. (2007). Uji Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta. Ikatan Dokter Indonesia. http://www.idionline.org diakses pada 10 November 2018.

Khan & Ramachandran. (2012). The Objective Structured Clinical Examination (OSCE): AMEE Guide No.81, Part 1: an historical and theoretical perspective.

Notoatmodjo, P. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Phan, H. P. (2008). Achievement Goals, The Classroom Environtment, and Reflective Thinking: A Conceptual Framework, dalam Electronic Journal of Research in Education Psychology, 6(3), 578.

PNUKMPPD. (2015). Panduan Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Sandars, J. (2009). The use of reflections in medical education: AMEE Guide No. 44. Med Teach, 31(18), 685-95.

Sastroasmoro, S., Sofyan, I. (2014). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Klinis, Edisi ke-5. Jakarta: CV. Sagung Seto. P.130-7, 352-17.

Schon, D. A. (1983). The Reflective Practitioner. How Professional Think in Action. London, Temple Smith.

Sherbino, J., dkk. (2008). Assessing Competence In Emergency Medicine Trainees: an Overview of Effective Methodologies.CJEM, 10(4), 365-71.

Shafira, N. N. (2015). Penerapan Refleksi Diri dan Self Evaluation Sebagai Keterampilan Dasar Dalam Meningkatkan Profesionalisme Pada Mahasiswa Kedokteran. JMJ, Volume 3, Nomor 1, 64.

Susani, Y. P. (2009). Refleksi dalam Pendidikan Klinik. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, Vol. 4, No. 1, 1.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v3i2.3659

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License