Hubungan Perencanaan Strategis dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Jambi

Shafira Ainun Hafilda, Rumita Ena Sari, Arnild Augina Mekarisce, Dwi Noerjoedianto, Adila Solida

Sari


ABSTRACT

 

Performance is a function of encouragement and expertise for a person in carrying out an obligation and work in order to have a certain degree of ability and ability. Based on the Profile of Departement of Municipality Jambi in 2022, it is known that of the 12 types of health services in of Departement of Municipality Jambi, there are 8 health services whose performance has decreased. The research was quantitative research with a cross sectional study design. The sample in this study were 82 employees, selected purposive sampling who worket at  of Departement of Municipality Jambi. Data collected was on January 25 2022 until March 16 2022. The dependent variables are age, gender, education, years of service, position, vision and mision, goals, measure of success, satisfaction with rewards, satisfaction with superios, satisfaction with coworkers. Data analized 2 stages such, Univariat, Bivariat used pearson correlation. The was correlation between age (p = 0.001), vision and mission (r = 0.334, p = 0.002), goals (r = 0.277, p = 0.012) measure of success (r = 0.507, p = 0.000), satisfaction with rewards (r= 0.332, p=0.003), satisfaction with superiors (r=0.365, p=0.001), and satisfaction with co-workers (r=0.311, p0.004) with employee performance. There was correlaton, vision and mission, goals, measures of success, satisfaction with rewards, satisfaction with superiors, and satisfaction with co-workers with employee performance. It is hoped that the Health Departement of Municipality Jambi has supported factors in achieved indicators of success, superiors must be firm in gived warnings to employees, paid attention to employees salarie.  

 

Keywords: Performance, Strategic Planning, Job Satisfaction, Employees

 

 

ABSTRAK

 

Kinerja adalah suatu fungsi dari dorongan dan keahlian bagi seseorang dalam melaksanakan suatu kewajiban dan pekerjaan agar memiliki derajat kesanggupan dan kemampuan tertentu. Berdasarkan Profil Dinas Kesehatan Kota Jambi Tahun 2020 diketahui bahwa dari 12 jenis pelayanan kesehatan yang ada di Dinkes Kota Jambi, terdapat 8 pelayanan kesehatan yang capaian kinerjanya mengalami penurunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Jumlah sampel adalah 82 pegawai yang bekerja di Dinas Kesehatan Kota Jambi, dengan teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling  Pengumpulan data pada 25 Januari 2022- 16 maret 2022. Variabel dependennya umur, jenis kelamin, pendidikan, masa kerja jabatan, vii misi, tujuan sasaran, ukuran keberhasilan, kepuasan terhadap imbalan,, kepuasan terhadap atasan, dan , kepuasan terhadap rekan kerja . Analisis data dilakukan dengan 2 tahap, analisis  Univariat, Analisis Bivariat yang terdiri dariUji Korelasi Pearson. Terdapat hubungan antara Visi misi (r=0,334, p=0,002), tujuan sasaran (r= 0,277, p=0,012)  ukuran keberhasilan (r=0,507, p= 0,000),  kepuasan terhadap imbalan (r= 0,332, p=0,003), kepuasan terhadap atasan (r=0,365, p=0,001), dan kepuasan terhadap rekan kerja (r=0,311, p-0,004) dengan kinerja pegawai. Ada hubungan visi misi, tujuan sasaran, ukuran keberhasilan, kepuasan terhadap imbalan, kepuasan terhadap atasan, dan kepuasan terhadap rekan kerja dengan kinerja pegawai. Diharapkan Dinas Kesehatan Kota Jambi memiliki faktor pendukung dalam mencapai ukuran keberhasilan, atasan tegas dalam memberikan peringan kepada pegawai, serta memperhatikan gaji pegawai.   

 

Kata Kunci: Kinerja, Perencanaan Strategis, Kepuasan Kerja, Pegawai


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Achua, Christopher F. Lussier, R. N. (2017). Effective Leadership. Effective Leadership.

Astuti, D. (2017). Analisis Kinerja Rumah Sakit Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Studi Kasus Pada Rumah Sakit Umum Daerah Salewangang Kabupaten Maros. Occupational Medicine, 53(4), 130.

