Gambaran Sikap Siswa terhadap Perilaku Bullying di SMPN 2 Tarogong Kidul Kabupaten Garut

Fita Rizkiyani, Iwan Shalahuddin, Indra Maulana, Theresia Eriyani

Sari


ABSTRACT

 

The problem of bullying delinquency in Indonesia is an event that can have a bad influence, especially on perpetrators and victims. Incidents of bullying occur because the formation of attitudes that have not been perfect so that bullying behavior often occurs. In Indonesia, the incidence of bullying is getting higher and most of them are in junior high school teenagers. In the Garut Regency area in 2018, there was an incident of bullying at SMP Negeri 2 Tarogong Kidul. This bullying incident causes the victim to have a bad impact. Therefore, to prevent bullying behavior, it is necessary to know the attitude of teenagers regarding bullying. The purpose of this study was to determine the description of students' attitudes toward bullying behavior. The research method used descriptive quantitative. The variable used was the attitudes of the students. The population in the study were 255 7th grade students who contained 7 classes, then the sample used was total sampling with a total of 255 respondents. The instrument in this study was questionnaire sheet consisting of 25 statements using Likert scale. The validity and reliability test had been tested by previous researchers, namely Wijaya & Khusnal (2019) with the result of the validity of 0.05 with 95% confidence level and the reliability of the Cronbach alpha coefficient of 0.908. The data analysis used was univariate. The data collection technique was using questionnaire because of the covid 19 outbreak, the researchers collected data using online questionnaire through G-FORM. The time and location of the research were at SMP Negeri 2 Tarogong Kidul and the research was carried out in July 2020. Results: The result of the study showed that in student's attitudes toward bullying behavior, 132 people (52.2%) had a positive attitude, and 121 people (47.8%) had a negative attitude. Based on these data, it can be concluded that students' attitudes toward bullying behavior can instill a good attitude not to do the bullying, but the attitudes of students must be monitored to avoid negative attitudes toward bullying behavior.

 

Keywords: Bullying, Attitude, Student

 

ABSTRAK

 

Masalah kenakalan bullying di Indonesia merupakan kejadian yang dapat memberikan pengaruh yang tidak baik terutama kepada pelaku dan korban. Kejadian bullying terjadi karena pembentukan sikap yang belum sempurna sehinnga perilaku bullying sering terjadi.  Di Indonesia kejadian bullying sudah semakin tinggi dan terbanyak yaitu pada remaja SMP. Pada daerah Kabupaten Garut tahun 2018 pernah terjadi kejadian bullying yaitu di SMP Negeri 2 Tarogong Kidul. Kejadian bullying ini menyebabkan sang korban memiliki dampak buruk. Oleh karena itu untuk mencegah perilaku bullying maka harus mengetahui sikap para remaja terkait bullying. untuk mengetahui gambaran dari sikap remaja SMP Negeri 2 Tarogong Kidul dalam kejadian bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis kuantitatif. Selanjutnya variabel dalam penelitian adalah sikap terhadap bullying di SMP Negeri 2 Tarogong Kidul. Populasi pada penelitian adalah 255 siswa kelas 7 yang terdapat 7 kelas, kemudian sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah 255 responden. Instrument pada penelitian ini adlaah lembar kuesioner yang terdiri dari 25 pernyataan dengan menggunakan Skala Likert. Uji validitas dan reabilitas sudah diujikan oleh peneliti sebelumnya yaitu Wijaya & Khusnal (2019) dengan hasil validitas 0,05 dengan taraf kepercayaan 95% dan reabilitas koefisien alpha cronbach 0,908. Analisis data yang digunakan menggunakan univariat. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner karena wabah covid 19 maka peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner online melalui G-FORM. Waktu dan lokasi penelitian berada di SMP Negeri 2 Tarogong Kidul dan dilaksanakan penelitian pada bulan Juli tahun 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam sikap siswa terhadap perilaku bullying, 132 orang (52,2%) memiliki sikap positif, dan 121 orang (47,8%) memiliki sikap negatif. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sikap siswa terhadap perilaku bullying dapat menanamkan sikap yang baik untuk tidak melakukan tindakan bullying, namun sikap siswa harus dipantau untuk menghindari sikap negatif terhadap perilaku bullying.

