Hubungan Pola Asuh dan Pendidikan Ibu Dengan Status Gizi Anak Usia Toddler di Wilayah Gang Langgar Petogogan RW 03

Tri Soraya Dewi, Susanti Widiastuti, Diah Argarini

Sari


ABSTRACT

 

Good parenting and maternal education can affect the relationship between the nutritional status of toddler age children, the results of a preliminary study conducted on 18 December 2021 related to the occurrence of malnutrition in children, in the Gang Langgar Petogogan area Rw 03 data obtained from the posyandu Rw 03 that there are 3 children who have less nutrition and 2 children who have more nutrition. To find out whether there is a relationship between parenting and mother's education with the nutritional status of toddler-age children in the Gang Langgar Petogogan area, RW 03. Research Methods Quantitative research with an analytical observational design, with a cross-sectional approach, with a sample of 50 respondents from the gang langgar petogogan RW 03 area. The research instrument consists of a parenting style questionnaire, a questionnaire on maternal education, and data from the posyandu on the nutritional status of the child. has been tested for validation and reliability with Cronbach's alpha coefficient value above 0.444. The data were analyzed by descriptive statistics to find out the mother's parenting and education patterns on the nutritional status of toddler-age children. The results showed that there was a relationship between parenting patterns and the nutritional status of toddlers (p<0.000) and mother's education with nutritional status of toddlers (p>0.000). There is a relationship between parenting style and nutritional status in the Petogogan Gang Rw 03 area.

 

Keywords: parenting, mother's education, nutritional status of toddlers

 

ABSTRAK

 

Pola asuh dan pendidikan ibu yang baik bisa mempengaruhi hubungan anatara status gizi anak usia toddler, hasil Studi pendahuluan yang Dilakukan Pada tanggal 18 Desember 2021 berkaitan dengan terjadinya masalah gizi kurang pada anak, di wilayah  Gang Langgar Petogogan Rw 03 didaptakan data dari posyandu Rw 03  bahwa terdapat  anak yang mengalami gizi kurang sejumlah 3 anak dan anak yang memiliki gizi lebih sejumlah 2 orang.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pola asuh dan pendidikan ibu dengan status gizi anak usia toddler di Wilayah Gang Langgar Petogogan RW 03. Metode penelitian yang digunkan penelitian kuantitatif dengan desain observasinal analitik, dengan pendekatan cross sectional, dengan sampel sejumlah 50 responden yang berasal dari wilayah gang langgar petogogan RW 03. Instrumen penelitian terdiri dari  kuesioner pola asuh, kuesioner pendidikan ibu, dan data dari posyandu status gizi anak tersebut telah diuji validasi dan reliabilitas dengan nilai koefifien Cronbach’s alpha Diatas 0,444. Data dianalisis dengan descriptive statistic untuk mengetahui pola asuh dan pendidikan ibu  terhadap status gizi anak usia toddler. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya hubungan pola asuh dengan status gizi anak usia toddler (p<0,000) dan pendidikan ibu dengan status gizi anak usia toddler (p>0,000). Adanya hubungan pola asuh dengan status gizi diwilayah gang langgar petogogan Rw 03. dan Pendidkan ibu dengan status gizi diwilayah gang langgar petogogan Rw 03.

 

Kata kunci: pola asuh, pendidkan ibu, status gizi anak usia toddler


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Amalia, Husnul, Et Al. (2016). Hubungan Pola Asuh Gizi Dengan Status Gizi Batita Di Wilayah Kerja Puskesmas Lamper Tengah Kota Semarang. PhD Thesis. Universitas Negeri Semarang.

Ambari, R. P., Lita, L., Khamidun. (2018). Perubahan Perilaku Anak Prasekolah dalam Pemenuhan Asupan Gizi Seimbang melalui Penerapan PAUD Sadar Gizi di TK-IT Mutiara Hati Kota Semarang. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2.2.

Audyna, R. (2022). Hubungan Pola Asuh Otoriter Terhadap Penyesuaian Diri Remaja. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4.2: 41-44.

Cahyana, S. A., Puspowati, S. D. (2018). Hubungan Pola Asuh Gizi Dan Kesehatan dengan Status Gizi pada Baduta di Puskesmas Sangkrah Kota Surakarta. PhD Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Chashandra, D. E., Novadela, N. I. T. (2017). Hubungan pola asuh ibu dengan status gizi anak pra sekolah (> 3-5 tahun). Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 10.2: 171-176.

Damanik, M. R., Ekayanti, I., Hariyadi, D. (2010). Analisis pengaruh pendidikan ibu terhadap status gizi balita di Provinsi Kalimantan Barat. Jurnal Gizi dan Pangan, 5.2: 69-77.