Calista, A., & Rakhmalina, I. (2020). Tugas Pokok Sebagai Fungsi Organisasi Terhadap Peningkatan Kinerja Pegawai Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Musi Banyuasin. Integritas Jurnal Manajemen Profesional (Ijmpro), 1(2), 211–226. Https://Doi.Org/10.35908/Ijmpro.V1i2.25

Dinas Kesehatan Kota Jambi. (2021). Profil Kesehatan Kota Jambi Tahun 2020.

Gusriani. (2018). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar. Kesehatan Masyarakat, 151(2), 143.

Jonyo, B. O., Ouma, C., & Mosoti, Z. (2018). The Effect Of Mission And Vision On Organizational Performancе Within Private Universities In Kenya. European Journal Of Educational Sciences, 05(02), 15–33. Https://Doi.Org/10.19044/Ejes.V5no2a2

Kemenkes Ri. (2019). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. In Short Textbook Of Preventive And Social Medicine. Https://Doi.Org/10.5005/Jp/Books/11257_5

Kementerian Kesehatan Ri. (2019). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 67 Tahun

Tentang Pengelolaan Tenaga Kesehatan. Pasal 1, 2.

Lubis, M. S. (2018). : Perencanaan Strategik Pendidikan. Jurnal Manajemen Strategik, 45–59.

Paparang, N. C. P., Areros, W. A., & Tatimu, V. (2021). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Pt. Post Indonesia Di Manado. Productivity, 2(2), 119-. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Productivity/Article/View/33793

Pemerintah Daerah Provinsi Jambi. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jambi Tahun 2019. 49-51p.

Permatasari, A. (2017). Analisa Konsep Perencanaan Strategis. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, 9(2), 13–17. Http://Jurnal.Unnur.Ac.Id/Index.Php/Jimia/Article/View/27

Rahmawati, T. H. (2016). The Effect On The Job Satisfaction Organization, Performance Of Employees Commitment, And Service Performance. Kinerja : Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 13(1), 2016. Http://Journal.Febunmul.Net

Rakatenda, G. N., & Sedana, I. B. P. (2021). The Effect Of Credit Risk On Profitability With Capital Adequacy As A Mediation Variables. Russian Journal Of Agricultural And Socio-Economic Sciences, 111(3), 72–82. Https://Doi.Org/10.18551/Rjoas.2021-03.09

Rakhmayanti, R. (2021). Pemahaman Visi, Misi Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Organisasi. 450–455. Http://Dx.Doi.Org/10.29313/.V7i1.27257

Rizky Saputri. (2019). Analisis Hubungan Kenaikan Gaji Berkala Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 07(1), 53–60.

Rohana, S. (2017). Studi Komparatif Kinerja Karyawan Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Badan Sar Medan.

Sriekaningsih, A., Darto, M., & Subekti, A. (2018). The Determinant Factors Affecting The Employee Performance Improvement Of Educational Institution, State Institution And State-Owned Enterprise. International Journal Of Multi Discipline Science (Ij-Mds), 1(2), 116. Https://Doi.Org/10.26737/Ij-Mds.V1i1.428

Sumiarsih, M., & Nurlinawati, I. (2020). Permasalahan Dalam Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan Di Kabupaten/Kota. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(3), 182–192. Https://Doi.Org/10.22435/Jpppk.V3i3.2657

Sunarta, S. (2019). Pentingnya Kepuasan Kerja. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 16(2), 63–75. Https://Doi.Org/10.21831/Efisiensi.V16i2.27421

Syarifudin, M., & Yanto, A. (2018). Hubungan Supervisi Kepala Ruang Dengan Kinerja Asuhan Keperawatan Di Rs Roemani Muhammadiyah Semarang. 1, 129–134.

Wayan Ray, R. I. (2019). Perencanaan Manajemen Strategis Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Kasus Pada Krl Commuter Line Bogor-Jakarta). Business Management Journal, 14(2), 137–153. Https://Doi.Org/10.30813/Bmj.V14i2.1474




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i10.6975

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License