 

Kata kunci: Bullying, Remaja, Sikap

 


Kata Kunci


Bullying, Remaja, Sikap

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adiansah, Wandi, Eko Setiawan, Wina Nurdini Kodaruddin, and Hery Wibowo. (2019). “Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial 2(1):47.

Agustian, Murniati, Pricilla Anindyta, and Maria Grace. (2019). “Mengembangkan Karakter Menghargai Perbedaan Melalui Pendidikan Multikultural.” Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia 1(2):191–99.

AMARIA, R. F. (2021). “Penanganan Perubahan Perilaku Korban Pembullyan Di Smpn 2 Kedungbanteng.”

Andini, Prisanti Windi, Amirudin Amirudin, and Mulyo Hadi Purnomo. (2019). “Bullying Sebagai Arena Kontestasi Kekuasaan Di Kalangan Siswa SMA Jakarta.” Endogami: Jurnal Ilmiah Kajian Antropologi 2(2):119.

Apsari, Fitri. (2013). “Hubungan Antara Harga Diri Dan Disiplin Sekolah Dengan Perilaku Bullying Pada Remaja.” Penelitian Humaniora.

Arofa, Isnaini Zakiyyah, Hudaniah Hudaniah, and Uun Zulfiana. (2018). “Pengaruh Perilaku Bullying Terhadap Empati Ditinjau Dari Tipe Sekolah.” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan 6(1):74.

Azwar, Saifuddin. (2013). “Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya.” Sikap Manusia: Teori Dan Pengukurannya.

Febrianita, Yulia, and Sri Dewi Yanti. n.d. (2017), “Regulatory Emotion Relationship With Bullying.”:39–51.

Herdyanti, Fidela, and M. Margaretha. (2017). “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Menjadi Korban Bullying Pada Remaja Awal.” Jurnal Psikologi Undip.

Herlina. (2013). “Perkembangan Masa Remaja (Usia 11/12 – 18 Tahun).” Mengatasi Masalah Anak Dan Remaja.

Hidayati, Abna. (2017). “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Berbantuan Media Leaflet Terhadap Hasil Belajar Tik Siswa Kelas Viii Smp Negeri 16 Padang.” Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan 17(1):20.

Imanti, Vera, and Triyono. (2018). “Dampak Psikologis Wanita Karir Korban Cyber Bullying.” Jurnal An-Nida 10(2):199–132.

Kusuma, M. Azizun Qad Marra, and Titin Indah Pratiwi. (2020). “Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Bullying.” Jurnal BK UNESA 610–19.

Permatasari, Setiawati Dinda. (2019). “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Terhadap Bullying Pada Siswa Kelas VIII Di Smp Muhammadiyah 7 Yogyakarta.”

Ramadhan, Adrian. (2014). “Kategori Umur Menurut Depkes RI (2009).” Departemen Kesehatan RI 1.

Shalahuddin, I., and A. N. Faijurahman. (2018). “Hubungan Antara Siswa Dari Keluarga Broken Home Dengan Perilaku Menyimpang Di Sma Ciledug Al-Musaddadiyah Garut.” Holistik Jurnal Kesehatan 12(1):38–44.

Shalahuddin, Iwan, Indra Maulana, and Theresia Eriyani. (2019). “Relationship Students from a Broken Home Family with Deviant Behavior in Vocational High School YBKP3 Garut.” Asian Community Health Nursing Research 1(1):39.

Susilo, Fiska Nurzahra, and Dian Ratna Sawitri. (2015). “Pola Asuh Otoriter Orang Tua dan Sikap terhadap Bullying pada Siswa Kelas XI.” Empati.

Trevi, Trevi, and Winanti Siwi Respati. (2012). “Sikap Siswa Kelas X SMK Y Tangerang Terhadap Bullying.” Jurnal Psikologi.

Ubudiyah, Masunatul, Nursalam Nursalam, and Tintin Sukartini. (2021). “Middle School Students’ Perception on a Health Promoting School to Prevent Bullying: A Qualitative Study.” Jurnal Ners 16(1):6.

Wijaya, Bastian Ari, and Ery Khusnal. 2019. “Kecerdasan Emosional Dan Sikap Terhadap Bullying Pada Anak Usia Sekolah.” Journal of Health Studies.

Yamin, Ahmad, Iwan Shalahudin, Udin Rosidin, and Irman Somantri. (2019). “Description of Bullying Behavior in SMPN 2 Students , Tarogong Kidul Kabupaten Garut.” Asian Community Health Nursing Research.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i8.6701

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License