Destiana, P. (2020).Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Tingkat Kemandirian Secara Fisik Pada Anak Usia (4-6 Tahun) Prasekolah Di Tk Margobhakti Kelurahan Sukosari Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Phd Thesis. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.

Fatmawati, E., Ismaya, E. A., Setiawan, D. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Anak Pada Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 2021, 7.1: 104-110.

Hastuti, E. P., Setiasari, R., Oktariani, L. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Gizi Seimbang untuk Anak 1-6 Tahun Melalui Penyuluhan pada Orang Tua. Syntax Idea, 3.3: 505-512.

Husna, L. N., Izzah, N. (2021) Gambaran Status Gizi Pada Balita: Literature Review. In: Prosiding Seminar Nasional Kesehatan. p. 385-392.

Husna, R. Dkk, et al. (2016). Hubungan Antara Pola Asuh Dan Pengetahuan Orang Tua Terhadap Status Gizi Anak. Jurnal Farmasi Komunitas, 3.1: 57-62.

Juliani, U. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kejadian Stunting pada Balita di Paud Al Fitrah Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai Tahun 2018.

Koesmadi, D. P., Et Al. (2021). Peningkatan Gizi Seimbang Melalui Kegiatan Kreasi Makanan. Jurnal Pelita PAUD, 2021, 5.2: 178-183.

Kusumawardani, L. H, et al. (2020). Edukasi Gizi Seimbang Melalui Metode Role Play Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Desa Rempoah, Baturraden. Jurnal of Community Health Development, 1.01: 9-15.

Laila, N. (2020). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Pola Asuh Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Martapura 2 Tahun 2020. Universitas Islam Kalimantan Mab.

Manumbalang, S. T., Rompas, S., Bataha, Y. B. (2017). Hubungan Pola Asuh Dengan Status Gizi Pada Anak Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pulutan Kabupaten Talaud. Jurnal Keperawatan, 5.2.

Masyudi, M., Mulyana., Rafsanjani, T. M. (2019). Dampak pola asuh dan usia penyapihan terhadap status gizi balita indeks BB/U. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 2019, 4.2: 111-116.

Merita, M., Chandra, F., Nurbintang, G. (2021). Upaya Peningkatkan Pengetahuan Tentang Pola Asuh Gizi Balita di Desa Pulau Melako. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12.1: 173-177.

Nurrahmi, S., Isfaizah. (2021). Pemberian Stimulasi Oleh Ibu Berhubungan dengan Perkembangan Anak Usia 1-3 Tahun di Wilayah Kerja Bidan Desa Kertaharja. Journal of Holistics and Health Science, 3.2: 246-255.

Pebrianti, M. D., Wiguna, P. A., Nurbaiti, L. (2022). Hubungan Kelengkapan Imunisasi Dasar dengan Status Gizi Bayi Usia 1-5 Tahun di Puskesmas Labuhan Sumbawa. Lombok Medical Journal, 1.1: 1-7.

Putri, L. H., Halimah, N., Siti. (2020). Gambaran Tingkat Kecemasan Remaja pada Pola Asuh Orang Tua yang Overprotective di SMA Negeri 1 Cigombong Kabupaten Bogor Tahun 2020. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

Risanti, D. E., Mardiyati, N. L., GZ, S. (2022) Literature Review: Hubungan Asupan Zink (Seng) Dengan Kejadian Stunting Pada Anak Usia Bawah Lima Tahun (Balita) Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rosmawaty., Rahmawati. (2018). Pengetahuan Orang Tua Tentang Pemberian Gizi Seimbang Anak Pra Sekolah. JIKI Jurnal Ilmiah Kesehatan IQRA, 6.1: 21-28.

Sa'diyah, H., Sari, D. L., Nikmah, A. N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Dengan Status Gizi Pada Balita. Jurnal Mahasiswa Kesehatan, 1.2: 151-158.

Safinatunnaja, B. Q., Muliani, S., Mardianti, N L. (2021). Hubungan Waktu Pemberian Makanan Tambahan Dengan Status Gizi Balita: The Relationship Between The Supplementary Feeding Time And The Nutritional Status Of Toddlers. Journal Of Midwifery Science and Women's Health, 2.1: 26-30.

Sambo, M., Ciuantasari, F., Maria, G. (2020). Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9.1: 423-429.

W, L. R. P. (2021). Pendidikan Kesehatan, Gizi dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Bagi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2021, 2.1: 40-48.

Windiyati. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu terhadap Status Gizi Balita di Posyandu Tunas Melati Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun 2019. Jurnal Kebidanan, 9.2: 326891.

Yogi. B. K. (2017). Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Status Gizi Balita Di Rw Vi Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun Tahun 2017. STIKES Bhakti Husada Mulia.

Zulaiha, Asmi, et al. (2021). Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Ibu Dalam Menyusun Menu Makanan Untuk Anak Usia Toddler Semasa Pandemi Di Desa Jatikuwung Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6037

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License